Bantu UKM di Indonesia, Program TALENTA Accelerator 2024 Resmi Diluncurkan

Bantu UKM di Indonesia, Program TALENTA Accelerator 2024 Resmi Diluncurkan

Bantu UKM di Indonesia, Program TALENTA Accelerator 2024 Resmi Diluncurkan

Program TALENTA Accelerator 2024 Telah Diluncurkan (Foto: Siaran Pers)


Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID), penyedia layanan cloud terkemuka Amazon Web Services (AWS), dan penyedia layanan teknologi informasi Elitery berkolaborasi meluncurkan program TALENTA Accelerator tahun 2024 pada Kamis (20/6).

Program ini mendukung perusahaan rintisan digital yang bergerak di bidang pendidikan, kesehatan, agribisnis, tata kelola, dan kota cerdas dengan menyediakan sumber daya penting untuk membantu mengakses modal ventura dan menciptakan dampak sosio-ekonomi yang signifikan.

Baca Juga: Luncurkan Starlink di Bali, Amerika Serikat Ingin Bantu Kembangkan Internet Indonesia

Indonesia disebut mengalami peningkatan pesat dalam jumlah orang yang terhubung ke internet dan memanfaatkan platform digital. Platform digital baru semakin mengubah kehidupan ekonomi dan sosial masyarakat Indonesia.

TALENTA Accelerator 2024 mempersiapkan usaha kecil dan menengah (UKM) untuk menghadapi laju digitalisasi yang semakin meningkat. Dengan membantu usaha baru mengatasi tantangan transformasi digital, TALENTA Accelerator 2024 berkontribusi untuk membangun landasan yang kuat dan akan memajukan ekonomi digital Indonesia.

“Amerika Serikat menyadari pentingnya menyatukan sumber daya dan keahlian bisnis seperti Amazon Web Services dengan prakarsa pemerintah untuk mendukung pertumbuhan bisnis Indonesia-Amerika,” kata Brian Chang, Wakil Direktur Kantor Acquisition and Assistance USAID Indonesia dikutip dari rilis yang diterima Kuyou, Jumat (21/6).

“Dengan bekerja sama dengan sektor swasta, kami dapat memaksimalkan dampak program kami untuk membantu para wirausahawan/wati di Indonesia," sambungnya.

Acara peluncuran tersebut dihadiri oleh 35 perusahaan rintisan digital terpilih dari sektor kesehatan, agribisnis, dan pendidikan.

Alumni TALENTA Accelerator, Holy Sie dari MomWork, perusahaan rintisan digital yang membantu para ibu untuk membuka bisnis layanan makanan berbasis cloud, mengatakan kepada para peserta bahwa TALENTA Accelerator telah membantunya untuk mempertajam strategi dan arah bisnisnya.

“TALENTA Accelerator membantu saya untuk fokus dan mempertajam strategi dan arah bisnis saya. Dengan fokus yang lebih jelas, saya dapat mengalokasikan sumber daya dan waktu dengan lebih efisien, yang pada gilirannya membantu pertumbuhan bisnis saya," kata Holy Sie.

TALENTA Accelerator 2024 akan memberdayakan para peserta untuk meningkatkan inovasi dan daya saing mereka melalui akses ke teknologi cloud AWS yang terkemuka dan bimbingan dari para pemimpin industri.

Program ini menggabungkan pertemuan interaktif daring dan tatap muka, menampilkan kelas akselerator, lokakarya, dan sesi pelatihan.

Baca Juga: Eugene Museum Bakal Hadir di Bali, Berikan Sentuhan Seni Jepang-Amerika

Semuanya dirancang untuk mempertajam kemampuan perusahaan rintisan digital dalam mempresentasikan model bisnis kepada investor dan perusahaan modal ventura, mendapatkan pendanaan, dan membentuk kemitraan strategis.




Amerika SerikatUSAIDAmazon Web ServicesTALENTA Accelerator 2024UKM Indonesia

Share to: