8 Tips Cara Memulai Bisnis di Masa Pandemi COVID19, Kamu Wajib Tahu Gaes

8 Tips Cara Memulai Bisnis di Masa Pandemi COVID19, Kamu Wajib Tahu Gaes

8 Tips Cara Memulai Bisnis di Masa Pandemi COVID19, Kamu Wajib Tahu Gaes

Cara memulai bisnis di masa pandemi (Sumber Foto: Pixabay)


Buat kamu yang mau berbisnis di masa pandemi COVID19 tapi nggak tahu cara untuk memulainya, ada tipsnya nih yang bisa kamu lakukan gaes. 

Dalam keadaan seperti pandemi COVID19 saat ini beberapa jenis bisnis malah justru  berkembang pesat. Pasalnya, kondisi ini menimbulkan perubahan pada kebiasaan, adaptasi dan gaya hidup baru yang diakibatakn pandemi sehingga banyak pula peluang baru yang muncul gaes. 

Kebiasaan baru online shopping dan kegiatan lainnya yang bisa dilakukan di rumah secara online bisa menjadi landasan untuk menciptakan ide bisnis baru yang menguntungkan untuk dijalankan saat ini lho.

BACA JUGA: Wajib Tahu, Ini Tips Cara Membuat Power Point yang Menarik untuk Menunjang Presentasi Gaes

Buat kamu ingin memulai bisnis tapi nggak tahu harus mulai dari mana? Jangan khawatir gaes, kali ini Tim  KUYOU.id sudah merangkum 8 tips cara memulai bisnis saat pandemi yang cocok banget buat kamu yanng punya ketekunan dalam bekerja keras. Penasaran apa itu? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Pastikan Keuangan

Hal utama dan terutama yang harus kamu lakukan sebelum memulai bisnis adalah memeriksa kondisi finansial kamu gaes. Karena untuk memulai bisnis tentu perlu modal bukan? 

Kalau yang ingin kamu jual adalah produk, berarti kamu harus memiliki modal untuk membeli produk tersebut kemudian menyimpannya dan juga harus siap jika penjualan kamu berlangsung lama.

Selain itu, tentu saja kamu juga harus mengeluarkan sejumlah uang untuk memasarkan bisnis kamu gaes. Oleh karena itu, pastikan kondisi finansial kamu siap untuk memulai bisnis gaes, sebelum kamu gegabah dan malah menyusahkan orang lain. 

2. Pahami Kebutuhan Pasar

Mungkin kamu sudah memiliki bisnis impian atau bahkan memiliki banyak ide untuk memulai bisnis baru.

Tapi kamu juga harus membuka mata gaes, karena bisnis akan berjalan lancar jika yang kamu sediakan adalah apa yang benar-benar diinginkan dan dibutuhkan oleh banyak orang. 

Ingat ya, jangan memaksakan untuk memulai bisnis dengan apa yang kamu inginkan saja, tapi usahakan untuk memulai bisnis yang sesuai dengan target pasar kamu gaes. 

3. Rencanakan Bisnis yang Akan Dimulai

Sebelum kamu mulai mengeluarkan modal untuk bisnis, kamu juga harus membuat perencanaan yang baik sampai sempurna untuk memulai bisnis tersebut gaes. 

Pastikan kamu sudah memiliki supplier yang tepat dan bisa menyediakan barang sesuai dengan kebutuhan kamu dengan mutu yang terbaik dan mungkin harga yang miring. 

4. Temukan Pelanggan

Tentukan dahulu target pasar yang kamu harapkan dan kepada siapa kamu akan menjual produk tersebut. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa pemasaran yang kamu lakukan tepat sasaran gaes. 

Langkah ini penting banget untuk dilakukan agar meningkatkan penjualan sekaligus mengukur tingkat keberhasilan bisnis gaes.

5. Buat Branding

Membuat branding bagi bisnis memang merupakan hal yang mutlak dilakukan, karena bisa membuat si pembeli mudah mencari produk kamu gaes. 

BACA JUGA: Tips dan Trik Bikin Hampers Anti Ribet Buat Kamu yang Bingung Pilih Hadiah Nih

Branding yang kamu lakukan akan semakin baik jika kualitas barang yang dijual juga cukup baik gaes. Sehingga branding dengan nama dan kualitas yang baik tersebut mudah diingat. 

6. Siapkan Promosi yang Menarik 

Sebagai langkah awal dalam promosi maka kamu bisa membuat promosi yang menarik dengan memberikan semacam souvenir cantik bagi pembeli yang membeli dengan nominal tertentu. 

Tuliskan deskripsi bisnis maupun tiap produk agar calon pembeli kamu tahu apa yang akan mereka beli dengan sebaik-baiknya.

7. Berikan Potongan Harga 

Memberikan harga promo atau potingan harga dalam bentuk lainnya akan sangat menarik peminat para custumer untuk mengunjungi toko lho gaes.

Sebaiknya kamu membuat jadwal promo yang tetap, yang nantinya akan membuat para customer nantikannya. 

Dengan memberikan diskon rutin bulanan atau menjual pakaian cuci gudang juga merupakan cara ampuh untuk menarik minat pembeli lho.

8. Ramah Pada Custumer

Kualitas layanan pelanggan sangat berpengaruh terhadap kelancaran bisnis gaes. Jika terdapat dua bisnis yang sama persis, bisnis dengan pelayanan customer yang baik yang akan bertahan. 

Kalau kamu bisa memberikan pelayanan yang baik, maka customer pun tidak akan ragu merekomendasikan bisnis kamu ke orang-orang terdekat atau di sekitarnya gaes.

BACA JUGA: Tips dan Trik Menghemat uang tetap Awet Ala Gen Z, Simak Gaes

Sehingga sangat penting buat kamu untuk memperhatikan pelayanan yang akan diperoleh para custumer gaes. 

Nah, itu dia 8 tips cara memulai bisnis saat pandemi yang wajib kamu tahu gaes. Selamat mencoba~ (Olivia Victoria Simanjuntak)




tips memulai bisnis saat pandemicara berbisnis di masa pandemitips memulai bisnis barucara memulai bisnis barumemulai bisnis di masa pandemipandemi covid19bisnis baru

Share to: