Fakta Sejarah Hari Pahlawan Nasional yang Harus Kamu tahu, Nasionalisme Harus Gelora Gaes!

Fakta Sejarah Hari Pahlawan Nasional yang Harus Kamu tahu, Nasionalisme Harus Gelora Gaes!

Fakta Sejarah Hari Pahlawan Nasional yang Harus Kamu tahu, Nasionalisme Harus Gelora Gaes!

Fakta Sejarah Hari Pahlawan Nasional (Foto: Pixabay)


Berikut sejumlah fakta tentang Hari Pahlawan Nansional yang wajib banget kamu ketahui!

Hari ini, 10 November 2020 kita kembali memperingati Hari Pahlawan di Indonesia yang diselenggarakan untuk peringatan peristiwa Pertempuran Surabaya antara milisi nasionalis Indonesia dan Sekutu.

Pertempuran Surabaya merupakan pertempuran tentara dan milisi pro-kemerdekaan Indonesia dengan tentara dari Britania Raya dan India Britania. 

Baca Juga: Jarang Tahu, 7 Pahlawan Kemerdekaan ini Gugur di Usia Muda Gaes

Pertempuran tersebut berpuncak pada 10 November 1945 yang hingga saat ini kita peringati sebagai hari Pahlawan.

Sejarah Singkat Hari Pahlawan Nasional

Pada 16 Desember 1959, Hari Pahlawan Nasional ini ditetapkan oleh Presiden Soekarno melalui Keppres Nomor 316 Tahun 1959.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, 10 November ini kita memperingati pertempuran yang terjadi yang berlangsung di Surabaya, Jawa Timur. 

Pada saat itu, tentara Indonesia melawan tentara Britania Raya dan Belanda. Bung Tomo adalah salah satu tokoh yang berhasil membangkitkan perlawanan rakyat untuk melakukan perlawanan terhadap penjajah.

Kala itu, Surabaya tengah diserang oleh para pasukan  Inggris gaes. mereka mendarat untuk melepaskan semua senjata tentara Jepang dan juga membebaskan tawanan Eropa.

Baca Juga: Jarang Tahu, 7 Artis Ini Keturunan Pahlawan Kemerdekaan Indonesia, Salah Satunya Dian Sastro

Meski begitu, Surabaya berhasil memukul mundur para pasukan Inggris. Gak heran kalau hingga saat ini, Surabaya disebut sebagai kota Pahlawan.

Tema Hari Pahlawan 2020

Tahun ini, kita memperingati Hari Pahlawan 2020 dengan tema 'Pahlawan Sepanjang Masa' untuk mengenang jasa dan perjuangan para pahlawan yang mempertaruhkan nyawanya untuk negara Indonesia.

Untuk itu, kita semua termaksud anak muda di Indonesia bisa terus memperingati tahun-tahun bersejarah ini dan tetap memiliki jiwa nasionalis.

Baca Juga: Biografi Sunario Sastrowardoyo: Agama dan Silsilah, Kakek Dian Sastro Tokoh Pemuda

Meskipun tengah dilanda pandemi covid-19, namun kita harus tetap berjuang dengan mematuhi protokol kesehatan dimanapun berada ya gaes!




10 November 2020Hari PahlawanHari Pahlawan Nansional

Share to: