Jadikan SDM Sumber Peningkat Ekonomi, Erick Thohir Minta CSR BUMN Fokus Pada 3 Bidang Ini

Jadikan SDM Sumber Peningkat Ekonomi, Erick Thohir Minta CSR BUMN Fokus Pada 3 Bidang Ini

Foto

Kolase Foto dan Jadikan SDM Sumber Peningkat Ekonomi, Erick Thohir Minta CSR BUMN Fokus Pada 3 Bidang Ini (Foto: Instagram


Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir  meminta program corporate social responsibility (CSR) BUMN fokus pada 3 bidang, yakni pendidikan, UMKM, dan lingkungan hidup. 

"Saya mengapresiasi pembagian klaster yang telah dilakukan untuk masing-masing program tersebut supaya masing-masing BUMN bisa lebih fokus," ungkap Erick Thohir melalui keterangan tertulisnya pada Sabtu, 29 Januari 2022. 

Erick Thohir  mengatakan bahwa program CSR atau Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) BUMN dalam bidang pendidikan meliputi pemerataan pendidikan berkualitas agar anak-anak Indonesia mendapat kemudahan dan akses ilmu pengetahuan serta teknologi. 

Bukan hanya itu, dalam CSR juga ditekankan bisa berfokus untuk pemberdayaan UMKM dan Ultramikro untuk naik kelas. Sementara itu CSR di bidang lingkungan hidup bisa berfokus pada pelestarian alam dan penghijauan. 

Dalam kesempatan tersebut, Erick Thohir  menegaskan bahwa program CSR BUMN harus mempertimbangkan tujuan pembangunan berkelanjutan dalam pemberdayaan masyarakat. 

BACA JUGA: Kukuhkan DWP Jawa Timur, Barikade 98 Kuatkan Sinergi Dukung Erick Thohir Sebagai Capres 2024

Erick Thohir pun memberikan contoh salah satu perusahaan BUMN yang memberikan pembangunan berkelanjutan yakni PLN. Menurut Erick, PLN dalam pengembangan PLTU menghasilkan limbah sisa pembakaran batu bara yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk membuat batako dan membangun rumah.

Resmikan Forum TJLS di Lampung

Erick Thohir meresmikan forum TJSL di lampung pada Sabtu, 29 Januari 2022. Dalam kesempatan tersebut Erick Thohir meminta para pengurus bisa membawa TJSL BUMN menjadi primadona perusahaan negara untuk mewujudkan Indonesia maju, berdaulat, adil, dan makmur.

Erick Thohir juga berharap TJSL BUMN ini bisa berpegang teguh pada prinsip pemerataan dan menuju keseimbangan ekonmi di masyarakat. TJSL BUMN ini menurut Erick adalah implementasi konkret dari core values Akhlak. 

"Saya ingin TJSL BUMN tidak berjalan sendiri-sendiri maupun saling bersaing. kegiatan TJSL BUMN harus disatukan (dikelola) dengan baik demi menciptakan harmoni rasa dan bisa memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat," ujar Erick.

BACA JUGA: Menuju 2024, GenZet Deklarasikan Dukungan Kepada Erick Thohir Melalui Diskusi Forum Kreatif

Dengan adanya TJSL BUMN ini, Erick berharap BUMN bisa menjadi bagian dalam pengatan Indonesia yang berdaulat. 

"Ingat, BUMN bukan lagi pesaing para kreator atau inovator lokal. Namun menjadi bagian bersama, dalam penguatan Indonesia yang merdeka berdaulat. Saya berharap, inovasi dan terobosan TJSL BUMN bisa ambil peran penting bagi Indonesia menghadapi tiga tantangan yakni pasar global, disrupsi digital, dan ketahanan kesehatan," tutur Erick.




Erick ThohirMenteri BUMNMenteri BUMN Erick ThohirCSR BUMNTJSL BUMNFokus CSR BUMNBidang Fokus CSR BUMNProgram TJSL BUMNProgram CSR BUMN

Share to: