Menguak Keamanan Menggunakan Aplikasi Viral FaceApp, Yakin Data Kamu Gak Diambil?

Menguak Keamanan Menggunakan Aplikasi Viral FaceApp, Yakin Data Kamu Gak Diambil?

Menguak Keamanan Menggunakan Aplikasi Viral FaceApp, Yakin Data Kamu Gak Diambil?

Aplikasi Viral FaceApp informasi keamanan data (foto: App Store)


Belakangan ini aplikasi FaceApp viral banget digunakan banyak orang terutama di TikTok. kira-kira aplikasi ini aman gak ya gaes?

Sebenarnya, pembahasan tentang aman atau tidaknya aplikasi ini sudah lama menjadi perbincangan. Pasalnya, FaceApp bukan pertama kalinya menggemparkan sosial media.

Hanya saja, kali ini aplikasi tersebut kembali digunakan banyak orang terutama pengguna TikTok.

Apa itu aplikasi FaceApp?

FaceApp adalah sebuah aplikasi yang sudah ada sejak tahun 2017 gaes. Aplikasi ini memungkinkan pengguna mengedit foto agar terlihat lebih tua, lebih muda, seperti wanita, pria hingga dihadirkan dengan filter-filter lucu.

Baca Juga: Tips dan Trik Ampuh Hilangin Medok ala TikToker Ihwan Zaid Nih, Dijamin Ampuh Gaes

Nah, aplikasi ini banyak banget digunakan oleh sejumlah orang hingga para bintang papan atas untuk sekedar iseng-iseng saja. bukan hanya di Indonesia, aplikasi ini juga populer di seluruh dunia lho!

Meskipun aplikasinya tidak baru, tahun 2019 silam bahkan muncul tren FaceApp challenge yang diikuti oleh sejumlah artis dunia. 

Kenapa aplikasi FaceApp Meresahkan?

Ditahun yang sama pada saat FaceApp viral, pembahasan tentang masalah keamanan dan juga data pengguna banyak didiskusikan oleh para pengguna Twitter.

Baca Juga: Fakta Dibalik Viral TikTok Perempuan Berdaster Pamer Celana Dalam, Ternyata Bukan Cewek

Partai Demokrat, Senator AS Chuck Schumer dari New York mengatakan bahwa ada risiko keamanan dan privasi nasional. 

"Dimiliki oleh perusahaan yang berbasis di Rusia. Dan pengguna diharuskan untuk memberikan akses penuh yang tidak dapat dibatalkan ke foto & data pribadi mereka.”

Pembahasan ini pun ikut menjadi kekhawatiran di kalangan netizen Indonesia. Sayangnya, hal ini hilang begitu saja hingga kemudian FaceApp kembali viral di tahun 2021 karena TikTok.

Apakah aplikasi FaceApp Aman?

Ahli IT sekaligus dosen Ilmu Komputer Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Rosihan Ari Yuana menjelaskan bahwa aplikasi ini aman gaes. meski begitu, tetap saja ada beberapa data yang akan dibagikan kepada pihak ketiga.

Meskipun ada keributan, aplikasi ini tidak jauh berbeda dari banyak aplikasi populer lainnya lho. 

FaceApp juga telah menjelaskan penggunaan datanya, dan bagian perusahaan mana yang memiliki hubungan dengan Rusia, seperti dilansir TechCrunch. Teknisi Google telah memeriksa keamanan di aplikasi tersebut. 

Dan peneliti keamanan siber independen mengatakan kepada The New York Times bahwa kekhawatiran tentang FaceApp ini cukup berlebihan.

Baca Juga: Ini Aplikasi Ubah Wajah Perempuan yang Meresahkan, TikToker Ini Kayak Perempuan Asli Gaes

FaceApp menambahkan bahwa ia menghapus banyak foto dari servernya dalam waktu 48 jam dan banyak pengguna tidak masuk.

Kamu yang masih khawatir dengan FaceApp dapat melihat gambaran yang lebih besar dengan meninjau aplikasi apa yang ada di perangkatmu gaes. Kamu juga bisa mempelajari lebih lanjut tentang masalah privasi, dan menginstal Avast Mobile Security di smart phonemu.




FaceAppAplikasi FaceAppPalikasi pengubah wajahApakah FaceApp AmanKeamanan FaceAppData FaceApp

Share to: