Wajib Tahu, Ini 8 Cara Pertolongan Pertama yang Bisa Dilakukan saat Alergi Gaes

Wajib Tahu, Ini 8 Cara Pertolongan Pertama yang Bisa Dilakukan saat Alergi Gaes

Foto

Pertolongan pertama saat terkena alergi (Sumber Foto: Pixabay)


Mungkin sebagian orang ada yang belum tahu cara apa yang harus dilakuakan saat terkena alergi. Maka dari itu, buat kamu yang nggak tahu caranya bisa melakukan beberapa pertolongan pertama di bawah ini gaes.   

Alergi merupakan reaksi tubuh yang berlebihan terhadap zat-zat tertentu. Penyebab alergi sendiri sangat beragam, bisa dari makanan, serangga, obat-obatan, bahan kimia, serbuk sari bunga, dan lain sebagainya gaes. Berbagai penyebab ini biasanya disebut dengan alergen.

Selain itu, gejala alergi bisa meliputi bersin, batuk, hidung tersumbat, pilek, serta rasa gatal di mata, hidung, mulut, dan juga tenggorokan gaes.

Oleh sebab itu, alergi pun bisa mengganggu tidur, menurunkan produktivitas, dan terkadang menyebabkan infeksi sinus lho.

BACA JUGA: 8 Tips Cara Memulai Bisnis di Masa Pandemi COVID19, Kamu Wajib Tahu Gaes

Daripada penasaran, berikut ini rangkuman dari Tim KUYOU.id mengenai 8 cara pertolongan pertama yang bisa dilakukan saat terkena alergi gaes.

1. Menjaga Sirkulasi Udara di Rumah 

Jagalah kebersihan udara di rumah kamu dengan sebaik mungkin agar terbebas dari alergen gaes. Jangan lupa juga untuk membuka sepatu dan mengganti pakaian setelah masuk ke dalam ruangan.

Kemudian, bersihkan debu dengan kain lembap, lalu gunakan penyedot debu dengan filter udara yang baik setiap hari. Setelah itu, mandilah sebelum tidur untuk membilas serbuk sari yang terkumpul di kulit dan rambut selama beraktivitas gaes.

2. Melakukan Cuci Hidung dengan Larutan Garam 

Mencuci hidung dengan larutan garam merupakan cara yang efisien serta ekonomis untuk mengurangi hidung tersumbat gaes. 

Dengan mencuci hidung, lendir dan alergen bisa dibasuh secara langsung. Selain itu, mencuci hidung juga efektif dalam mengurangi penggunaan obat-obatan seperti anti alergi sekaligus mencegah kekambuhan lho.

3. Mengonsumsi Madu 

Makan madu yang diproduksi secara alami akan sangat membantu untuk mengatasi alergi jika kamu sedang mengalaminya gaes. 

Kamu bisa menurunkan reaksi alergi dari waktu ke waktu di daerah alergi kamu. Madu juga memiliki rasa yang enak dan disukai banyak orang. Sehingga banyak orang yang sering menjadikan madu sebagai obat alami gaes. 

4. Dengan Es Batu 

Walaupun terlihat sepele pada sebagian orang, namun, es batu merupakan obat alergi alami lho. Sifat dingin pada es batu bisa membantu mengatasi kulit yang terasa gatal gaes.

BACA JUGA: 8 Cara alami Merawat Kesehatan Gigi Agar Selalu Putih, Simak Gaes

Caranya, kamu hanya perlu mengoleskan es baru pada kulit yang gatal secara berulang-ulang sampai gatalnya hilang.

5. Mengoleskan Lidah Buaya 

Tanaman dengan banyak khasiat ini juga bisa kamu gunakan untuk mengobati alergi kamu loh. Lidah buaya memiliki sifat yang bisa mengatasi kulit yang kemerahan dan menghilangkan rasa gatal gaes.

Caranya gampang banget, kamu tinggal oleskan gel lidah buaya secara langsung pada kulit yang mengalami alergi.

6. Baluri dengan Soda Kue 

Ternyata gaes, soda kue yang biasanya digunakan untuk membuat kue, juga bisa digunakan sebagai obat alergi lho. Soda kue bisa mengatasi ketidakseimbangan pH kulit dan berfungsi sebagai antiinflamasi untuk mengatasi alergi kulit gaes.

Caranya kamu cukup mencampurkan soda kue dengan air panas, aduk hingga berbentuk pasta. Lalu, balurkan ke kulit yang mengalami alergi, diamkan selama 10 menit. Lalu bilas dengan air dingin.

7. Modifikasi Diet 

Jika kamu alergi terhadap makanan atau hal tertentu, gejalanya mungkin akan memburuk setelah mengonsumsi produk yang mengandung protein serupa gaes.

Jika makanan tertentu memicu reaksi, hindari memakannya dalam keadaan mentah ya. Cara terbaik adalah dengan merebusnya, karena suhu panas atau tinggi bisa memecah protein pemicu alergi.

8. Menggunakan Minyak Kayu Putih 

Minyak kayu putih juga ternyata ampuh mengobati alergi pada kulit dan sebagai agen antimikroba lho gaes. Caranya, cukup mencampurkan miyak kayu putih dengan air dan balurkan ke bagian yang alergi gaes.

Selain itu, minyak kayu putih juga bersifat menghangatkan kulit yang bisa memberi rasa hangat setelah menggunakannya. Selain itu, aroma yang dikeluarkan juga akan membuat kamu lebih tenang gaes. 

BACA JUGA: Apa Sih OnlyFans? Simak Penjelasan dan Cara Daftarnya Disini Gaes

Nah, itu dia 8 cara pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan saat terkena alergi gaes. Semoga membantu~ (Olivia Victoria Simanjuntak)




cara pertolongan pertama saat alergipertolongan pertama saat alergicara obati alergipenyebab alergigejala alergicara sembuhkan alergialergi

Share to: