Innalilahi, Pencipta Scooby Doo Meninggal Dunia

Innalilahi, Pencipta Scooby Doo Meninggal Dunia

Innalilahi, Pencipta Scooby Doo Meninggal Dunia

Ken Spears, Pencipta Scooby Doo Meninggal Dunia (Foto: Variety)


Ken Spears, pencipta serial animasi "Scooby-Doo" dikabarkan tutup pada usia 82 tahun.

Buat kamu yang belum tahu, Ken Spears merupakan salah satu pencipta serial animasi  "Scooby-Doo." Dia juga adalah salah satu pendiri Ruby-Spears Productions bersama dengan almarhum Joe Ruby.

Dia dikabarkan meninggal pada hari Jumat, 6 November 2020 dia usia 82 tahun.

Kabar ini pertama kali diberitakan oleh putra Spears, Kevin Spears kepada Variety.

Ken akan selamanya dikenang karena kecerdasannya, penceritaannya, kesetiaannya kepada keluarga, dan etos kerjanya yang kuat,” kata Kevin Spears. 

Ken tidak hanya membuat kesan abadi pada keluarganya, tetapi dia telah menyentuh kehidupan banyak orang sebagai salah satu pencipta 'Scooby-Doo.' Ken telah menjadi teladan bagi kami sepanjang hidupnya dan dia akan terus hidup di dalam hati kami."

Spears meninggalkan kedua putranya, Kevin dan Chris; istri mereka, lima cucunya dan tiga cicitnya.

Kisah hidup Ken Spears

Lahir sebagai Charles Kenneth Spears pada 12 Maret 1938, Spears dibesarkan di Los Angeles, California, di mana dia berteman dengan putra produser animasi William Hanna. 

Spears kemudian dipekerjakan di perusahaan Hanna yakni Hanna-Barbera Productions, pada tahun 1959. Kala itu dia menjabat sebagai editor suara gaes. 

Saat bekerja di departemen pengeditan, Spears bertemu Joe Ruby, dan keduanya memulai kemitraan penulisan. 

Bersama-sama, keduanya menulis teleplays untuk Hanna-Barbera, Sid dan Marty Krofft Television Productions dan DePatie-Freleng Enterprises.

Membuat serial kartun Scooby-Doo bersama

Spears dan Ruby membuat acara animasi yang disukai seperti "Scooby-Doo, Where Are You!" “Dynomutt,” “Dog Wonder” dan “Jabberjaw.” 

Pada tahun 1977, Spears dan Ruby membuat studio mereka sendiri yakni Ruby-Spears Productions. Mereka memproduksi beberapa serial animasi, termasuk "Superman," "Alvin and the Chipmunks," "Fangface," "Mister T," "The Plastic Man Comedy-Adventure Hour," "Thundarr the Barbarian", dan "Saturday Supercade." 




Ken SpearsScooby-DooPencipa Scooby-DooKen Spears Meninggal

Share to: