Tips dan Trik Duduk Anti Pegal Selama Bekerja, Kamu Harus Tahu Ini Gaes!

Tips dan Trik Duduk Anti Pegal Selama Bekerja, Kamu Harus Tahu Ini Gaes!

Foto

Tips dan trik duduk anti pegal saat bekerja (Sumber Foto: Pixabay)


Seperti yang kita tahu, posisi duduk sangat mempengaruhi kinerja bekerja gaes. Apalagi saat bekerja mengharuskan seseorang duduk di kursi kantor selama 9 jam berturut-turut, hal ini tentu bisa menyebabkan pegal di seluruh badan, mulai dari pundak sampai ujung kaki.

Apabila salah posisi duduk, ini bisa berdampak buruk pada kesehatan tulang punggung dan pinggul gaes. Maka dari itu kenyamanan dalam bekerja menjadi hal utama yang harus diperhatikan. 

BACA JUGA: Tips dan Trik Menjaga Kesehatan Paru-paru dengan Baik, Kamu Harus Tahu Gaes!

Nah, untuk mengatasi hal ini ada beberapa tips dan triknya nih agar duduk tidak pegal saat bekerja gaes. Apa itu? Langsung saja yuk simak ulasannya berikut ini. 

Pilih Kursi yang Tepat 

Jenis kursi yang digunakan akan sangat mempengaruhi kualitas duduk lho gaes. Jadi penting banget nih buat kamu menggunakan kursi yang nyaman selama kamu bekerja.

Pilihlah Kursi yang memiliki lengkungan sesuai dengan bentuk alami punggung dan juga harus mempertimbangkan kursi yang bisa diatur ketinggiannya. Jangan gunakan kursi yang akan membuat kamu skoliosis ya gaes.  

Kamu bisa meletakkan bantal pada sandaran atau dudukan kursi agar bisa duduk dengan nyaman dan tidak merosot saat sedang bekerja.

Sandarkan Punggung Sesuai Sandaran Kursi 

Duduk dengan tegak 90 derajat sebenarnya tidak salah, tapi posisi duduk ini tidak mampu bertahan cukup lama gaes. Kamu akan merasa lelah dan pegal kalau harus terus menerus duduk sepeti itu.

Posisi duduk yang benar adalah dengan menyandarkan punggung sesuai lekuk sandaran kursi yang sedang digunakan.

Jangan Melipat Kaki 

Wanita sering melipat kakinya saat sedang duduk. Melipat kaki ternyata tidak baik untuk sirkulasi darah dan bisa menghimpit pembuluh darah lho gaes. Hal ini bisa menyebabkan kesemutan, pegal, dan keram.

Letakkan kaki kamu pada permukaan lantai dan tekuk lutut agar menghasilkan sudut lebih dari 90 derajat sehingga membuat duduk lebih rileks gaes. 

Lakukan Peregangan

Salah satu hal paling penting adalah kamu tidak boleh berada di posisi yang sama selama berjam-jam gaes, itu akan membuat badan pegal seharian lho.

BACA JUGA: Tips dan Trik Menurunkan Demam Secara Alami Tanpa Obat, Kamu Harus Tahu Ini Gaes!

Terlalu banyak duduk bisa membuat aliran darah kurang lancar. Sesekali, berdirilah dari posisi duduk dan regangkan anggota badan dengan meluruskan tangan dan memutar kepala ke kiri dan kanan gaes.

Dengan badan yang tetap segar, maka pekerjaan akan jadi lebih cepat selesai. Iya nggak sih gaes?

Perhatikan Posisi Monitor

Layar monitor yang digunakan dalam bekerja harus berada satu garis dengan mata, ini dilakukan agar kamu bisa melihatnya dengan lurus ke depan, tanpa perlu mendongakkan kepala atau membungkukkan badan saat bekerja gaes.

Jangan Gunakan Meja Berlaci 

Penggunaan meja berlaci akan menghalangi kamu saat melakukan posisi duduk dengan benar gaes. Kalau mengikuti cara posisi duduk yang benar, jarak antara kaki dan meja akan berjarak beberapa sentimeter saja. 

Namun, kalau menggunakan meja berlaci, lutut kamu tentu akan terbentur dan posisi duduk kurang nyaman karena akan menjadi lebih jauh dari meja.

Kamu bisa menggunakan laci yang bisa diletakkan di atas meja atau lemari arsip kecil yang bisa ditaruh di samping meja untuk tetap menyimpan barang-barang dengan rapih ya gaes.

Lindungi Pergelangan Tangan 

Pergelangan tangan akan terus menerus bergerak menggunakan mouse, track pad, dan mengetik selama kamu bekerja. Oleh karenanya, pergelangan tangan disarankan harus pada posisi lurus dengan siku tangan dan tidak bengkok agar tangan tidak mudah pegal gaes.

Jika diperlukan kamu bisa tarik keyboard sedekat dan senyaman mungkin. Juga posisikan mouse sesuai dengan kenyamanan kamu, tapi jangan terlalu jauh dan dekat dengan keyboard ya gaes.

Olahraga Mata 

Kalau kamu merasa pusing menjelang jam pulang kantor, kemungkinan disebabkan karena menatap layar monitor terlalu lama. Hal ini bisa memicu mata kering, buram, merah, serta iritasi. Sehingga pusing pun melanda. 

BACA JUGA: Tips dan Trik Terhindar dari Flu Selama Musim Hujan, Kamu Harus Tahu Gaes!

Untuk menghindari hal ini, coba segarkan mata dengan melihat keluar jendela sejenak sebelum kembali bekerja lagi.

Nah, itu dia tips dan trik duduk anti pegal selama bekerja gaes. Selamat mencoba~ (Olivia Victoria Simanjuntak)




Tips Duduk Anti PegalTrik Duduk Anti Pegal Selama BekerjaCara Duduk Anti PegalDuduk Anti Pegal Selama BekerjaAtasi Duduk Anti PegalTips dan Trik

Share to: