8 Cara Sederhana Makan Sedikit Tapi Kenyang, Cocok Buat yang Diet Nih

8 Cara Sederhana Makan Sedikit Tapi Kenyang, Cocok Buat yang Diet Nih

8 Cara Sederhana Makan Sedikit Tapi Kenyang, Cocok Buat yang Diet Nih

Cara sederhana makan lebih sedikit tapi tetap merasa kenyang (Sumber Foto: Pixabay)


Buat kamu yang mau diet tapi suka makan banyak, ada beberapa cara nih yang bisa kamu lakukan agar makanan yang kamu konsumsi merasa kenyang di perut walaupun sedikit gaes. 

Pasalnya, mengurangi porsi makan sangat efektif buat kamu yang hobi banget makan tapi gak mau gemuk gaes. Selain itu, kamu juga bisa memenuhinya dengan banyak meminum air putih secara rutin. Tapi, ada juga lho cara sederhana lainnya yang bisa kamu lakukan untuk tetap merasa kenyang walaupun mengonsumsi makan sedikit gaes. 

BACA JUGA: Wajib Tahu, Ini 8 Cara Pertolongan Pertama yang Bisa Dilakukan saat Alergi Gaes

Penasaran gimana caranya? Yuk simak 8 cara sederhana makan sedikit tapi tetap merasa kenyang berikut ini. 

1. Membahagiakan Diri Sendiri

Untuk menjaga berat badan yang sehat, lakukan sesuatu untuk membuat kamu merasa bahagia dan bisa tersenyum setiap saat gaes.

 

Hormon Bahagia akan bisa mengurangi nafsu makan dan tingkat yang lebih tinggi membuat kamu cenderung membakar lemak gaes. 

2. Gunakan Piring Khusus 

Pasti ada diantara kamu yang ingin memakan berbagai jenis makanan tapi sulit untuk membatasi jumlahnya. Maka dari itu, kamu bisa menggunakan piring khusus dimana kamu membagi-bagi bagiannya sesuai yang kamu inginkan gaes. 

Misalnya nih, sepertiga dari piring kamu harus diisi dengan sayur, bagian pring lainnnya bisa diisi dengan karbohidrat dan protein yang kamu inginkan. 

3. Ganti Makanan Penutup 

Buat kamu penikmat manis atau penggila makanan penutup, kamu bisa tetap menyantap makanan penutup favorit kamu dengan porsi yang lebih sedikit dan melengkapinya dengan minum air putih atau jus buah gaes. 

Dengan demikian kamu akan tetap merasa kenyang, walau hanya mencicipi sedikit makanan penutup tersebut. 

4. Bangun Lebih Pagi 

Saat kamu bangun lebih awal pastinya harimu akan lebih panjang dan menyenangkan gaes. Kamu juga bisa makan dengan lebih teratur. 

Misalnya nih, dipagi hari kamu akan lebih mencari makanan yang lebih ringan tapi tetap mengenyangkan seperti buah atau sereal. 

BACA JUGA: 8 Tips Cara Memulai Bisnis di Masa Pandemi COVID19, Kamu Wajib Tahu Gaes

Sedangkan bagi kamu yang bangun lebih siang pasti akan langsung menyantap makanan berkarbohidrat. Sehingga pola makan akan kurang teratur. 

5. Makan Alpukat

Buah alpukat menjadi buah yang cukup nikmat untuk disantap sekaligus memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh gaes. Buah ini sering dinikmati oleh banyak orang karena lemaknya yang menyehatkan jantung, tapi ternyata juga kaya akan serat gaes. 

Setengah dari alpukat mengandung sekitar 7 gram nutrisi pengisi usus hanya dengan 161 kalori yang akan bisa membuat kamu merasa kenyang setelah memakannya gaes.

6. Makan Bersama Pria 

Kebanyakan wanita akan mengonsumsi lebih sedikit makanan ketika mereka makan bersama pasangan daripada saat mereka makan bersama teman-teman mereka gaes. Namun, wanita akan makan lebih teratur saat bersama pria.

Para wanita juga biasanya lebih memperhatikan jumlah kalori pada makanan yang dimakannya. 

7. Pilihlah Makanan yang Sehat 

Makan yang sehat cendrung akan membuat kita lebih cepat kenyang daripada makanan yang kita inginkan gaes. Contohnya nih kita suka makan ice cream padahal setelah makan ice cream kita akan tetap merasa lapar dan mencari makanan lain.

Sedangkan saat kita makan ubi rebus dalam jumlah sedikit pun kita akan mudah kenyang gaes, karena ubi rebus juga bisa kita jadikan makanan utama. 

8. Siapkan Jam Makan 

Kamu akan bisa mengatur porsi dan jumlah makanan jika kamu makan tepat waktu gaes. Karena kalau kamu makan terlalu cepat justru kamu akan menyisakan banyak makanan dan membiarkannya sia-sia.

Sedangkan sebaliknya, saat kamu makan terlambat mungkin saja kamu akan makan dalam porsi berlebihan karena kamu sedang mersa kelaparan. Jadi, sangat penting buat kamu untuk menyiapkan jam makan dan mengikutinya agar kamu bisa makan dalam jumlah yang tepat agar merasa kenyang walaupun makan dengan jumlah porsi sedikit gaes. 

BACA JUGA: Tutorial Cara Beli Tiket KOMEDI MAXIMAL Keanu Agl, Fadil Jaidi dan Dafa Arafah, Cek Disini

Nah, itu dia beberapa cara sederhana untuk makan lebih sedikit tapi tetap merasa kenyang dan cocok banget buat kamu yang sedang melakukan program diet gaes. Selamat mencoba~ (Olivia Victoria Simanjuntak)




Cara Sederhana Makan Sedikit Tapi KenyangCara Sederhana Makan Lebih SedikitCara Mengurangi Porsi MakanCara Diet SehatCara Makan Sedikit Tapi KenyangCara Diet

Share to: