Tips dan Trik Menghindari Mabuk Perjalanan saat Bepergian Jauh, Cek Disini Gaes!

Tips dan Trik Menghindari Mabuk Perjalanan saat Bepergian Jauh, Cek Disini Gaes!

Foto
Cara menghindari mabuk perjalanan saat bepergian, informasi tips dan trik di KUYOU.id (Sumber Foto: Pixabay)

Perjalanan jarak jauh emang terkadang suka melelahkan. Mungkin ada sebagian orang, saat bepergian jauh suka mabuk diperjalanan. Kondisi ini biasanya dialami saat berada dalam kendaraan pribadi seperti mobil, maupun kendaran umum seperti bus. Saat mabuk perjalanan pastinya akan merasa pusing, mual, dan bahkan muntah.

Mabuk perjalanan bisa disebabkan oleh kebingungan sensorik yaitu mata dan telinga bagian dalam mendapatkan sinyal yang bertentangan dengan gerakan yang terjadi di sekitar kita gaes.

BACA JUGA: Tips dan Trik Menjaga Kesehatan Paru-paru dengan Baik, Kamu Harus Tahu Gaes!

Nah, untuk menghindari mabuk perjalanan saat bepergian jauh ada beberapa tips dan triknya nih yang harus kamu tahu gaes. Apa itu? Yuk simak ulasannya berikut ini.  

Pilihlah Posisi Duduk yang Tepat

Salah satu hal paling penting yang harus kamu perhatikan saat akan melakukan perjalanan jauh dalam waktu yang cukup lama menggunakan mobil adalah posisi duduk kamu gaes. 

Karena dengan posisi duduk yang tepat perjalanan akan terasa nyaman walaupun menghabiskan waktu yang cukup lama. Kalau kamu naik kendaraan umum seperti bus atau kereta pilihlah tempat duduk di bagian depan gaes. Selain lebih luas, pandangan ke depan juga membantu kamu agar tidak mual.

Jangan Pergi dengan Perut Kosong 

Bepergian dengan perut kosong bisa membuat kamu lebih rentan terhadap mabuk perjalanan gaes. Karena perut yang kosong bisa membuat tubuh masuk angin sehingga akibatnya akan merasa mual selama perjalanan. Makanya, disarankan banget buat kamu makan sesuatu yang ringan 45 hingga 60 menit sebelum bepergian ya gaes.

BACA JUGA: Tips Tutorial Gaya Bercinta Women On Top versi Serunai Voice yang Viral, Lengkap Komentar Netizen

Pasalnya, jika kamu mengawali perjalanan dengan makan bisa membantu menenangkan perut dan membuat lebih kecil kemungkinan untuk muntah gaes.

Dapatkan Udara Segar

Mabuk perjalanan bisa membuat kamu merasa panas dan berkeringat gaes. Oleh karena itu, angin atau hembusan udara  bisa membantu kamu merasa lebih baik dan mengurangi mual yang dirasakan.

Istirahat dan Tidur Sejenak

Untuk menimalisir rasa pusing, mual dan mabuk dalam perjalanan, kamu bisa mengistirahatkan tubuh dan mata dengan tidur sejenak gaes. 

Hal ini dilakukan agar kamu bisa merasa lebih segar, sehingga siap kembali melanjutkan perjalanan sampai tiba di tempat tujuan dengan aman dan selamat. 

Makan Jahe atau Permen Jahe 

Mengkonsumsi permen jahe ternyata bisa mengurangi rasa mual lho gaes. Makan satu atau dua buah permen jahe satu jam sebelum keberangkatan juga bisa membantu terhindar dari mabuk perjalanan.

Ngemil Selama Perjalanan 

Kekurangan cairan atau dehidrasi merupakan asal muasal rasa mual. Usahakan agar banyak minum air supaya terhindar dari dehidrasi gaes. Selain itu, makan juga penting banget nih karena perut kosong memicu rasa mual timbul. Makanya, ngemil selama perjalan bisa mengurangi rasa mual kamu gaes. Tapi, jangan lupa untuk hindari makanan pedas, atau berlemak dan jangan sampai perut terlalu kenyang ya!

Gunakan Minyak Oles

Minyak oles atau yang dikenal sebagai minyak angin juga akan sangat membantu kamu untuk mengatasi mual saat perjalanan lho gaes. 

Dengan aromanya yang menyegarkan dan khasiatnya yang menghangatkan badan akan memberikan efek rileksasi dan menenangkan gaes.

Jangan Makan Terlalu Kenyang 

Perut kosong memang tidak disarankan saat akan melakukan perjalanan jauh, begitu juga dengan perut yang terlalu kenyang gaes.

BACA JUGA: Tips Cara Menggunakan Serum Wajah Agar Berfungsi dengan Baik, Kamu Harus Tahu Ini Gaes!

Kondisi perut yang terlalu kenyang justru lebih mudah membuat kamu mual dan rentan muntah. Sehingga kamu disarankan untuk mengisi perut dengan makanan yang ringan saja sebelum melakukan perjalanan ya gaes. 

Nah, itu dia tips dan trik menghindari mabuk perjalanan saat bepergian jauh gaes. Jangan sampai ketinggalan informasi tips dan trik lainnya hanya di KUYOU.id ya! (Olivia Victoria Simanjuntak)




Tips Menghindari Mabuk PerjalananTrik Menghindari Mabuk PerjalananCara Menghindari Mabuk PerjalananTips Cegah Mabuk saat Naik MobilTips Atasi Mabuk PerjalananTips dan Trik

Share to: