Wow, Eropa Bikin Masker dari Serat Ganja Gaes, Pusing Enggak Ya?

Wow, Eropa Bikin Masker dari Serat Ganja Gaes, Pusing Enggak Ya?

Wow, Eropa Bikin Masker dari Serat Ganja Gaes, Pusing Enggak Ya?

Masker Serat Ganja dari Eropa (Foto: dok. Geochanvre)


Belum lama ini publik dihebohkan dengan berita pembuatan masker dari serat ganja. Apa jadinya ya, kira-kira bakal pusing gak tuh?

Untuk pertama kalinya produk masker dari serat ganja diluncurkan di Eropa. Terobosan ini adalah respon dari permasalahan sampah masker sekali pakai yang makin meningkat di masa pandemi COVID19.  

Masker fenomenal ini diproduksi oleh pabrik Geochanvre di Lenzinees, Prancis. Peluncurannya dilakukan sejak Maret 2020 dan sudah laku lebih dari 1,5 juta masker. 

BACA JUGA: Lady Gaga Pakai Masker Karya Brand Indonesia di MTV VMAs 2020

Masker produksi Prancis ini diklaim punya kemampuan menyaring partikel berukuran 3 μm dengan efisiensi hingga 87 persen. Keren gak tuh gaes? 

Masker ini dijual minimal 50-400 buah dan dikemas dalam sebuah box. Untuk boks isi 50 buah, dibandrol dengan harga €34.29 atau sekitar Rp 600 ribu. Umumnya, para pembeli masker ini berasal dari negara Eropa lainnya atau Kanada. 

Seperti yang kita ketahui gaes, masker sekali pakai biasanya terbuat dari plastik termasuk polipropilen, plastik, dan vinil. Setelah dipakai, masker ini akan dibuang dan berakhir di lautan dan perlu 450 tahun untuk bisa terurai. 

Peningkatan sampah masker sekali pakai terbukti dalam sebuah penelitian di Jurnal Enviromental Science and Technology. Penelitian itu memperkirakan ada 129 miliar pengguna masker sekali pakai dalam setiap bulannya.

BACA JUGA: Mengenal Sosok Maria Hamasaki, Artis Jepang yang Tewas Diduga Bunuh Diri karena Bully Gak Pakai Masker?




Masker serat ganjaserat ganjaproduksi masker serat ganjaMasker Eropa

Share to: