Ini Tips dan Trik Jadi Vlogger Pemula Bermodalkan Smartphone Gaes

Ini Tips dan Trik Jadi Vlogger Pemula Bermodalkan Smartphone Gaes

Ini Tips dan Trik Jadi Vlogger Pemula Bermodalkan Smartphone Gaes

Cara menjadi vlogger pemula bermodalkan smartphone, informasi tips dan trik di KUYOU.id (Sumber Foto: Pixabay)


Buat kamu pemula yang mau jadi vlogger hanya bermodal smartphone tapi belum tahu cara untuk memulainya, ada tips dan triknya nih yang bisa kamu lakukan gaes! 

Setiap orang pasti punya alasan yang berbeda untuk memulai membuat vlog. Mungkin sebagian orang hanya ingin sekadar berbagi kegiatan, namun ada juga yang serius menggarapnya dengan harapan bisa menghasilkan uang lewat hasil karyanya gaes. 

Bagi pemula, membuat video yang keren sepertinya proses yang rumit dan mahal, padahal sebenarnya tidak seperti itu gaes. 

Kamu bisa dengan mudah membuat video berkualitas profesional ala YouTubers atau Influencer dengan biaya murah. Caranya dengan memanfaatkan smartphone dan alat-alat yang ada di sekitar kamu aja gaes.

BACA JUGA: Fakta Menarik Urrofi, TikToker Tutorial Edit Video yang Ringkas dan Cepat

Nah, berikut Tim KUYOU.id sudah merangkumkan tips dan trik jadi vlogger pemula bermodalkan smartphone yang bisa kamu lakukan gaes.

Siapkan Konsep 

Sebelum memproduksi konten, pastikan kamu tahu fokus apa yang ingin dicapai dari vlog. Tujuan ini nantinya akan memudahkan kamu untuk menyusun strategi secara keseluruhan yang akan dicapai gaes.

Pikirkan cara menyajikan topik relevan lewat format video, dengan penjelasan rinci. Dengan begitu, konten yang diproduksi jadi lebih bermakna dan layak ditonton. Ingat ya gaes, jauhi cerita yang menyinggung SARA!

Gunakan Tripod

Untuk kamu yang suka buat vlog atau video-video menggunakan ponsel, disarankan benget nih buat kamu untuk wajib memiliki tripod gaes. 

Karena dengan menggunakan tripod, video kamu tidak akan bergoyang sehingga hasilnya lebih stabil dan bagus sekaligus sangat menunjang hasil akhir karya nantinya gaes. 

Ambil Gambar Horizontal 

Video yang diambil dengan mode landscape terutama di YouTube selalu menarik untuk ditonton. Rasanya kita tidak pernah melihat film yang bukan dalam bentuk horinzontal, karena akan terkesan aneh ya gaes. 

BACA JUGA: Fakta Viral Pacaran Toxic Netizen Msepthyara dan Ali Albasyah, Edelenyi-Gaga Part II

Untuk itulah agar video lebih keren, usahakan untuk ambil dalam bentuk layar landscape sehingga lebih indah dan menarik untuk para penonton melihatnya gaes.

Jangan Gunakan Zoom

Menggunakan fitur zoom akan membuat video tampak buram dan tentunya kualitasnya juga jelek sehingga hasilnya pun nggak maksimal nantinya gaes. 

Ketimbang menggunakan zoom, lebih baik mendekatkan smartphone dengan objek yang akan diambil gambarnya.

Gunakan Pencahayaan Alami 

Lampu tangan atau lampu untuk membaca sangat tidak ideal untuk menghasilkan cahaya yang hangat dan merata gaes. 

Pasalnya, pencahayaan yang buruk bisa membuat kamu terlihat pucat dan sakit atau menampilkan bayangan aneh di wajah. Maka dari itu, ambil lah video di dekat jendela atau pintu kaca dan gunakan cahaya alami yang manis dan bagus.

Buat Editan Sebaik Mungkin

Jika kamu mengedit menggunakan laptop, disarankan untuk gunakan aplikasi Screenflow sebagai cara yang terjangkau untuk memfilmkan dan mengedit konten gaes.

Disamping itu, Camtasia juga bisa menjadi alternatif yang hebat lho. Pasalnya, Camtasia adalah aplikasi yang paling gampang digunakan dan bahkan bisa digunakan untuk screen capture dengan hasil yang memuaskan gaes. 

Jadilah Diri Sendiri 

Dalam membuat vlog, kamu disarankan untuk bisa menjadi diri sendiri gaes. Agar vlog yang kamu buat lebih menarik dan tidak terlihat kaku. 

Kamu bisa gunakan topik-topik yang sesuai dengan kehidupan, namun pastinya juga yang sesuai dengan hal-hal yang sedang diperbincangkan ya gaes. 

Buatlah Judul yang Menarik 

Judul juga salah satu hal terpenting yang perlu kamu perhatikan lho gaes. Pasalnya, judul vlog akan sangat berpengaruh pada penonton. 

BACA JUGA: Wajib Tahu, Ini Tips Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Bahan Alami Gaes

Jika judul yang kamu buat cukup menarik pastinya akan banyak orang yang ingin tahu. Sebaliknya jika judul yang dibuat nggak menarik maka tidak banyak orang yang penasaran untuk menontonnya gaes. 

Nah, itu dia gaes tips dan trik menjadi vlogger pemula bermodalkan smartphone yang bisa kamu lakukan gaes. Jangan sampai ketinggalan informasi terbaru tentang tips dan trik lainnya hanya di KUYOU.id ya! (Olivia Victoria Simanjuntak)




Tips Jadi Vlogger PemulaTrik Jadi Vlogger Bermodal SmartphoneCara Menjadi Vlogger PemudaTips Jadi YouTubersTips dan Trik Bikin KontenTips dan Trik

Share to: