Joshua Irwandi, Fotografer Jenazah COVID19 Terbungkus Plastik Ini Pesannya Bikin Terenyuh

Joshua Irwandi, Fotografer Jenazah COVID19 Terbungkus Plastik Ini Pesannya Bikin Terenyuh

Foto

Joshua Irwandi (Foto: Instagram)


Sempat viral di media sosial, sebuah foto jenazah Covid-19 yang terbungkus plastik rapat di sebuah kamar rumah sakit.

Foto viral ini diketahui diambil oleh fotografer profesional asal Indonesia bernama Joshua Irwandi, untuk majalah Natioanal Geographic edisi Agustus 2020.

Lewat foto jenazah Covid-19 terbungkus plastik tersebut, Joshua memberikan sedikit pesan singkat yang sangat terenyuh untuk kita agar bisa menjadi pengingat dampak nyata dari Covid-19.

Memotret para korban coronavirus di Indonesia adalah tugas fotografi yang paling memilukan, paling menakutkan yang pernah saya lakukan. Dalam pikiran saya pada saat itu saya hanya berpikir apa yang terjadi pada orang ini mungkin terjadi pada orang yang saya cintai, orang yang kita semua cintai," tulis Joshua dalam caption, Kamis, 16 Juli 2020.

"Joshua juga mengatakan, kalau selama ini ia memperhatikan secara langsung bagaimana perjuangan para tenaga medis," tambahnya.

Saya telah menyaksikan secara langsung bagaimana para dokter dan perawat terus mempertaruhkan hidup mereka untuk menyelamatkan kita.

Bahkan ia juga mengajak kita untuk menghargai jasa para tenaga medis dengan cara mengikuti anjuran pemerintah terkait protokol kesehatan Covid-19.

"Mereka adalah pahlawan sejati dari kisah ini, dan satu-satunya cara untuk menghargai pekerjaan mereka adalah mengikuti apa yang mereka sarankan kepada kita. Kami merasa sangat penting bahwa gambar ini harus dibuat. Untuk memahami dan terhubung ke dampak manusia dari virus yang merusak ini," katanya.

Lebih lanjut, Joshua menyebut kalau foto ini sengaja ditujukan, sebagai ucapan terima kasih untuk para tenaga medis atas jasa dan kinerjanya selama ini. Ia juga mengtakan, kalau pandemi virus Corona ini tidak bisa dianggap enteng.




Joshua IrwandiViral Foto Jenazah COVID19 Terbungkus Plastik

Share to: