Viral Ramuan Obat Tumbuhan Hadi Pranoto Bisa Sembuhkan Pasien COVID19, Hoaks Enggak?

Viral Ramuan Obat Tumbuhan Hadi Pranoto Bisa Sembuhkan Pasien COVID19, Hoaks Enggak?

Viral Ramuan Obat Tumbuhan Hadi Pranoto Bisa Sembuhkan Pasien COVID19, Hoaks Enggak?

Foto: ANTARA


Setelah diwawancarai musisi Anji terkait obat herbal antibodi yang bisa menyembuhkan COVID-19 nama Hadi Pranoto mendadak viral di sosial media.

Hadi mengaku ramuan miliknya bisa menyembuhkan pasien corona dalam waktu singkat 2-3 hari. Pengakuannya itu dibagikan lewat akun YouTube milik Anji. 

 

Soal bahan-bahan yang digunakan untuk membuat obat herbal tersebut. Hadi mengatakan bahan-bahannya terdiri dari sejumlah tumbuh-tumbuhan. 

"Bahan-bahannya tumbuh-tumbuhan kemudian ada beberapa gula aren, senyawa sirsak, senyawa buah manggis buah apa namanya kelapa, dan ada beberapa," beber Hadi, Minggu 2 Agustus 2020.

Dalam Proses pembuatannya semua bahan tersebut digabungkan lalu diambil senyawanya kemudian dijadikan obat herbal.  

"Kalau prosesnya tidak mungkin saya jelaskan mendetail karena enggak mungkin dapur saya buka habis-habisan," sambungnya.  

Soal dimana Hadi membuat obat herbal tersebut, ia tidak merinci lokasi dimana pembuatannya. Hadi hanya menyebut di Indonesia saja.  

Menanggapi terkait klaim obat herbal itu, Jubir pemerintah soal penanganan corona Prof Wiku Adisasmito menegaskan, apabila belum ada bukti ilmiah soal obat herbal itu, maka masyarakat tak boleh mengonsumsinya.  

"Apabila ramuan herbal tersebut masih dalam tahap penelitian dan belum ada bukti ilmiah tentang keamanan dan efektivitasnya, maka tidak boleh dikonsumsi oleh masyarakat," ujar Wiku, 




berita viraberita terupdateberita terpopulerberita anjiobat herbalobat corona

Share to: