Ini 3 Cerita Kisah Peristiwa yang Terjadi di Bulan Muharram, Sejarah Penting Islam di Duni

Ini 3 Cerita Kisah Peristiwa yang Terjadi di Bulan Muharram, Sejarah Penting Islam di Duni

Ini 3 Cerita Kisah Peristiwa yang Terjadi di Bulan Muharram, Sejarah Penting Islam di Duni

Foto: Pexels


Pergantian tahun baru islam 1 Muharram 1442 jatuh tepat pada Pada 20 Agustus 2020. Tahukah kamu ada 3 cerita peristiwa yang terjadi di bulan Muharram ini? Peristiwa ini merupakan sejarah penting peradaban islam di dunia lhoh.

BACA JUGA:  Kapan Puasa 1 Muharram 1442 Hijriah Tahun 2020? Ini Jadwalnya Lengkapnya

 

Pertama, Allah menyelamatkan Nabi Nuh dari banjir bandang dan keluar dari kapalnya di atas gunung Judi setelah bumi ditenggelamkan selama 5 bulan. 

Para pakar sejarah meyakini bahwa banjir bandang tersebut melanda seluruh negeri yang ada di permukaan bumi. Dengan adanya banjir itu, semua orang kafir tenggelam sehingga Allah tak menyisakan satu orang kafir pun di muka bumi.

Peristiwa kedua, Allah selamatkan Nabi Musa dan Bani Israil dari tentara Fir’aun. Allah juga menenggelamkan Fir’aun bersama tentara-tentaranya di laut merah. 

Menurut keterangan dari Ibnu Katsir yang mengutip pendapat beberapa mufassir menjelaskan bahwa Fir’aun berada di tengah-tengah pasukan berkudanya yang berjumlah 100.000 kuda jantan berwarna hitam. Adapun jumlah keseluruhan pasukan yang menyertainya 1.600.000 orang. Sementara jumlah Bani Israil yang dikejar tentara Fir’aun berjumlah 600.000 orang.

BACA JUGA: 10 Kisah & Peristiwa Penting di Tanggal 10 Muharram, Diciptakannya Nabi Adam hingga Diangkatnya Nabi Isa

Peristiwa lainnya adalah tentang Husain, cucu Nabi saw. Husain terbunuh di Karbala oleh para penghianat Kuffah, pasukan Yazid bin Mu’awiyah. Para pembunuh tersebut di antaranya bernama Syamir bin Dzi al-Jausyan, Husain bin Numair, Zur’ah bin Syarik al-Tamimi, Khauli bin Sa’ad al-Asbahi, Sinan bin Anas, dan Mahfaz bin Tsa’labah.

Peristiwa terbunuhnya Husain di Karbala terjadi pada Jum’at, 10 Muharram 61 H (10 Oktober 680 M) dalam usia 58 tahun.




Cerita Kisah Peristiwa yang Terjadi di Bulan MuharramKisah di Bulan MuharramCerita sejarah di Bulan MuharramBulan Muharram menyimpan ceritaKisah di balik bulan Muharram

Share to: