Menguak Makna Tersirat Jokowi di Dokumenter Borobudur: Hening Dalam Keagungan

Menguak Makna Tersirat Jokowi di Dokumenter Borobudur: Hening Dalam Keagungan

Foto

Borobudur: Hening Dalam Keagungan (Foto YouTube: Presiden Joko Widodo)


Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja mengunggah video berjudul Borobudur: Hening Dalam Keagungan yang diunggah di channel resmi YouTubenya.

Ternyata terdapat makna lho dari video yang berdurasi selama 6 menit ini.

Dalam video tersebut pak Jokowi mengungkapkan makna Candi Borobudur serta nilai yang terdapat di dalamnya.

Makna video Borobudur: Hening Dalam Keagungan

Jokowi mengungkapkan makna tersirat Candi Borobudur, serta kehidupan di dalamnya.

"Candi Borobudur adalah tempat yang sakral dan suci bagi umat Buddha. Di zaman dulu, tempat-tempat seperti ini dibangun khusus untuk pemujaan," kata Bhikkhu Jayasilo.

Setelah itu, diketahui kalau Borobudur memiliki empat pintu masuk, utara, barat, timur dan selatan yang berarti siapapun yang datang bakal disambut dengan baik.

"Tapi ketika datang, datanglah dengan kedamaian. Sang Buddha pernah mengatakan kenapa di dunia ini banyak terjadi perselisihan? Karena, ada yang mengatakan saya paling benar dan Anda semua salah," ucapnya.

Maka dari itu, jangan anggap orang lain sebagai musuh, tapi anggaplah orang lain sebagai teman, agar ia datang sebagai temen.

Siapapun diterima

Borobudur memiliki energi yang baik, maka dari itu seniman sangat suka berekspresi, bahkan mereka suka menari di candi. Candi menjadi sngat berpengaruh tehadap para seniman gaes.

"Kami bersyukur Candi Borobudur dijadikan destinasi super prioritas. Karena itulah kekayaan, kearifan lokal, belajar masa lalu, dan menjadi identitas kita. Seiring zaman itu yang menunjukkan siapa kita," kata Galih.




JokowiJoko WidodoBorobudur Hening Dalam KeagunganCandi Borobudur

Share to: