Wajib Tahu, Ini Tips Cara Membuat Power Point yang Menarik untuk Menunjang Presentasi Gaes

Wajib Tahu, Ini Tips Cara Membuat Power Point yang Menarik untuk Menunjang Presentasi Gaes

Wajib Tahu, Ini Tips Cara Membuat Power Point yang Menarik untuk Menunjang Presentasi Gaes

Cara membuat Power Point yang menarik untuk presentasi (Sumber Foto: Pixabay)


Buat kamu yang mau membuat Power Point menarik untuk menunjang presentasi, ada tips dan caranya nih yang bisa kamu lakukan gaes. 

Seperti yang diketahui, hampir semua orang yang sudah bekerja pasti akan berurusan dengan presentasi. Karena akan ada momen di mana seseorang itu harus membuat presentasi di depan audiens gaes. 

Maka dari itu penting banget nih untuk mengetahui cara membuat presentasi menarik dan efektif menggunakan Power Point gaes. 

Cara membuat presentasi yang baik menggunakan Power Point bisa dilakukan dengan menggabungkan teks dan gambar yang menarik. Selain itu, memperhatikan kenyamanan dan kemudahan audiens menjadi prioritas utama, sehingga presentasi bakal memiliki daya tariknya tersendiri gaes.

BACA JUGA: Begini Cara Daftar Apps CLUBHOUSE Audio Pakai Invitation, Bisa Bikin Kamu Pintar Gaes

Nah, kali ini Tim KUYOU.id sudah merangkum beberapa tips cara membuat Power Point menarik untuk menunjang presentasi gaes. Penasaran gimana caranya? Yuk simak ulasannya berikut ini. 

Coba Tampilan yang Berbeda 

Cara membuat presentasi yang baik menggunakan Power Point adalah membuat latar belakang slide tetap halus dan konsisten gaes. Hal ini dilakukan agar audiens lebih nyaman melihat presentasi kamu dengan tampilan yang berbeda. Namun jangan pilih yang terlalu mencolok agar tidak mengaburkan pesan presentasi ya!

Pilih template yang menarik, konsisten, atau tema yang tidak terlalu menarik perhatian gaes.

Pilih Font yang Mudah Dibaca

Kamu harus memilih font yang mudah dibaca oleh audiens gaes. Memilih gaya font yang tepat, seperti Helvetica atau Arial akan membantu menyampaikan pesan yang kamu bawakan dalam presentasi.

Selain itu, hindari font yang rapat, seperti Arial menyempit, dan menghindari font yang menyertakan tepian mewah seperti Kali. Kamu juga harus memperhatikan apakah font yang dipilih bisa dibaca dari jarak yang jauh atau tidak.

Tambahkan Animasi dan Transisi

Membuat Power Point yang menarik juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan fitur animasi gaes. Tentu hal ini perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan audiens. Misalnya nih kamu bisa menambahkan animasi untuk menekankan suatu poin khusus kepada penonton gaes.

BACA JUGA: Tutorial Menggunakan Apps CLUBHOUSE Audio, Bakal Lampaui TikTok?

Gak cuma itu, kamu juga bisa menambahkan transisi kalau memang diperlukan. Sama halnya dengan animasi, kamu bisa menggunakan fitur ini kalau diperlukan untuk menekankan sebuah poin atau ingin memunculkan sebuah fakta menarik gaes.

Masukan Gambar

Kebanyakan pengguna Power Point memasukkan gambar atau chart dengan ukuran yang terlalu besar atau kecil. Masalah ini akan membuat Power Point kamu tidak menarik gaes. 

Untuk mengatasi masalah tersebut, pilih gambar atau chart yang ingin kamu masukkan. Satu slide biasanya bisa memuat hingga 4 gambar atau chart. Setelah dimasukkan, coba presentasikan gambar atau chart tersebut di depan audiens.

Buat Kata Kunci 

Cara membuat presentasi yang baik selanjutnya adalah membuat poin dan kalimat singkat saja serta cobalah untuk mempertahankan masing-masing satu baris, yang artinya tanpa menggunakan kalimat teks panjang gaes.

Kalimat yang panjang tentunya bisa mengganggu konsentrasi audiens dari mendengarkan kamu karena membaca kalimat di slide presentasi.

Buat dengan Simple 

Untuk konten di dalamnya, batasi penggunaan bullet points dan teks. Hindari adanya paragraf panjang dan gambar, data, serta chart yang tidak mendukung gaes.

Sedangkan untuk desain, pilihlah yang tidak terlalu mencolok gaes. Soal font, pilihlah yang mengedepankan profesionalitas, seperti Helvetica atau Arial.

Jangan Gunakan Animasi Kartun 

Animasi bergerak memang di butuhkan untuk presentasi apalagi jika itu berhubungan dengan tema presentasi Sobat. Tapi, jangan pernah sekali-kali menggunakan Animasi Burung Bernyanyi atau Animasi Doraemon melambaikan tangan gaes. Karena ini akan membuat presentasi Sobat terlihat tidak profesional dan terkesan bermain-main di mata audiens gaes.

Maksimalkan Slide Pertama 

Untuk Slide pembuka atau pertama disarankan buatlah semenarik mungkin. Karena slide pembuka akan memancing minat audiens untuk menonton presentasi kamu gaes.

 

BACA JUGA: Ini Tips dan Trik Membaca Google Maps untuk Mempermudah Perjalanan Gaes

Pasalnya, perhatian audiens akan langsung tersita jika slide pembuka dibuat semenarik mungkin. Tapi ingat jangan terlalu berlebihan ya gaes!

Nah, itu dia tips cara membuat Power Point yang menarik untuk menunjang presentasi kamu. Semoga bermanfaat~ (Olivia Victoria Simanjuntak)




Cara Membuat Power PointCara Membuat Power Point MenarikTips Membuat Presentasi MenarikTips Membuat PresentasiCara Membuat Presentasi Power Point

Share to: