Bacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan ala Soekarno, Lengkap Kisah Sehari Sebelum Merdeka

Bacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan ala Soekarno, Lengkap Kisah Sehari Sebelum Merdeka

Bacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan ala Soekarno, Lengkap Kisah Sehari Sebelum Merdeka

Soekaro dan Teks Proklamasi (Foto: dok. Istimewa)


Sebentar lagi kita akan memasuki kemerdekaan Indonesia gaes. Kira-kira kamu tahu gak kisah dibalik sebelum Presiden Soekarno membacakan teks proklamasi kemerdekaan? Selain itu lengkap juga dengan teks proklamasinya. 

Proklamasi kemerdekaan Indonesia sendiri dibacakan pada tanggal 17 Agustus 1945. Hal ini dilakukan bertepatan dengan berita kekalahan Jepang dari pasukan Sekutu. 

BACA JUGA: Fakta Dibalik Proklamasi Kemerdekaan, Bung Karno Sakit sampai Perintah Pertama Presiden

Melihat kesempatan emas tersebut, golongan muda Indonesia langsung bergerak cepat untuk menculik Soekarno dan Mohammad Hatta ke Rengasdengklok untuk segera mengumumkan kemerdekaan Indonesia.

Para pemuda ini tidak mau menunggu terlalu lama, karena akan muncul permasalahan baru jika kemerdekaan ini ditunda terus menerus. Dengan membacakan Proklamasi kemerdekaan, maka posisi Indonesia akan lebih kuat di mata dunia.

Soekarno dan Hatta yang awalnya menolak, akhirnya menyetujui dan langsung menyiapkan segala sesuatu terkait Proklamasi. Mereka pun harus menyiapkan rumusan teks untuk menandai kemerdekaan Indonesia.

16 Agustus 1945, bertepatan dengan 8 Ramadan 1364 Hijriah atau dalam suasana bulan suci penuh berkah. Segera dari Rengasdengklok, Achmad Soebardjo membawa kedua pemimpin negara itu menuju rumah Laksamana Maeda. Di sinilah akan dirumuskan naskah Proklamasi kemerdekaan.

BACA JUGA: Download MP3 Lagu Cokelat - Bendera, Lengkap Lirik dan Video Klip, Sambut Hari Kemerdekaan

Rumah Laksamana Maeda dipilih karena rumah tersebut punya hak imunitas terhadap Angkatan Darat Jepang, sehingga kedua pemimpin itu tetap aman.

Di ruang makan Laksamana Maeda dirumuskan naskah Proklamasi kemerdekaan yang merupakan pemikiran tiga tokoh, yaitu Soekarno, M Hatta, dan Achmad Soebardjo. Hal ini disaksikan juga oleh golongan muda yang diwakili oleh Sukarni, Sudiro, dan BM Diah. Sementara, dari pihak Jepang ada S Miyoshi dan S Nishijima.

Nah tahukah kamu isi teks proklamasi kemerdekaan Indonesia ? Berikut ini teks proklamasi kemerdekaan Indonesia yang dibacakan Soekarno pada 17 Agustus 1945:

Kami bangsa Indonesia, dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.

Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen '05

Atas nama bangsa Indonesia.

Soekarno/Hatta.

BACA JUGA: Foto & Sosok Azkaa, Remaja Viral Status Tak Senonoh Buat Bingung Netizen soal Gender-nya




Peristiwa sebelum proklamasiteks proklamasi 17 agustussebelum proklamasi indonesia

Share to: