Profil Hendro Wiyanto, Kurator Ternama yang Bawa Karya-karya Epic ke ARTJOG 2024

Profil Hendro Wiyanto, Kurator Ternama yang Bawa Karya-karya Epic ke ARTJOG 2024

Profil Hendro Wiyanto, Kurator Ternama yang Bawa Karya-karya Epic ke ARTJOG 2024

Profil Hendro Wiyanto, Kurator ARTJOG 2024 (Foto: Instagram @artjog.id)


Di balik kesuksesan setiap pameran seni besar, terdapat sosok kurator yang handal dan berpengalaman. Salah satu nama yang paling dikenal dalam dunia seni kontemporer Indonesia adalah Hendro Wiyanto.

Pada ARTJOG 2024, Hendro kembali menunjukkan keahliannya dengan mengkurasi berbagai karya seni yang memukau. Mari kita kenalan lebih dekat dengan sosok kurator ternama ini.

Baca Juga: Usung Tema Ramalan, ARTJOG 2024 Resmi Dibuka Selama 2 Bulan ke Depan

Profil Hendro Wiyanto

Hendro Wiyanto adalah kritikus dan kurator seni rupa independen asal Indonesia. Ia menulis kritik seni rupa di sejumlah media di dalam dan luar negeri.

Latar Belakang Pendidikan 

Dirinya menyelesaikan Pendidikan seni rupa di Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, lalu melanjutkan ke magister-filsafat di Sekolah Tinggi Filsafat Driyakarya, Jakarta.⁣

Kritikus dan Penulis Seni Rupa

Hendro Wiyanto juga aktif menulis essai seni rupa, Hendro banyak menulis esai tentang seniman-seniman kontemporer Indonesia, antara lain Alit Semodo, FX Harsono, Gerakan Seni Rupa Baru, Heri Dono, Ugo Untoro, S Teddy D, Melati Suryodarmo, Yoga Agropop, dan masih anyak lagi.

Selain menuliskan esai seni rupa, Hendro Wiyanto juga menuliskan resensi pameran di majalah Tempo dan Harian Kompas Jakarta. ⁣

Kurator Ternama

Hendro Wiyanto dikenal sebagai salah satu kurator seni rupa ternama di Indonesia. Ia banyak mengkurasi karya-karya di berbagai pameran seni, seperti pameran Potret Diri sebagai Kaum Munafik di Galeri Nasional Indonesia, pameran Jakarta Biennale 2017: Jiwa hingga A Solo Exhibition of FX Harsono di Jogja National Museum 2013.

Bawa karya-karya Epic ke ARTJOG 2024

Hendro Wiyanto dipercaya untuk mengkurasi berbagai karya seni untuk dibawa ke ARTJOG 2024. Di tahun ini, Hendro Wiyanto mengkurasi karya seni sesuai dengan tema ARTJOG 2024, Motif: Ramalan.

Tak berhenti sampai disitu, Hendro Wiyanto juga memperkenalkan beberapa karya seni yang telah ia kurasi kepada para pengunjung ARTJOG 2024 dalam program Exhibition Tour.

Baca Juga: Louis Gilbert Yulianto, Seniman Cilik Asal Yogya yang Turut Meriahkan ARTJOG 2024

Nah, buat kamu yang ingin menyaksikan berbagai karya seni hasil kurasi Hendro Wiyanto, kamu bisa datang langsung ke ARTJOG 2024 di Jogja National Museum. Pameran ini bakal berlangsung hingga 1 September 2024.




Hendro WiyantoProfil Hendro WiyantoPendidikan Hendro WiyantoKarir Hendro WiyantoARTJOG 2024Hendro Wiyanto ARTJOG 2024

Share to: