Daftar Lengkap Tokoh Pewayangan dengan Sifatnya, Paling Sakti dan Mengetahui Segalanya Gaes

Daftar Lengkap Tokoh Pewayangan dengan Sifatnya, Paling Sakti dan Mengetahui Segalanya Gaes

Foto

Daftar Lengkap Tokoh Pewayangan Lengkap Sifatnya dalam Kolase Foto (Foto: Instagram @ceritawayang)


Berikut daftar lengkap tokoh pewayangan beserta sifat dan wataknya. Kotak wayang kulit memiliki setidaknya 200 hingga 300 wayang yang terbagi atas karakter baik dan jahat gaes, bahkan beberapa diantara tokoh pewayangan memiliki sifat bijaksana hingga lucu lho.

Seperdi diketahui UNESCO telah menetapkan setiap tanggal 7 November sebagai Hari Wayang Nasional sebagai warisan mahakarya dunia yang tak ternilai dalam seni bertutur (Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity).  

Siapa aja sih tokoh pewayangan tersebut? dan bagaimana sifat tokoh pewayangan? Berikut rangkumannya gaes. 

1. Yudhistira

Tokoh wayang satu ini digambarkan sebagai sosok anak tertua Pandu Dewanata yang sabar, berhati suci, dan selalu menegakkan kebenaran. Dalam pewayangan Jawa, Yudhistira memiliki kesaktian batin salah satunya adalah menjinakkan hewan buas di hutan hanya dengan meraba kepala mereka. 

2. Bima

Bima dikisahkan sebagai putra kedua dari Prabu Pandu Dewanata, raja Astanipura dan Dewi Kunti. Ia dikisahkan sebagai seorang sosok gagah yang juga menjadi ksatria. 

Ia digambarkan dengan tubuh tinggi besar, berotot, dan atletis. Ia juga memiliki senjata berupa kapak besar bernama Bergawa dan Gada Rujakpolo. 

3. Arjuna

Nah kalau Arjuna merupakan putra ketiga Prabu Pandu Dewanata. Ia dikisahkan sebagai pria tampan dan memiliki ajian naracabala. 

Naracabala merupakan ajian yang bisa membuat anak panah yang ia lepaskan menjadi berlipat-lipat mengejar musuh. Ia memiliki dua panah yang dinamai Ardadedali dan Pasopati. 

4. Nakula dan Sadewa

Nakula dan Sadewa merupakan sosok kembar yang memiliki kepintaran dan ketampanan. Nakula merupakan titisan dari seorang dewa tabib bernama Batara Aswin. Sementara itu Sadewa memiliki kecerdasan dan kemampuan bicara yang mumpuni.

5. Kresna

Kresna merupakan titisan Batara Wisnu yang memiliki kesaktian dan kekuatan dewa. Salah satu kesaktiannya adalah bisa menjelma menjadi sosok raksasa besar, Brahalasewu. 

6. Gatotkaca

Gatotkaca merupakan putra dari Bima atau Werkudara. Ia memiliki kekuatan yang luar biasa. Misalnya saat perang Bharatayuda berlangsung, ada banyak sekutu Kurawa yang mati di tangannya. Ia juga dikenal dengan julukan Otot Kawat, Tulang Besi. 

7. Anoman

Anoman digambarkan memiliki wajah bak kera putih. Ia memiliki kekuatan dan kesaktian utnuk menentukan kematiannya. Ia juga mewarisi kekuatan berpindah tempat dengan cepat. Hal tersebut dinamakan Sepiangin.

Beikut daftar lengkap tokoh pewayangan lengkap dengan sifatnya gaes, termasuk kesaktian dan kemampuannya. Kira-kira mana nih tokoh pewayangan yang jadi favoritmu?




Tokoh WayangKekuatan Tokoh WayangWatak Tokoh WayangKemampuan Tokoh WayangBimaYudhistiraGatotkacaNakula dan SadewaArjunaKresnaAnomantokoh pewayangan dengan sifatnya

Share to: