Adrian Zakhary di Road To ISES 2023 Solo: UMKM Siap Menuju WEB3

Adrian Zakhary di Road To ISES 2023 Solo: UMKM Siap Menuju WEB3

Adrian Zakhary di Road To ISES 2023 Solo: UMKM Siap Menuju WEB3

PMO KemenkopUKM, Adrian Zakhary


Adrian Zakhary menjadi salah satu pembicara workshop tranformasi digital KUMKM road to Indonesia Startup Ecosystem Summit (ISES) 2023 di Solo Techno Park, Jumat, 11 Agustus 2023. 

Acara yang bertujuan untuk berbagi informasi terkait bisnis dan usama menengah ini diinisiai oleh KemenKopUKM dan Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi. Pembukaan acara Road to ISES 2023 juga dihadiri oleh sejumlah menteri hingga tokoh publik lainnya. 

Baca juga: Founder MAJA Labs Adrian Zakhary Resmikan Pameran Inner Beauty, Tampilkan Karya dari 50 Seniman

Road To ISES 2023

Pembukaan gelaran Road to Indonesia Startup Ecosystem Summit (ISES) 2023 dihadiri oleh 4 Menteri yakni Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, serta Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi.

Selain itu, acara yang digelar di Solo Techno Park, Jumat, 11 Agustus 2023 ini juga menghadirkan Wishnutama Kusubandio selaku Komisaris Utama Telkomsel, Gibran Rakabuming selaku Walikota Surakarta, dan Staff Khusus Presiden Putri Tanjung.

Acara ini menghadirkan lima kelas workshop yakni Entrepreneur Hub Solo Sesi II , Workshop Transformasi Digital KUMKM, Konsultasi Bisnis Entrepreneur Development: Growth Sprint, Kelas Akselerasi Pembiayaan Berbasis Klaster Wirausaha Warung dan Kelas Perluasan Akses Pembiayaan Startup untuk mendukung Transformasi UMKM Masa Depan.

Adrian Zakhary Ungkap UMKM Siap Beradaptasi dengan WEB3

Saat ini, berbagai sektor termasuk pariwisata, pendidikan, seni & budaya, hingga keuangan tengah menghadapi disrupsi teknologi. Meski masih berada dalam perkembangan teknologi WEB2, sudah semestinya seluruh pihak bersiap untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi WEB3. 

Sejumlah teknologi WEB 3 yang saat ini sudah cukup familiar di masyarakat adalah NFT, AR & VR, hingga METAVERSE. Menurut Project Management Officer (PMO) KemenkopUKM, Adrian Zakhary, usaha kecil dan menengah yang dijalankan oleh masyarakat harus bisa sejalan dengan perkembangan WEB3.

“Meski kini masih banyak UMKM yang terjus berjuang di WEB 2, namun kita dihadapkan dengan gelombang disrupsi baru yakni Web 3. Dimana teknologi Blockchain menjadi dasar dari semua ini. Untuk tetap mampu bersaing, tentunya kita harus beradaptasi dengan teknologi WEB3 itu sendiri,” ujar Adrian Zakhary dalam workshop tranformasi digital KUMKM road to Indonesia Startup Ecosystem Summit (ISES) 2023 di Solo Techno Park, Jumat, 11 Agustus 2023.

Baca juga: Adrian Zakhary di Talkshow Gerakan Kalcer untuk Jenama Berdaya: Dukung Terus Brand-brand Lokal Indonesia

Adrian juga menjelaskan bagaimana UMKM akan berkembang di masa depan melakukan digitalisasi dengan menggabungkan dunia augmented dan virtual. Nantinya, akan ada future mobility, future food, future fashion, hingga future craft dari hasil inovasi UMKM saat ini. 

Adrian Zakhary sendiri mencoba mengembangkan future fashion bersama MAJA Labs melalui teknologi digital fashion. Ia terus memberikan edukasi melalui workshop hingga mengadakan pameran digital fashion pertama di Indonesia, Bali Digital Fashion Week pada Desember 2022 lalu.




road to Indonesia Startup Ecosystem Summit 2023ISES 2023KemenkopUKMUMKMAdrian Zakhary

Share to: