Simak Nih 5 Fakta dan Mitos Sains Populer Versi Fajrul Falah TikTok, Jangan Sampai Salah

Simak Nih 5 Fakta dan Mitos Sains Populer Versi Fajrul Falah TikTok, Jangan Sampai Salah

Simak Nih 5 Fakta dan Mitos Sains Populer Versi Fajrul Falah TikTok, Jangan Sampai Salah

5 Fakta dan Mitos Sains Populer versi Fajrul Falah TikTok (Foto: Tiktok.com/@fajrulfx)


Yuk simak sejumlah mitos dan fakta seputar dunia sains yang populer di kalangan masyarakat versi Fajrul Falah TikTok berikut ini. Jangan sampai salah ya gaes!

Buat kamu yang belum tahu, Fajrul Falah merupakan seorang TikToker asal Semarang, Jawa Tengah yang aktif membuat konten edukatif. Salah satu konten yang menjadi ciri khasnya adalah konten seputar dunia fisika. 

Beberapa konten fisika yang diunggahnya misalnya saja, teori-teori fisika, tips belajar fisika, fakta-fakta menarik tentang fisika, dan masih banyak lagi. 

Baca Juga: 8 Video Impersonate Kartun versi TikToker Cacil Billyeonnie, Mirip Banget Gaes!

Alumnus Universitas Diponegoro Semarang ini bakal menjawab rasa penasaran kamu dan meluruskan hoaks dan rumor salah yang dipercaya banyak orang.

Jangan sampai salah, yuk simak 5 mitos dan fakta seputar dunia sains yang populer di kalangan masyarakat versi Fajrul Falah TikTok berikut ini

1. Mitos Segitiga Bermuda 

Siapa nih yang sering mendengar bahwa Segitiga Bermuda adalah lokasi yang super aneh hingga disebut-sebut sebagai markas alien.

kamu pasti pernah dengar bahwa, Segitiga Bermuda memakan banyak korban kecelakaan pesawat karena adanya gaya tarikan atau medan magnet terhadap semua benda yang melintas diatasnya.

Ternyata hal tersebut hanya mitos gaes!

Fajrul Falah mengatakan bahwa Segitiga Bermuda ini adalah tempat yang biasa-biasa aja lho. 

Gak hanya itu, tenrnyata ada banyak orang yang tinggal disana gaes!

Mereka juga melakukan penerbangan secara rutin dan melintasi Segitiga Bermuda setiap hari. Ada juga kapal pesiar yang melintas di daerah sana.

Jadi, tingkat kecelakaan dan kasus pesawat hilang di Segitiga Bermuda ini masih di angka normal dengan negara-negara lainnya.

2. Gak Ada Lagi Misi Astronot ke Bulan

Kalian pasti kenal dong dengan Neil Armstrong, seorang astronaut pertama di dunia yang melakukan misi ke bulan pada tahun 1969 silam.

Nah, kebenaran tentang mendaratnya Neil Armstrong di bulan ini masih jadi perdebatan hingga saat ini. Namun salah satu hal yang banyak dipertanyakan adalah, kenapa nampaknya gak ada lagi misi pergi ke bulan padahal jaman sudah semakin cangih?

Nah, Fajrul Falah mengatakan bahwa Misi Apollo mengirim manusia ke bulan sebanyak 6 kali sejak tahun 1969 sampai 1972. Faktanya, misi ke bulan tuh ternyata masih terus dilakukan lho gaes.

Namun, kali ini mereka merencanakan untuk mendaratkan robot.

Kenapa menggunakan robot? Fajrul Falah mengatakan bahwa alasan utamanya adalah jauh lebih murah. Gak hanya itu, robot bisa dikendalikan dan melakukan apapun daripada manusia.

3. Sihir Fisika? 

Salah satu penemuan fake yang beredar adalah menempatkan 4 buah baterai untuk menciptakan koin berputar dengan aliran magnet.

Baca Juga: Kenalin Fajrul Falah, TikToker Fisikawan yang Kontennya Bikin Kamu Pinter

Fajrul Falah mengatakan dengan tegas bahwa ini jelas hoaks ya gaes! 4 buah baterai yang disatukan dengan garpu aluminium ini gak bisa menghasilkan medan magnet.

Video ini adalah editan yang sudah di reverse atau diputar secara terbalik gaes.

4. Astronot Gak Mau Disumpah Pernah Pergi ke Bulan

Kenapa astronot gak mau di sumpah kalau mereka pernah pergi ke bulan? Apakah pendaratannya itu fake?

Nah, kembali tentang hal-hal sains yang masih diperdebatkan hingga saat ini. Fajrul Falah menjelaskan kenapa astronot gak mau di sumpah.

Menurutnya, astronot ini adalah agnostik gaes. Mereka gak beragama. Jadi meminta mereka untuk bersumpah di atas kitab suci rasanya aneh ya gaes?

Kedua, sumpah gak menjamin apapun untuk beberapa orang. Kalaupun mereka bersumpah, yang percaya tetap percaya dan yang gak percaya tetap gak percaya kan?

"Lagian misi ke bulan itu ngga bisa dinilai serta-merta dari mau sumpah atau engga," tulisnya.

5. Dekat dengan Matahari, Tapi Luar Angkasa Lebih Gelap?

Kamu pasti pernah dong kepikiran hal yang seperti ini. Melihat gambar-gambar luar angkasa nampak hitam dan gelap. 

Padahal, kalau kita melihat langit siang hari sangat cerah dan terang. apalagi ada matahari.

Ternyata, di angkasa gak ada tempat untuk cahaya memantul gaes. Sedangkan kita bisa melihat sesuatu itu karena adanya cahaya yang memantul dari sebuah benda dan datang ke mata kita.

Nah, kalau di luar angkasa, cahaya matahari harus memantul kemana ya?

Baca Juga: 10 Musisi Indonesia Terkeren versi Spotify 2020, Idola Kamu Masuk Gak?

Nah, itu dia 5 mitos dan fakta seputar dunia sains yang populer di kalangan masyarakat versi Fajrul Falah TikTok. Jangan sampai ketinggalan info terbaru tentang artis dan idola kamu hanya di KUYOU.id dan Instagram @kuyou_id ya!




mitos dan faktaMitos Sains PopulerFajrul FalahTikTok Fajrul FalahSeleb tikTok

Share to: