8 Tips Liburan Hemat ke Luar Negeri dengan Budget Terbatas, Simak Gaes!

8 Tips Liburan Hemat ke Luar Negeri dengan Budget Terbatas, Simak Gaes!

8 Tips Liburan Hemat ke Luar Negeri dengan Budget Terbatas, Simak Gaes!

Cara liburan hemat ke luar negeri dengan budget terbatas (Sumber Foto: Pixabay)


Buat kamu yang mau liburan hemat ke luar negeri dengan budget terbatas, ada tipsnya nih yang bisa kamu lakukan agar liburan kamu tetap menyenangkan gaes.

Kondisi finansial kadang membuat rencana liburan sering kali tertunda. Makanya kita harus pintar mensiasati cara agar bisa mewujudkan liburan impian ke luar negeri gaes. 

Kekhawatiran yang selalu meliputi kalau mau liburan ke luar negeri adalah membutuh persiapan yang lebih matang dibanding dengan berlibur di negeri sendiri dan semua itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit gaes.

Maka dari itu, kalau kamu memiliki rencana perjalanan yang cukup matang harus dipastikan terlebih dahulu segala kebutuhannya gaes. Perencanaan awal ini juga akan memudahkan kamu untuk bisa menyusun rencana perjalanan dan juga kegiatan yang akan dilakukan selama berada di luar negeri gaes. 

BACA JUGA: 8 Tips Cara Menjadi Orang yang Sabar Dalam Menghadapi Masalah, Nomor 3 Penting Banget Gaes

Untuk itu kamu perlu benget nih tahu cara liburan hemat ke luar negeri dengan budget terbatas gaes. Apa saja itu? Simak ulasannya berikut ini. 

Kunjungi Negara Bebas Visa

Jika kamu ingin melakukan perjalanan liburan keluar negeri namun dengan uang yang terbatas, maka akan sangat tepat kalau kamu mempertimbangkan untuk mengunjungi berbagai negara yang sudah membebaskan visa bagi Warga Negara Indonesia (WNI) gaes.

Misalnya nih, kamu bisa pilih untuk liburan ke negara yang tergabung dalam ASEAN. Kamu bisa dengan leluasa berlibur di sana, mengingat negara-negara ASEAN sudah menerapkan sistem bebas visa ini untuk kunjungan WNI ke sana gaes.

Cari Tiket Promo

Beberapa maskapai penerbangan sangat gencar untuk melakukan kegiatan promosi, salah satunya dengan cara menebar tiket promo dengan harga yang sangat terjangkau gaes.

Tiket promo ini nggak cuma berlaku di dalam negeri tapi juga banyak diberikan untuk pilihan berbagai destinasi penerbangan luar negeri lho. Maka dari itu, kamu harus bisa manfaatkan hal ini dengan baik gaes. 

Pada umumnya, tiket promo akan dijual sejak jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan, sehingga kamu harus mempersiapkan jadwal dan juga dana untuk membeli tiket ini sejak awal.

Gunakan Transportasi Umum

Ketika kamu akan berjalan-jalan ke destinasi tujuan, bandingkan terlebih dahulu biaya transportasi umum dengan pribadi gaes. Mulai dari yang lebih hemat, lebih cepat sampai, serta tidak terkena macet.

Biasanya, selama berada di luar negeri, akan sangat hemat jika selalu menggunakan alat transportasi publik, seperti kereta, bus, dan lain sebagainya gaes.

Bepergian dengan menggunakan taksi selama berada di luar negeri, akan menguras uang yang cukup banyak dari kantong kamu. 

Jadi, upayakan untuk selalu bepergian dengan menggunakan alat transportasi publik saja selama berada di luar negeri ya gaes.

Tetapkan Budget

Sebelum berangkat ke negara tujuan, tetapkan dulu budget perhari yang akan kamu habiskan selama kamu berlibur di sana baik untuk makan, transportasi dan hal-hal kecil lainnya gaes.

Dengan menetapkan budget seperti itu kamu bisa memiliki gambaran kasar mengenai besar kecilnya pengeluaran selama liburan di luar negeri gaes. 

Hindari Menginap di Hostel Dekat Wisata

Kamu pastinya ingin tidur di hotel dengan pemandangan dan pelayanan terbaik saat liburan, namun selain tiket perjalanan, biaya penginapan juga menjadi salah satu komponen terbesar dalam pengeluaran liburan lho gaes.

Sewa hotel juga akan mengalami peningkatan yang tajam di musim liburan, jadi pertimbangkan juga untuk memesannya sejak jauh-jauh hari.

BACA JUGA: Kumpulan Video TikTok Tips dan Trik Make Up ala Alma Tando, dari Mulai Bikin Alis sampai Eye Make Up

Selain itu, hindari juga memilih hotel yang lokasinya berdekatan dengan kawasan wisata, sebab harganya akan jauh lebih mahal gaes. Kamu cukup temukan hotel yang murah dan memiliki standar kualitas yang layak.

Makan Kenyang Sebelum Berjelajah 

Kebanyakan orang Indonesia sangat bergantung pada nasi sebagai makanan utamanya. Bahkan akan selalu merasa lapar bila belum memakan nasi.

 

Padahal perlu diingat bahwa di luar negeri nasi bukanlah makanan pokok, jadi kamu bisa membeli roti tawar dan sup lalu makan di hotel agar kamu bisa lebih merasa kenyang dan tetap berhemat gaes.

Kunjungi Tempat Wisata Gratis

Saat berkunjung ke sebuah negara, kamu nggak harus selalu mengeluarkan uang untuk mengunjungi lokasi wisata terkenal gaes. Kamu bisa mengunjungi tempat wisata gratis yang ada di luar negeri.

Saat berkunjung ke beberapa wilayah di negara yang cukup luas, kamu juga akan membutuhkan biaya transportasi dan lainnya yang cukup besar. Maka dari itu, hindari untuk melakukan hal ini sebab akan mengeluarkan biaya yang cukup mahal untuk melakukannya.

Pilih Waktu yang Tepat 

Ketika akan travelling ke luar negeri memilih waktu yang tepat juga penting benget nih buat kamu pilih gaes. 

Sebab pemilihan waktu untuk liburan ini akan berkaitan langsung dengan jumlah biaya yang dibutuhkan untuk perjalanan nantinya. 

BACA JUGA: Tips dan Trik Menghemat uang tetap Awet Ala Gen Z, Simak Gaes

Maka, sangat disarankan untuk memilih melakukan perjalanan di low season, di mana harga tiket dan juga penginapan serta berbagai kebutuhan liburan lainnya sangat terjangkau.

Nah, itu dia 8 tips cara liburan hemat ke luar negeri dengan budget terbatas gaes. Jika kamu ingin tahu tentang informasi tips lainnya bisa langsung kunjungi KUYOU.id ya! (Olivia Victoria Simanjuntak)




tips liburan hemat ke luar negericara hemat liburan ke luar negeriliburan ke luar negeri dengan budget terbatasliburan hemat ke luar negeriliburan ke luar negeriliburan dengan budget terbatas

Share to: