Pak Tino Sidin, Pencetus Gambar Pemandangan Gunung Kembar dan Matahari, Berjasa untuk Milenial

Pak Tino Sidin, Pencetus Gambar Pemandangan Gunung Kembar dan Matahari, Berjasa untuk Milenial

Foto

Pak Tino Sidin, Pencetus Gambar Pemandangan Gunung Kembar dan Matahari, Berjasa untuk Milenial (Foto: Istimewa)


Waktu kecil, kalian pasti gak asing lagi kan dengan gambar pemandangan dua gunung dengan matahari di tengahnya? Gambar ini selalu hadir saat ada guru yang menyuruh anak muridnya menggambar pemandangan. 

BACA JUGA: Hasil Aneh Tes COVID19 Penyanyi Erykah Badu: Hidung Kanan Negatif tapi Kiri Positif

Penasaran gak sih siapa orang yang pertema kali menggambar pemandangan ini? Simak yuk cerita pencetus orang yang membuat gambar pemandangan gunung kembar dan matahari berikut ini. 

Pencetus gambar pemandangan gunung kembar dengan matahari di tengahnya

Ternyata, lukisan itu pertama kali dicetuskan oleh Tino Sidin. Ia adalah pelukis ternama asal Sumatera Utara yag lahir pada 25 November 1925.

Pada tahun 1980-an, Tino Sidin mengisi suatu acara di TVRI bertajuk 'Gemar Menggambar'. Dalam acara tersebut, ia mengajarkan anak-anak bahwa menggambar adalah sesuatu yang mudah dan bisa dilakukan siapa saja. 

Acara 'Gemar Menggambar' pun jadi hits di kalangan masyarakat saat itu. Banyak anak-anak yang terinspirasi gambar Tino Sidin. Dari situlah gambar gunung kembar dengan matahari di tengahnya menjadi populer. 

Bahkan hingga kini, gambar tersebut masih sering ditemukan dalam karya-karya anak-anak sekolah. 

Pakar pendidikan menganggap berlebihan

Meski gambar tersebut sangat melegenda dan sampai sekarang masih jadi inspirasi anak-anak, pakar pendidikan malah menganggap hal tersebut berlebihan. Menurut mereka, anak-anak jadi tidak memiliki kreativitas yang luas dan terpaku pada gambar itu saja. 




Tino Sidingambar gunungpencetus gambar gununggambar gunung ala anak-anak

Share to: