Apa Arti Syekh dan Gimana Syarat Mendapatkan Gelar Syekh? Cek Disini Gaes

Apa Arti Syekh dan Gimana Syarat Mendapatkan Gelar Syekh? Cek Disini Gaes

Foto
Foto Syekh Ali Jaber, Salah satu ulama dengan gelar Syekh (Foto: Instagram)

Penasaran nggak sih gaes apa arti Syekh dan gimana syarat mendapatkan gelar Syekh

Syekh atau Shaikh, Sheik, Shaykh, atau Sheikh merupakan istilah dari bahasa Arab yang berarti kepala suku, pemimpin, tetua, atau ahli agama Islam. 

BACA JUGA: Fakta Menarik Umi Nadia, Istri Syekh Ali Jaber yang Bikin Penasaran

Ternyata gelar Syekh punya makna berbeda di berbagai negara gaes. Gelar Syekh ini digunakan di Indonesia untuk orang-orang yang ahli agama, mubaligh keturunan Arab, para ulama besar yang menyebarkan ajaran Islam berdasarkan Ahlus Sunnah Wal Jamaah maupun yang menyebarkan paham bersifat Tasawuf.

Sementara itu, di Teluk Persia, gelar ini digunakan untuk para pemimpin masyarakat, misalnya pejabat tinggi, pemilik peruahaan, atau pemimpin lokal. Di Afrika sendiri gelar Syekh digunakan oleh sebagian penguasa muslim di keluarga Kerajaan Ethiopia, para penguasa Bela Sangul, dan para bangsawan muslim suku-suku Wollo, Tigray, dan Eritrea. 

Simak lebih lanjut apa arti Syekh dan gimana syarat mendapatkan gelar Syekh berikut ini. 

Syarat Mendapatkan Gelar Syekh

Gelar Syekh tak bisa begitu saja diberikan seperti ijazah. Ada begitu banyak hal yang biasanya sudah dikuaisai oleh orang-orang dengan gelar tersebut. Misalnya saja menguasai kibat-kitab seperti Shahih Bukhari, Shahih Muslim, Sunan Abu Dawud, Turmudzi Nasa'i, Ibnu Majah. 

Gelar Syekh sering juga digunakan untuk para ahli agama islam dari berbagai bidang. Seperti pemberi fatwa, para ahli fikih, dan para ahli hadis. Di Indonesia sendiri gelar Syekh digunakan para ahli islam keturunan Arab yang konsisten berdakwah. Gelar ini juga dianggap memiliki maqam tinggi gaes. 

BACA JUGA: Inna Lilahi Wa Inna Illaihi Rojiun, Ini Fakta-fakta Meninggal Syekh Ali Jaber

Ada juga yang berpendapat bahwa gelar syekh ini diberikan kepada orang yang menguasai 12 cabang ilmu, memahaminya, dan mengaplikasikannya. 

Tokoh yang mendapat gelar Syekh

Di Indonesia ada beberapa tokoh agama yang mendapat gelar Syekh. Diantaranya adalah Syekh Abdul Qadir Jaelani, Syekh Datuk Kahfi, Syekh Siti Jenar, Syekh Yusuf Tajul Khalwati, Syekh Ali Jaber, dan masih banyak lagi. 

BACA JUGA: Fakta Menarik Fahad Ali Jaber, Putra Syekh Ali Jaber yang Curi Perhatian Netizen

Itulah arti Syekh dan bagaimana cara mendapatkannya. Kamu sudah tahu kan apa itu syekh dan beberapa makna di berbagai negara. 




Arti SyekhSyarat mendapat gelar Syekhapa itu SyekhGelar SyekhApa Arti SyekhSyekhSyekh Ali Jaber

Share to: