Keren! TNI AL dan TNI AU Bersinergi Jaga Perbatasan Indonesia-Malaysia

Keren! TNI AL dan TNI AU Bersinergi Jaga Perbatasan Indonesia-Malaysia

Keren! TNI AL dan TNI AU Bersinergi Jaga Perbatasan Indonesia-Malaysia

TNI (Foto: Instagram)


Danguspurla Koarmada II Laksma TNI Rahmat Eko Rahardjo telah memantau kerja sama taktis perbatasan RI-Malaysia dari KRI Diponegoro-365 di perairan Ambalat, pada Jumat, 10 Juli 2020.

Kegiatan ini melibatkan tiga Kapal Perang TNI AL BKO Guspurla Koarmada II dan Pesawat TNI AU unsur Koopsau II. Hal ini adalah tindak lanjut dari rapat koordinasi yang dilaksanakan di Mako Koopsau II saat KRI Diponegoro-365 sandar di Lantamal VI Makassar, Sulawesi Selatan.

“Tiga kapal perang TNI AL yang terlibat yaitu KRI Diponegoro -365, KRI Pulau Rengat-711, dan KRI Kakap-81. Sedangkan TNI AU meluncurkan pesawat udara Boeing 737 dari Skuadron 5 Lanud Hasanuddin,” ujar Rahmat Eko.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menjalin kerja sama yang baik secara taktis antara dua matra, dalam rangka Operasi Gabungan TNI demi menjaga kedaulatan NKRI di perbatasan RI-Malaysia, khususnya di perairan Blok Ambalat, ” lanjut Rahmat Eko.

Rahmat Eko juga menambahkan jika kersamtis ini adalah tindak lanjut dari perintah Pangkoarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto terkait sinergitas TNI AL selaku komponen utama pertahanan negara di laut, dengan pesawat udara TNI AU sebagai garda terdepan komponen pertahanan di udara demi menjaga kedaulatan NKRI di perbatasan RI-Malaysia, dirilis Dinas Penerangan Koarmada II.

Sumber: Jakarta Greater




TNITNI ALTNI AUIndonesiaMalaysia

Share to: