Fakta Cerita Ayu, Mahasiswi Beragama Hindu yang Kenakan Hijab Demi Toleransi, Bikin Haru Gaes

Fakta Cerita Ayu, Mahasiswi Beragama Hindu yang Kenakan Hijab Demi Toleransi, Bikin Haru Gaes

Fakta Cerita Ayu, Mahasiswi Beragama Hindu yang Kenakan Hijab Demi Toleransi, Bikin Haru Gaes

Fakta Cerita Ayu, Mahasiswi Beragama Hindu yang Kenakan Hijab (Foto: dok. Istimewa)


Jika umat muslim menggunakan hijab karena sebuah kewajiban, namun bagaimana jika yang memakai adalah orang beragama hindu? Berikut fakta dari cerita mahasiswi bernama Ayu. 

Ayu merupakan seorang mahasiswi yang lahir di Kabupaten Takalar. Dirinya berkuliah di Universitas Muslim Indonesia jurusan kedokteran ini yang membuat geger netizen. 

BACA JUGA: Sosok Profil Jonathan Galindo si Psikopat Pedofil yang Viral di TikTok, Ngeri Banget!

Dirinya pasalnya sering terlihat menggunakan hijab, namun agamanya adalah non muslim. 

Berikut fakta cerita mengenai Ayu yang dirangkum oleh Tim KUYOU.ID

Mengikuti Pendidikan Profesi selama 5.8 tahun

Pendidikan yang ditempuh oleh Ayu tidaklah mudah. Menjadi dokter harus banyak hal yang dilalui, namun mahasiswi ini membuktikan jika dirinya dapat mendapatkan gelar dokter dalam waktu 5.8 tahun. 

BACA JUGA: Cara Deteksi Hantu dengan Kucing Peliharaan versi TikTokers yang Viral, Sudah Coba Gaes?

Mencetak sejarah baru

Ayu tercatat sebagai lulusan dari UMI yang menggunakan hijab namun dirinya beragama Hindu. Mahasiswi ini pun lulus di program profesi dokter. Dirinya mengatakan jika hal ini merupakan tantangan yang baru. 

"Tidak mudah, tapi jadinya setiap hari saya banyak belajar. Lebih siap diri saja. Setiap hari ada tantangan baru. Apalagi besok," kata Ayu.  

Dapat mengikuti semua aturan yang berlaku

Meski beragama Hindu, Ayu bisa mengikuti semua aturan yang berlaku di UMI. Mahasiswi ini juga tidak pernah melepaskan jilbabnya karena hal tersebut merupakan aturan wajib dari universitas. 

Ayu juga tidak merasa dipaksa saat memakai jilbab. Karena aturan yang ditetapkan oleh UMI sudah seperti itu, sehingga dia pun mengikuti semua aturan tersebut. 

Tidak ikut pendidikan pesantren

Mahasiswa dan mahasiswi baru UMI biasanya akan diberikan pendidikan pesantren selama satu bulan, namun khusus untuk Ayu dirinya diberikan kompensasi untuk tidak mengikuti pendidikan pesantren. Namun dia harus belajar di Pura sesuai keyakinannya. 

"Semakin lama semakin terbiasa," kata Ayu.

Memberikan pidato di depan dosen, sarjana dan mahasiswa UMI

Sebagai bentuk penghargaan yang dicapai oleh Ayu, dirinya diberikan kesempatan untuk memberikan pidato di depan dosen, sarjana, dan mahasiswa UMI. 

Bahkan Dekan Fakultas Teknologi Industri bernama Zakir Sabhara yang bertemu dengan Ayu mengaku bangga. Meski beragama Hindu, mahasiswi ini dapat tetap nyaman belajar sampai lulus menjadi dokter. 

"Ini anak kerennya kedokteran. Pertama kalinya di kedokteran mahasiswi agama Hindu. Saya menetes tadi air mata ku." kata Zakir. 

Zakir mengatakan jika kejadian ini harus menjadi pelajaran. Meski berbeda agama, suku, ras, dan golongan, rasa satu sebagai warga negara Indonesia tetap dijaga. 

BACA JUGA: Wadaw Viral Video Tokek Berukuran Satu Meter dari FB, Curi Perhatian Netizen Asing Gaes




wanita hijabnon muslim pakai hijabagama hindu pakai hijabmahasiswi agama hindu pakai hijab

Share to: