Fakta dan Profil Ustadz Sofyan Chalid, Pemuka Agama yang Sebut Haram Wisata ke Candi Borobudur

Fakta dan Profil Ustadz Sofyan Chalid, Pemuka Agama yang Sebut Haram Wisata ke Candi Borobudur

Foto

Biodata dan profil Ustadz Sofyan Chalid yang Sebut Candi Borobudur Haram (Foto: YouTube/Sofyan Chalid bin Idham Ruray)


Baru-baru ini netizen dihebohkan dengan perkataan seorang pemuka agama bernama Ustadz Sofyan Chalid yang menyebut bahwa berwisata ke Candi Borobudur adalah perbuatan Haram. Berikut sosok profil dan biodata lengkapnya gaes!

Sofyan Chalid merupakan seorang Ustadz asal Manado, Sulawesi Utara yang saat ini berusia 40 tahun. Pria bernama asli Sofyan Chalid bin Idham Ruray ini diketahui lahir pada 28 September 1980.

Sosoknya tengah viral karena menyebut bahwa haram jika seorang muslim berwisata ke Candi Borobudur. Bukan yang pertama, hal ini sudah pernah diutarakannya melalui sebuah video di kanal YouTube pada tahun 2018 silam.

Baca Juga: 3 Alasan Manager Holywings Kemang Jadi Ditetapkan Sebagai Tersangka, Abaikan Tiga Kali Teguran Gaes!

Lantas siapa Ustadz Sofyan Chalid? Simak fakta profil dan biodata lengkapnya berdasarkan penelusuran KUYOU.id berikut ini.

Ustadz Sofyan Chalid Merupakan Kelahiran Manado Tahun 1980

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Ustadz Sofyan Chalid merupakan seorang pemuka agama yang lahir di Manado, Sulawesi Utara pada 28 September 1980.

Saat ini, Sofyan Chalid diketahui berusia 40 tahun gaes.

Pendidikan Ustadz Sofyan Chalid 

Dilansir dari berbagai sumber, Ustadz Sofyan Chalid menempuh pendidikan SD hingga SMA di Manado. Pada tahun 1998 dia menyelesaikan pendidikan dari SMU Muhammadiyyah 1 Manado.

Tahun 2004, dia melanjutkan pendidikannya di Program I’dad Lughawi dan Takmili Makassar. Dia juga pernah menjadi santri di Pondok Pesantren Al-Madrasah As-Salafiyyah Depok.

Baca Juga: Bocorkan Nominal Gaji Sebagai DPR, Krisdayanti Dipanggil PDIP

Setelahnya, Ustadz Sofyan Chalid menempuh pendidikan di Mulazamah Masyaikh di Masjid Nabawi Madinah, KSA pada tahun 2009 dan Mulazamah Masyaikh di Masjid Al-Muqbil dan Jaami’ Buraydah Al-Qosim, KSA tahun 2010.

Seorang Pengajar

Ustadz Sofyan Chalid diketahui aktif sebagai seorang pengajar dan juga membuat karya tulis.

Beberapa artikel dan buku dibuatnya seperti Salafi, Antara Tuduhan dan Kenyataan  hingga Karena Wanita Harus Dinasihati.

Ustadz Sofyan Chalid Pernah Viral Sebut Penyanyi Adalah Pekerjaan Rendahan

Bukan hanya tentang Candi Borobudur, Ustadz Sofyan Chalid juga pernah viral dan bikin heboh karena menyebut profesi penyanyi sebagai rendahan.

Pria yang aktif berdakwah di sekitar Jakarta ini mengatakan bahwa para penyanyi dihukum pada zaman Nabi Muhammad. 

"Dulu para penyanyi dimasa sahabat dihukum dan yang menyanyi dimasa sahabat dulu begitu pula masa Tabi'in dan Tabi'ut tabi'in yang menyanyi adalah budak," katanya.

Awal Mula Ustadz Sofyan Chalid Sebut Haram Wisata ke Candi Borobudur

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Ustadz Sofyan Chalid sudah pernah membahas tentang wisata Candi Borobudur yang dikatakan Haram olehnya sejak 3 September 2018.

Namun pada 11 September 2021 kemarin, topik ini kembali diangkatnya dan membuat netizen heboh.

Baca Juga: Update Terbaru Dokter di Semarang Campurkan Sperma ke Makanan Teman Istrinya, Mengaku Senang dan Puas

Baginya, berwisata ke Candi Borobudur  sama halnya dengan menyetujui ibadah yang dilakukan penganut agama lain.

"Apa hukumnya berwisata ke tempat ibadah orang kafir contohnya Candi Borobudur? Hukumnya haram," katanya.

"Karena itu termasuk persetujuan terhadap peribadahan mereka makanya kita tidak boleh duduk-duduk bersama orang yang menghina agama. Allah mengatakan kalau kamu duduk bersama mereka kamu seperti mereka."

Video tersebut viral hingga ke Twitter dan menuai pro dan kontra dari netizen.

Nah, itu dia fakta profil dan biodata lengkap Ustadz Sofyan Chalid yang sebut wisata ke Candi Borobudur haram. bagaimana menurut kamu?




Ustadz Sofyan ChalidProfil Ustadz Sofyan ChalidAsal Ustadz Sofyan ChalidUmur Ustadz Sofyan ChalidSosok Ustadz Sofyan ChalidPengajar Ustadz Sofyan ChalidBuku Ustadz Sofyan ChalidVideo Ustadz Sofyan ChalidCeramah Ustadz Sofyan ChalidBiodata Ustadz Sofyan ChalidCandi BorobudurCandi Borobudur HaramWisata Candi Borobudur Haram

Share to: