Fakta-fakta Segitiga Masalembo, Kawasan Mistis Indonesia Mirip Segitiga Bermuda Nih Gaes

Fakta-fakta Segitiga Masalembo, Kawasan Mistis Indonesia Mirip Segitiga Bermuda Nih Gaes

Foto
Segitiga Masalembo, Kawasan Mistis Indonesia Mirip Segitiga bermuda (Foto: YouTube)

Gaes tahu gak sih kalau Indonesia ternyata punya kawasan mistis mirip segitiga bermuda? Kawasan itu dinamakan Segitiga Masalembo, seperti apa ya? Simak fakta-faktanya berikut ini gaes. 

Perlu diketahui gaes, Segitiga Masalembo adalah sebuah garis khayal yang menghubungkan Pulau Bawean, Kota Majene dan Kepulawan Tengah di Laut Jawa.

BACA JUGA: Fakta Konspirasi Dibalik Segitiga Bermuda versi KUYOU Nih Gaes

Gak kalah serem dari Segitiga Bermuda di Amerika, banyak teori-teori yang menyebut kawasan  Segitiga Masalembo sebagai salah satu kawasan yang sering memakan korban jiwa. Ada yang mengaitkannya dengan masalah metafisik sampai fenomena alam. 

Segitiga Masalembo tempat bertemunya dua arus laut

Faktanya, kawasan perairan Masalembo memang merupakan tempat bertemunya dua arus laut atau yang sering disebut Arlindo. Arus pertama dari barat dan terus memanjang ke Laut Jawa (arus musiman), sedangkan arus kedua berasal dari utara yakni dari Selat makassar (arus thermoklin atau arus akibat perbedaan suhu lautan). 

Ombak yang ada di Segitiga Masalembo memang diketahui cukup ganas. Hal tersebut pernah diungkap oleh Sutrisno dalam bukunya yang bertajuk 'Injak' (2018). Ia menceritakan pengalamannya saat berada di atas perairan Masalembo. Menurutnya, ombak di perairan tersebut bikinn goyang kapal berukuran cukup besar yang ia tumpangi.

BACA JUGA: Menguak Fakta Sineenat Selir Raja Thailand yang Foto Hotnya Tersebar

Fenomena air pocket

Dalam kawasan Segitiga Masalembo juga dicurigai muncul fenomena alam yang disebut air pocket atau kantung udara. Air pocket ini adalah kondisi di mana udara mengalir dalam kecepatan tinggi. Fenomena ini dipercaya bisa menyedot pesawat yang tengah terbang rendah di atasnya.

Fenomena itulah yang dipercaya sebagai penyebab kecelakaan pesawat Adam Air beberapa tahun silam. Menurut pengamat hukum penerangan, Martono mengungkap bahwa pesawat Adam Ir saat itu terbang pada ketinggian 8000 kaki di mana seharusnya di ketinggian 35.000 kaki. 

Gak cuma itu aja, di perairan ini juga berbahaya karena adanya perairan yang berputar. Karena itulah Segitiga Masalembo dikenal sebagai segitiga bermudanya Indonesia yang membahayakan transportasi laut dan udara. 

Itu dia gaes beberapa fakta menarik soal Segitiga Masalembo yang disebut-sebut mirip dengan kawasan Segitiga Bermuda.



Segitiga Masalembofakta menarik Segitiga MasalemboSegitiga Bermudamirip Segitiga BermudaKawasan mistis Segitiga Masalembo

Share to: