Muhammad Ibnu Adam di Road To ISES 2023: Pelaku UMKM Harus Jadi Pemain Utama di Ekonomi Digital

Muhammad Ibnu Adam di Road To ISES 2023: Pelaku UMKM Harus Jadi Pemain Utama di Ekonomi Digital

Muhammad Ibnu Adam di Road To ISES 2023: Pelaku UMKM Harus Jadi Pemain Utama di Ekonomi Digital

PMO KemenkopUKM, Muhammad Ibnu Adam


PMO KemenkopUKM Muhammad Ibnu Adam hadir sebagai salah satu pembicara dalam workshop tranformasi digital KUMKM road to Indonesia Startup Ecosystem Summit (ISES) 2023 di Solo Techno Park, Jumat, 11 Agustus 2023.

Dalam acara yang dihadiri oleh sejumlah Menteri tersebut, Adam menegaskan bahwa pelaku UMKM mampu dan harus menjadi pemain utama di sektor Ekonomi Digital.

Baca juga: Adrian Zakhary di Road To ISES 2023 Solo: UMKM Siap Menuju WEB3

Acara Road To ISES 2023

Pembukaan gelaran Road to Indonesia Startup Ecosystem Summit (ISES) 2023 dihadiri oleh 4 Menteri yakni Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, serta Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi.

Selain itu, acara yang digelar di Solo Techno Park, Jumat, 11 Agustus 2023 ini juga menghadirkan Wishnutama Kusubandio selaku Komisaris Utama Telkomsel, Gibran Rakabuming selaku Walikota Surakarta, dan Staff Khusus Presiden Putri Tanjung.

Acara ini menghadirkan lima kelas workshop yakni Entrepreneur Hub Solo Sesi II , Workshop Transformasi Digital KUMKM, Konsultasi Bisnis Entrepreneur Development: Growth Sprint, Kelas Akselerasi Pembiayaan Berbasis Klaster Wirausaha Warung dan Kelas Perluasan Akses Pembiayaan Startup untuk mendukung Transformasi UMKM Masa Depan.

Pelaku UMKM Jadi Pemain di Sektor Ekonomi Digital

Saat mengisi sesi workshopnya, Muhammad Ibnu Adam yang juga merupakan seorang konsultan bisnis digital ini menjelaskan bahwa pelaku UMKM harus menjadi pemain utama dalam perkembangan ekonomi digital di tanah air.

“Pelaku UMKM harus menjadi pemain utama perkembangan ekonomi digital di Indonesia, karena UMKM sendiri merupakan sektor penting dan krusial dalam perkembangan ekonomi nasional,” ujar Adam.

Baca juga: Webinar MAJA Labs X EMURGO, CMO MAJA Labs Ibnu Adam Kupas Tuntas Potensi Web3 dan NFT di Industri Kreatif

Adam menyebutkan dampak perkembangan digital bagi UMKM yakni mampu mendapatkan akses pasar yang lebih luas, efisiensi operasional, perluasan modal bisnis, peluang inovasi produk, hingga peningkatan daya saing. Hal ini yang membuat target transformasi digital UMKM meningkat dari 24 juta di tahun 2023 menjadi 30 juta di tahun 2024.

“Proses berbagi data antara platform bisnis, terutama UMKM, dengan pemerintah dapat membantu meningkatkan pemantauan, regulasi, dan kebijakan yang mendukung pertumbuhan sektor UMKM. Namun, perlu diperhatikan juga mengenai privasi data dan keamanan informasi,” ungkap Adam.




road to Indonesia Startup Ecosystem Summit 2023ISES 2023KemenkopUKMUMKM

Share to: