Ini Tips dan Trik Membaca Google Maps untuk Mempermudah Perjalanan Gaes

Ini Tips dan Trik Membaca Google Maps untuk Mempermudah Perjalanan Gaes

Ini Tips dan Trik Membaca Google Maps untuk Mempermudah Perjalanan Gaes

Cara membaca Google Maps untuk mepermudah perjalanan, informasi tips dan trik di KUYOU.id (Sumber Foto: Pixabay)


Buat kamu yang masih bingung untuk membaca atau menggunakan Google Maps, ada tips dan triknya nih yang bisa dilakukan agar bisa mempermudah perjalanan gaes.

Dengan teknologi yang semakin canggih, hanya melalui smartphone android sebagian besar orang sudah bisa melihat peta suatu tempat hanya menggunakan aplikasi gaes.

Salah satu aplikasi peta yang saat ini banyak digunakan adalah Google Maps gaes. Google Maps kini menjadi aplikasi peta andalan banyak orang sebagai alat petunjuk jalan untuk pergi ke tempat tujuan.

Aplikasi ini sendiri mampu mencarikan rute perjalanan terbaik bagi penggunanya sesuai dengan jenis kendaraan yang digunakannya gaes.

Namun, ternyata banyak juga orang yang kurang paham dan mengerti sehingga kesulitan dalam membaca peta Google Maps, alhasil malah membuatnya tersesat gaes. 

BACA JUGA: Tips dan Trik Pakai Make Up Buat Kamu yang Berkacamata, Dijamin Bikin Menarik Gaes

Nah, kali ini Tim KUYOU.id sudah merangkum tips dan trik membaca Google Maps untuk mempermudah perjalanan nih gaes. Apa itu? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Aktifkan Mode Suara

Selain panduan berupa arah panah yang bisa dibaca dan dilihat di peta Google Maps, kamu juga bisa mengaktifkan mode panduan suara agar bisa mendapat instruksi robot melalui suara gaes. 

Fitur ini bisa membuat seseorang semakin mudah menuju titik lokasi yang dituju. Buat kamu yang kesulitan membaca peta Google Maps, cobalah untuk mengunakan fitur ini gaes. 

Pasalnya, panduan suara dari Google Maps akan menunjukkan berapa jarak menuju belokan nama jalan yang akan dilalui dan kemana arah kamu akan berbelok gaes.

Gunakan Rute Jalan Raya 

Biasanya kondisi jalan raya akan lebih mudah untuk dilalui meski sedikit agak padat. Rute jalan raya juga akan membuat seseorang lebih mudah dalam membaca peta Google Maps agar tidak tersesat gaes. Pada Google Maps, jalan raya ditandai dengan denah jalan yang lebih lebar daripada jalan lain.

Pilih Jalur Sesuai Kendaraan 

Kamu juga harus memilih jalur atau rute jalan yang tepat, sesuai dengan jenis kendaraan yang akan digunakan gaes. 

Saat menggunakan mobil, motor, sepeda ataupun jalan kaki Google Maps akan memberikan arah jalan yang berbeda, karena menyesuaikan rute tercepat yang akan dilewati gaes.

Agar perjalanan sesuai dengan harapan, sebaiknya sesuaikan rute dengan jenis kendaraan yang digunakan ya gaes.

Aktifkan Kompas

Tips dan trik berikutnya adalah mengaktifkan kompas gaes. Cara yang satu ini juga nggak boleh terlewatkan, Karena untuk memudahkan membaca peta Google Maps adalah dengan mengaktifkan sensor kompas pada ponsel lalu di sinkronisasi dengan aplikasi tersebut.

BACA JUGA: Fakta Profil Diana Ela Sari, Mahasiswi Cantik Penjual Es Kelapa Muda asal Samarinda Gaes

Sensor kompas ini akan memudahkan mengetahui posisi seseorang menghadap, apakah ke utara, timur, selatan atau barat gaes. Karena tidak semua ponsel android memiliki fitur sensor kompas gaes.

Pilih Jenis Peta yang Mudah 

Aplikasi Google Maps memiliki beberapa jenis peta yang tersedia seperti mode default, satelit dan medan gaes. 

Mode default menunjukkan peta denah jalan, mode satelit menunjukkan peta bumi nyata, sedangkan mode medan menunjukkan peta denah dengan kondisi geografis. 

Disini kamu juga bisa memilih detail peta seperti trasportasi umum, lalu lintas, bersepeda ataupun street view. Cara memakai fitur ini cukup mudah dengan tap atau klik ikon layer pada pojok kanan atas peta gaes.

Ikuti Panduan Aplikasi 

Agar tidak nyasar dan sampai pada tujuan, sebaiknya terus ikuti instruksi panduan arah pada kotak hijau dibagian atas aplikasi gaes. 

Disini kamu akan mendapatkan instruksi apakah harus belok kiri atau kanan, nama jalan yang akan lewati dan juga jarak dari arah kamu berjalan hingga sampai ke belokan gaes.

Perhatikan Jarak saat Belok

Pada aplikasi peta Google Maps orang yang menggunakannya akan selalu mendapatkan pemberitahuan mengenai jarak dari titik berada menuju belokan selanjutnya gaes. 

Membaca peta Google Maps saat berkendara akan lebih mudah jika kamu selalu memperhatikan jarak sebelum belok. 

Pasalnya, berbelok secara mendadak bisa meningkatkan resiko terjadinya kecelakaan karena pengendara yang berada di belakang kita kaget gaes.

Jangan Salah Membaca

Hal yang juga perlu diperhatikan dalam membaca peta Google Maps secara baik dan benar adalah dengan melakukan perjalanan seusai dengan panduan baik itu rute peta maupun instruksi suara dari aplikasi gaes.

BACA JUGA: Ini Tips dan Trik Jadi Vlogger Pemula Bermodalkan Smartphone Gaes

Maka dari itu, ikuti saja kemana arah garis biru tersebut. Jika mengikuti panduan dengan baik dan benar, maka kamu akan tiba di tempat tujuan dengan tepat.

Nah, itu dia gaes tips dan trik membaca Google Maps untuk mempermudah perjalanan gaes. Jangan sampai ketinggalan informasi terbaru tentang tips dan trik Lainnya hanya di KUYOU.id ya! (Olivia Victoria Simanjuntak)




Tips Membaca Google MapsTrik Membaca Google MapsCara Menggunakan Google MapsPenggunaan Google MapsAplikasi Google MapsPeta Google MapsGoogle MapsTips dan Trik

Share to: