Fakta-fakta Air Fryer, Alat Penggoreng Gak Pakai Minyak, Sudah Tahu?

Fakta-fakta Air Fryer, Alat Penggoreng Gak Pakai Minyak, Sudah Tahu?

Foto

Air Fryer (Foto: Pexels)


Alat masak Air Fryer kini tengah jadi tren. Alat masak satu ini memungkinkan kamu bisa menggoreng gak pakai minyak. Nah hasilnya, makanan kamu bakal terasa crispy seperti digoreng dengan cara deep fried. 

Siapa sih yang gak suka chicken crispy, atau tahu goreng crispy? Padahal makanan dengan tektur yang crispy sering digolongkan sebagai makanan berkalori tinggi. Hal itu disebabkan karena lemak yang terkandung dalam makanan itu cukup banyak. Kedua hal ini disebabkan dari cara memasaknya yang menggunakan minyak sangat banyak dan dengan teknik deep fried. 

BACA JUGA: Fakta Lengkap Viralnya Logo Raffi Ahmad di Pesawat Garuda, Apa Benar Beli Pesawat?

Salah satu solusi yang tepat adalah dengan menggunakan air fryer sebagai alat penggorenganmu. Selain bisa menghasilkan masakan yang lebih sehat, air fryer juga bisa mempermudah proses memasak kita lho gaes.

Sudah tahu belum fakta-fakta lain soal Air Fryer? Kira-kira kenapa ya kok bisa menggoreng gak pakai minyak? Nah simak ulasan berikut ini gaes.

Cara kerja air fryer

Mesin air fryer memanfaatkan sistem sirkulasi udara panas yang bisa mencapai 200 derajat celcius. Udara panas ini didapat dari kipas yang terdapat dalam alat, nantinya udara panas ini akan mengelilingi makanan yang ada dalam mesin air fryer. 

Suhu yang panas bisa membuat kandungan air dalam makanan menguap sekaligus menghasilkan pada gorengan atau masakanmu gaes.

BACA JUGA: Hari Jisun Kasih Makanan Kos-kosan ke Orang Korea, Gimana Reaksinya?

Cara menggunakan air fryer

Cara penggunakan air fryer ini gampang banget gaes. Misalnya kamu ingin memasak kentang goreng, sementara kamu menyiapkan kentangnya, panaskan juga air fryer agar suhunya lebih maksimal. 

Nah sesudah itu, kamu tinggal memasukkan kentang ke dalam air fryer tanpa menambahkan minyak. Oiya, jangan terlalu banyak memasukan makanan ya biar matangnya lebih merata. Tinggal pencet deh tombol sesuai yang diinginkan. Tunggu beberapa lama, lalu tada!!! kentang goreng kamu bakal termasak dengan sempurna. Teksturnya bakal crispy seperti kentang yang digoreng pakai minyak.

Mengurangi kandungan lemak dan kalori pakai air fryer

Karena gak pakai minyak, makanan hasil air fryer mengandung lebih sedikit lemak. Menurut sebuah penelitian, kentang yang digoreng dengan air fryer memiliki kadar lemak 70% lebih rendah dibanding kentang yang dengan teknik deep fried. 

Gak cuma itu aja gaes, air fryer juga bisa mengurangi pembentukan zat berbahaya pada makanan. Salah satunya adalah zat akrilamida yang bisa menyebabkan kanker. Buat kamu yang lagi menjalankan program diet, nah air fryer ini cocok banget buat membantu kamu menunjang program dietmu. 




Fakta-fakta Air FryerAlat Penggoreng Gak Pakai MinyakFakta lengkap Air Fryer

Share to: