Elektabilitas Gusti Bhre Tertinggi untuk Pilwalkot Solo 2024

Elektabilitas Gusti Bhre Tertinggi untuk Pilwalkot Solo 2024

Elektabilitas Gusti Bhre Tertinggi untuk Pilwalkot Solo 2024

Elektabilitas Gusti Bhre Pilwalkot Solo 2024 (Foto: Istimewa)


KGPAA Mangkunegara X atau akrab disapa Gusti Bhre baru-baru ini meraih elektabilitas tertinggi dalam survei terbaru Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Solo 2024 yang dilakukan oleh Solo Raya Polling.

 

Pendiri Solo Raya Polling Suwardi di Solo, Jawa Tengah, mengatakan survei tersebut menunjukkan elektabilitas Gusti Bhre di angka 49,7%, diikuti oleh Teguh Prakosa 37,3%.

Baca Juga: Gusti Bhre Dengarkan Aspirasi Pedagang Pasar Klewer Solo

Sedangkan dari sisi kecocokan atau kesukaan terhadap calon pemimpin, Gusti Bhre juga masih memimpin dengan rerata 3,93, selanjutnya Teguh dengan rerata 3,91, dan diikuti Astrid 3,3.

Meski demikian, dari sisi tingkat popularitas, Teguh masih memimpin dengan angka 96%, diikuti oleh Gusti Bhre 85 persen, dan Astrid Widayani 62%.

Untuk simulasi pasangan calon, pihaknya memasangkan Gusti Bhre-Astrid Widayani dengan Teguh Prakosa-Her Suprabu yang sama-sama merupakan kader PDIP. Dari survei tersebut, untuk pasangan Bhre-Astrid memperoleh 54,7 persen dan pasangan Teguh Prakosa-Her Suprabu memperoleh 41,0 persen.

Sedangkan simulasi kedua, ia memasangkan Gusti Bhre-Sugeng Riyanto yang merupakan politisi PKS dan pasangan kedua yakni Teguh Prakosa-Her Suprabu.

"Kami memasangkan Gusti Bhre dengan Sugeng Riyanto karena dalam perjalanannya PKS merapat ke Sumber (mengacu pada Gibran), jadi bukan PDIP. Asumsi saya jangan-jangan PKS menghendaki wakil wali kota," katanya.

Baca Juga: Gusti Bhre Ajak Siswa SD Belajar Seni Budaya ke Mangkunegaran

Selanjutnya, untuk simulasi pasangan jika dilihat dari kekuatan partai politik, dikatakannya, pasangan Gusti Bhre-Astrid yang diusung oleh Partai Gerindra, PSI, PKS, PAN, PKB, dan Partai Golkar mendapatkan angka 61,5%. Untuk pasangan Teguh Prakosa-Her Suprabu dengan diusung PDIP memperoleh 35 persen.




Gusti BhrePilwalkot Solo 2024Elektabilitas Gusti Bhre

Share to:



Modal Video 01