Bertanya pada Pakar: Kenapa Gak Pakai Masker saat Sendirian di Mobil Malah Ditilang? Padahal Gak Ada Masalah

Bertanya pada Pakar: Kenapa Gak Pakai Masker saat Sendirian di Mobil Malah Ditilang? Padahal Gak Ada Masalah

Bertanya pada Pakar: Kenapa Gak Pakai Masker saat Sendirian di Mobil Malah Ditilang? Padahal Gak Ada Masalah

Kenapa Gak Pakai Masker saat Sendirian di Mobil Malah Ditilang (Foto: dok Istimewa)


Sebuah video viral saat ada seseorang yang ditilang karena gak pakai masker di mobil. Orang tersebut pun mengunggah protesnya melalui Instastory. 

Salah satu akun bernama @evani_jesslyn menceritakan bagaimana dirinya ditilang oleh petugas gabungan dalam operasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta. 

BACA JUGA: Apa Benar Game AMONG US yang Viral Bikin Merusak Pertemanan? Simak Faktanya Nih

Saat itu dia sedang berada di dalam mobil dan diberhentikan oleh petugas yang menilangnya di daerah sekitar Danau Sunter Selatan. Dia ditilang dengan alasan tidak menggunakan masker dengan benar. Padahal dia hanya menurunkan maskernya untuk bisa mengambil napas. 

"Tadi saya sendiri menyetir di dalam ruangan tertutup dan aman, malah disuruh keluar dari mobil, kenapa malah menggiring saya ke dalam situasi yang tidak aman karena saya disuruh berkumpul di satu tempat bersama puluhan orang lainnya" tulisnya. 

Protes soal tilang untuk pengendara mobil yang tidak memakai masker

Tidak hanya wanita tersebut yang terjadi dalam operasi kali ini. Ternyata banyak sekali warga lain yang ikut terjaring. Bahkan ada seorang pir ayang protes dan memilih untuk didenda setelah menjalani sidang ditempat yang digelar oleh aparat gabungan. 

BACA JUGA: Fakta Viral Video Tsunami Tinggi 2020, Ternyata Buatan Netizen TikTok

Pihak kepilisian juga sudah mengatakan jika aturan pakai masker diluar rumah wajib digunakan. 

"Kalau kita paham penggunaan masker diwajibkan kepada seluruh masyarakat yang keluar dari rumah, bukan keluar dari dalam mobil" tutur Kapolres Jakarta Utara Kombes Sudjarkwoko. 

Sudjarkwoko juga mengatakan jika pengendara mobil tetap wajib memakai masker selama berkendara di jalan. 

Kata dokter soal melepas masker saat sendirian di dalam mobil. 

Unggahan dari @evani_jesslyn yang ditilang akibat tak memakai masker di dalam mobil tersebut memicu respon para netizen. Sebagian menyebutkan sanksi tersebut janggal karena dia hanya sendiri di dalam mobil. 

Ternyata gaes, Erlang Samoedro seorang dokter sepsialis paru mengatakan jika tidak ada masalah jika seseorang gak pakai masker saat sendiri di dalam mobil. Hal tersebut ternyata juga mengundang komentar dari seorang dokter speliasis paru. Anjuran pengenaan masker di dalam mobil dilakukan untuk mencegah penularan dari orang lain yang ada di dalam satu mobil yang sama. 

"Mengenakan masker di mobil itu menghindari penularan dari orang yang ada di mobil. Kalau sendirian sih gak usah." kata Erlang. 

Dia juga mengatakan jika ada lebih dari satu orang dalam mobil diwajibkan untuk menggunakan masker dan menjaga jarak satu sama lain setidaknya satu meter. 




gak pakai masker ditilangpsbbviral gak pakai masker ditilangsendirian dimobil gak pakai masker ditilang

Share to: