Biodata Ki Seno Nugroho, Lengkap Umur dan Agama, Dalang yang Meninggal Dunia 48 Tahun

Biodata Ki Seno Nugroho, Lengkap Umur dan Agama, Dalang yang Meninggal Dunia 48 Tahun

Foto

Biodata Ki Seno Nugroho, Lengkap Umur dan Agama (Foto: eljohnnews.com)


Berikut biografi dan biodata Ki Seno Nugroho, dalang yang meninggal di usia 48 tahun.

Kabar mengejutkan datang bagi para penggemar pertunjukan wayang. Nama Ki Seno Nugroho sudah tak asing lagi di telinga mereka.

Beliau dikabarkan meninggal pada Selasa, 3 November 2020 kemarin di umurnya yang ke-48 tahun. Dunia seni kejawen pun diselimuti duka yang mendalam atas kepergian dalang asal Bantul, Yogyakarta tersebut.

Berikut sosok Ki Seno Nugroho melalui biografi singkatnya berdasarkan data yang dirangkum oleh tim KUYOU.id berikut ini.

Masa kecil Ki Seno Nugroho 

Ki Seno Nugroho lahir di Yogyakarta pada 23 Agustus 1972. Dia adalah salah satu dalang yang sukses membuat kesenian wayang kulit menjadi salah satu pertunjukan favorit kaum milenial.

Dilansir dari Kisenojogja, beliau adalah putra dari seorang dalang kondang asal Jogjakarta yakni Ki Suparman Cermo Wiyoto. Sejak kecil, dia sudah sering mengikuti kegiatan sang ayah berdalang. 

Keinginan untuk mengikuti jejak sang ayah muncul ketika dia tengah bersekolah di tahun akhir SMP setelah mengagumi pentas yang dibawakan oleh KI Manteb Sudarsana.

Sejak saat itu, dia belajar memainkan wayang di rumah sebelum akhirnya menempuh pendidikan di SMKI jurusan pedalangan.

Membentuk group karawitan WARGO LARAS

Terus mendalami dunia ilmu pedalangan, Ki Seno Nugroho menekuni bidang tersebut dengan serius setelah ayahnya meninggal.

Ki Seno Nugroho juga ikut pementasan wayang alm Ki Sukoco yang masih bersaudara dengannya. Setelah percaya diri dengan kemampuannya, dia membentuk grup karawitan bernama WARGO LARAS yang berisi adik-adik kelasnya semasa sekolah.

Tampil di banyak acara hingga keluar negeri

Ki Seno Nugroho berhasil menyajikan banyak pertunjukan wayang kulit yang memadukan antara gagrak Surakarta dan gagrak Yogyakarta. 

Dia juga menjadi salah satu dalang yang dicintai kaum milenial karena sosoknya yang menghibur.

Ki Seno akhirnya pernah berduet dengan KI Manteb Sudarsana dalam acara ulang tahun GOLKAR bersama Ki Edy Suwondo. Bukan hanya sekali, dia pernah tampil dalam sejumlah acara di dalam hingga luar negeri lho gaes!

Beliau berhasil memperkenalkan budaya Indonesia hingga ke Eropa seperti Belanda dan Belgia.

Biodata Ki Seno Nugroho

Nama lengkap: Seno Nugroho

Nama panggilan: Ki Seno Nugroho

Tempat tanggal lahir: Yogyakarta, 23 Agustus 1972

Tmur: 48 Tahun (Tutup usia tahun 2020)

Agama: Islam (Belum ada sumber resmi)

Pendidikan: SMKI Yogyakarta 

Pekerjaan: Seniman, Wayang Dalang

Tutup usia: 3 November 2020 di Sleman, Yogyakarta




Ki Seno NugrohoBiodata Ki Seno NugrohoBiografi Ki Seno NugrohoUmur Ki Seno NugrohoAgama Ki Seno NugrohoDalang Ki Seno Nugroho

Share to: