Tips dan Trik Menghemat uang tetap Awet Ala Gen Z, Simak Gaes

Tips dan Trik Menghemat uang tetap Awet Ala Gen Z, Simak Gaes

Foto

Cara menghemat uang ala Gen Z, informasi tips dan trik di KUYOU.id (Sumber Foto: Pixabay)


Buat kamu yang bingung gimana cara menghemat uang tetap awet sampai akhir bulan, ada tips dan triknya nih ala Gen Z yang bisa kamu lakukan gaes. 

Gak bisa dipungkiri, kenaikan biaya hidup dan kebutuhan sehari-hari terutama fasilitas kesehatan, kini membuat banyak orang lebih sulit untuk menghemat dan menyimpan uang dengan baik gaes. 

Apalagi di zaman yang serba harus dibeli dan perlu mengeluarkan uang, rasanya berhemat untuk alasan menabung tampak sulit bagi banyak orang dan kaum muda yang kebutuhannya banyak.

Selain itu, pasti ada banyak orang yang bekerja ingin berhemat dan menabung uang untuk menunjang kebutuhannya sampai akhir bulan, tapi nggak tahu cara menghemat uang tersebut agar tetap awet. 

BACA JUGA: Wajib Tahu, Ini Tips Cara Membuat Power Point yang Menarik untuk Menunjang Presentasi Gaes

Nah, berikut ini rangkuman dari Tim KUYOU.id mengenai tips dan trik menghemat uang agar tetap awet ala Gen Z yang bisa kamu lakukan gaes. 

Siapkan Anggaran Keuangan

Penganggaran ternyata bisa sangat membantu lho. Dengan memprioritaskan pengeluaran, kamu akan menemukan keseimbangan antara pengeluaran dan tabungan gaes.

Kamu juga bisa memeriksa laporan kartu kredit, tagihan, dan tanda terima bank. Hal ini dilakukan untuk menghitung semua pengeluaran rutin yang kamu habiskan setiap bualnya. Dari situlah kamu bisa berhemat dengan hanya mengeluarkan uang sesuai kebutuhan tanpa berlebihan gaes.

Lacak Pengeluaran

Sadar nggak sadar, terkadang yang bikin uang cepat habis bukanlah pengeluaran besar yang kita bayar lho, melainkan pengeluaran-pengeluaran kecil yang kita gunakan untuk membeli barang yang tidak diperlukan gaes. Itulah mengapa penting banget untuk melacak pengeluaran sehari-hari, sehingga kamu tidak hidup di luar kemampuan.

Selain itu, kamu juga bisa membandingkannya dengan anggaran yang sudah kamu buat untuk melihat apakah kamu mematuhinya atau tidak gaes.

Lunasi kartu kredit Anda

Membayar kartu kredit secara penuh dan tepat waktu adalah cara terbaik untuk menghindari biaya bunga dan biaya keterlambatan pembayaran gaes.

Salah satu cara kreatif yang bisa kamu pakai untuk menghemat uang adalah dengan lebih jarang menggunakan kartu kredit gaes.

Buka Rekening Khusus untuk Tabungan 

Rekening khusus tabungan adalah suatu tempat di mana kamu bisa menyimpan sebagian penghasilan dengan jumlah yang tersisa setelah membayar kebutuhan pribadi dan pajak serta pengeluaran sehari-hari kamu gaes.

 

Kamu juga bisa menangkal godaan untuk membelanjakan uang pilihan ini dengan mengatur transfer otomatis dan terjadwal dari rekening utama (rekening transaksi) ke rekening tabungan kamu. Jadi nggak ada alasan lagi buat kamu untuk lupa menabung lagi gaes. Karena cara ini sangat disarankan agar penghasial tidak habis sia-sia untuk membeli barang yang nggak kamu butuhkan.

Kendalikan Hasrat untuk Berbelanja

Kartu kredit, ATM, dan belanja online semakin memudahkan pengeluaran uang. Terutama pada hal-hal yang kita inginkan daripada yang kita butuhkan gaes. 

BACA JUGA: Ini Cara Buat Anak Kost Hemat di Masa Pandemi COVID19, Simak Gaes

Jika kamu melihat sesuatu yang hanya kamu inginkan, cobalah tunggu setidaknya sehari sebelum kamu membelinya. 

Apabila kamu masih memikirkannya berarti kamu memang perlu untuk membelinya, begitu pula sebaliknya ya gaes! Sejauh mana kita menyerah pada godaan biasanya bermuara pada kemauan kita. 

Pengendalian diri adalah yang paling penting dalam cara menghemat uang. Jadi, usahakan untuk berpikir ulang ya saat kamu membeli barang-barang yang tidak terlalu kamu butuhkan.

Rencanakan Juga untuk Makanan 

Sadar gak sih kamu menghabiskan berapa banyak uang untuk makanan hanya karena sekedar menginginkannya bukan karena kamu membutuhkannya. 

Tanpa sadar kamu sering kali menghamburkan uang untuk makan ditempat-tempat mahal, yang sebenarnya kamu bisa saja makan di tempat yang lebih sesuai dengan keuangan gaes. 

Oleh karena itu, perencanaan makan adalah salah satu cara termudah untuk menghemat uang lho, sehingga kamu berbelanja sesuai dengan kebutuhan dan tidak perlu mengunjungi supermarket secara acak. 

Kunjungan ekstra ini yang sering kali membuat kamu menghabiskan lebih banyak uang dan bahkan membuang-buang makanan gaes.

Jangan Gila Promo

Siapa sih yang gak suka denger promo? Nah, buat kamu yang sangat mencintai promo harus mulai berhati-hati nih gaes. Karena saat membeli barang promo sering kali yang kamu beli bukanlah barang yang kamu butuhkan, kamu hanya membelinya agar tidak melewatkan promo yang di sediakan oleh penjual. 

Sebenarnya boleh-boleh saja untuk kamu membeli barang promo, tapi pastikan barang promo yang kamu beli itu akan berguna untuk kamu ya gaes!

Jangan Membeli Hanya karena Mengenal Penjualnya

Tidak jauh berbeda dengan membeli hanya karena promo, membeli hanya karena mengenal penjualnya juga bisa merugikan diri kamu sendiri lho gaes. Seseorang yang berulang kali membeli produk atau layanan harus tetap berhati-hati. Pasalnya, para vendor bisa saja memanfaatkan kesetiaan kamu atau lebih buruk lagi meremehkan dengan mengenakan harga yang tidak kompetitif gaes.

Jadi, jangan biarkan hubungan emosional kamu dengan vendor menghalangi, mulailah mencari kesepakatan yang lebih baik di tempat lain.

Rapihkan Tagihan yang Ada 

Hal ini memungkinkan kamu menghemat uang dari waktu ke waktu untuk membayar tagihan tertentu. 

Kamu bisa menjumlahkan total biaya tagihan besar dalam satu tahun. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui berapa banyak uang yang harus disisihkan untuk setiap pembayaran di awal.

BACA JUGA: 8 Bahan Ini Bisa Dijadikan Infused Water, Begini Caranya Gaes

Nah, itu dia beberapa tips dan trik menghemat uang agar tetap ada sampai akhir bulan ala Gen Z gaes. Kamu bisa memulai menjalankan tips dan trick menghemat uang super sederhana ini dari sekarang gaes.  (Olivia Victoria Simanjuntak)




Tips Menghemat Uang Tetap AwetTrik Menghemat UangCara Menghemat Uang Tetap AwetCara Menghemat Uang Ala Gen ZTips dan Trik Hemat UangHemat Uang Ala Gen ZTips dan Trik

Share to: