8 Tips Cara Memilih Buah Segar dengan Mudah Buat Kamu yang Masih Bingung Gaes

8 Tips Cara Memilih Buah Segar dengan Mudah Buat Kamu yang Masih Bingung Gaes

8 Tips Cara Memilih Buah Segar dengan Mudah Buat Kamu yang Masih Bingung Gaes

Tips memilih buah segar dengan mudah (Sumber Foto: Pixabay)


Buat kamu yang masih bingung saat memilih buah mana yang segar dan mana yang tidak, ada tipsnya nih yang kamu lakukan ketika memilihnya gaes.

Seperti yang kita tahu, buah mengandung banyak serat yang bisa mencegah timbulnya sembelit dan gangguan pencernaan pada lambung. Selain serat, buah juga mengandung berbagai vitamin dan air yang merupakan komponen penting dalam metabolisme tubuh gaes.

Buah juga dipercaya sebagai sumber antioksidan alami yang mampu menghancurkan radikal bebas penyebab timbulnya berbagai penyakit dan tanda-tanda penuaan dini lho. 

Untuk bisa memperoleh semua manfaat tersebut, kamu hanya perlu mengonsumsi buah segar dan belum busuk gaes. Tapi ternyata banyak orang yang masih bingung memilih mana buah yang segar dan mana yang sudah tidak segar gaes.

BACA JUGA: Cara Upload Foto Instagram Pakai iPhone X Lewat Laptop atau PC, Enggak Pake Ribet Gaes

Namun jangan khawatir, kali ini Tim KUYOU.id sudah merangkum beberapa tips cara memilih buah segar dengan mudah buat kamu yang masih bingung nih gaes. Penasaran apa tipsnya? Simak ulasannya berikut ini. 

1. Perhatikan Warna  Kulitnya

Setiap jenis buah, bahkan setiap varietasnya, mempunyai warna kulit khas. Umumnya buah yang mengalami proses pematangan akan berubah warna kulitnya dari hijau gelap menjadi kuning, merah, atau ungu. 

Nah untuk mendapatkan buah yang baik kamu harus memilih buah dengan warna kulit pada tingkat kematangan yang tepat ya gaes. 

2. Cek Ukurannya

Umumnya pada saat layak petik, buah mempunyai ukuran maksimum dengan bentuk yang khas juga gaes.

Kamu bisa melihatnya pada setumpukan buah yang tersedia, pasti buah tersebut memiliki berbagai jenis ukuran. Disitu akan ada buah dengan ukuran sedang gaes. Biasanya ukuran itulah yang tepat untuk buah segar yang akan kamu beli, jadi tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil gaes. 

3. Pastikan Bentuknya Baik

Selain ukuran, bentuk juga bisa dijadikan patokan untuk menentukan kesegaran buah lho gaes. Biasanya buah yang baik mempunyai bentuk sesuai dengan baku normalnya. 

Sedangkan buah cacat atau tidak normal akan mempunyai rasa yang kurang enak. Karena apabila buah itu cacat biasanya di pengaruhi oleh beberapa faktor. Misalnya nih terjangkit oleh hama atau terjatuh ketika proses panen gaes. 

4. Kandungan Vitamin

Buah-buahan merupakan sumber vitamin, terutama A dan C, serta sumber mineral yang baik gaes. Vitamin dan mineral yang terdapat dalam buah terbukti bisa membantu mangurangi peningkatan kolestrol dalam darah dan juga bisa mengurangi peningkatan gula darah gaes.

 

BACA JUGA: Wajib Tahu, Ini Tips Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Bahan Alami Gaes

Sebagai informasi aja nih, buah-buahan yang bewarna biasanya lebih banyak mengandung vitamin daripada yang tidak bewarna lho gaes. Tapi jika kamu mau memilih dan membelinya harus buah dengan warna alaminya ya, jangan sampai salah dan malah memilih buah yang diberi pewarna buatan gaes. 

5. Kekerasan Buah

Kekerasan buah bisa di rasakan lewat pijatan jari. Buah yang matang dan siap di konsumsi relative lebih lunak daripada buah yang masih mentah gaes. Buah yang segar juga mempunyai kekerasan merata. Contoh yang paling jelas adalah pada jeruk, jika kekerasannya tidak merata, maka sebagian dari daging buahnya akan berbeda rasanya gaes.

6. Kerapatan Duri dan Rambut

Buah yang berambut atau berduri biasanya sudah layak di petik untuk di konsumsi apabila rambut atau durinya sudah merenggang. 

Misalnya nih pada beberapa buah seperti nangka dan sirsak, durinya selain merenggang juga melunak gaes.

7. Kesegaran buah 

Buah yang baik terlihat segar, kulitnya berkilap, tidak keriput, dan tidak terdapat noda, baik noda bekas gigitan serangga maupun noda getah gaes.

8. Aroma buah 

Setiap buah biasanya memiliki aromanya masing-msing dan biasanya aroma buah yang segar akan berbau wangi dan menyegarkan. 

Dengan mengenali aroma buah juga bisa mengetahui kesegaran buah tersebut lho. Kalau aromanya sudah berubah dan menjadi kurang sedap, ada kemungkinan buah itu sudah tidak layak untuk dikonsumsi gaes.

BACA JUGA: Tips dan Trik Fitur WhatsApp yang Jarang Diketahui, Kamu Harus Coba Gaes!

Jadi, pastikan buah memiliki aroma yang segar sebelum kamu membelinya ya gaes. 

Nah , itu dia 8 tips cara memilh buah segar dengan mudah buat kamu yang masih bingung gaes. Jangan sampai ketinggalan info ternatu tentang tips lainnya hany di KUYOU.id ya! Semoga membantu~ (Olivia Victoria Simanjuntak)




Tips Memilih Buah SegarTips Memilih Buah yang BagusCara Pilih Buah SegarCara Mudah Memilih Buah SegarBuah Segar dan Bagus

Share to: