Ini Alasan Dewa Kipas Diblokir Dari Chess.com, Gara-gara Curang?

Ini Alasan Dewa Kipas Diblokir Dari Chess.com, Gara-gara Curang?

Ini Alasan Dewa Kipas Diblokir Dari Chess.com, Gara-gara Curang?

Alasan Dewa Kipas Diblokir Dari Chess.com Gara-gara Curang (Foto Twitter: Chess.com)


Kalian masih ingat kan dengan pemain catur asal Indonesia, Dewa Kipas yang akunnya diblokir dari Chess.com setelah mengalahkan GothamChess.

Ternyata baru-baru ini terungkap lho alasan kenapa Chess.com sampai memblokir akun milik pria bernama asli Dadang Subur itu.

Menurut pihak chess.com akun Dadang Subur alias Dewa Kipas diblokir karena melakukan kecurangan gaes.

BACA JUGA: Fakta-fakta Pemain Catur Indonesia Kalahkan Gotham Chess, Akunya Diblokir Gaes!

Sebelumnya diketahui kalau akun Dewa Kipas diblokir dari chess.com setelah menang melawan GothamChess pada 2 Maret 2021 lalu.

Pihak chess.com yakin Dewa Kipas melakukan kecurangan

Pihak chess.com diketahui memblokir akun Dewa Kipas setelah menang saat melawan GothamChess  dalam pertandingan online yang disiarkan di platform Twitch.

Alasan pihaknya memblokir akun Dewa Kipas adalah karena Dadang Subur diyakini melakukan kecurangan dalam pertandingan.

“Algoritma dan tim ahli kami meninjau lusinan game dan ratusan gerakan untuk menentukan temuan kami, dan tidak ada apa pun tentang penutupan yang dibuat dengan tergesa-gesa atau tanpa melalui proses peninjauan standar, teruji, dan sangat menyeluruh kami,” kata Director of Fair Play Chess.com, Sean Arn.

Diketahui Dadang Subur berhasil menang dengan 35 langkah dalam waktu 10 menit dengan akurasi bidak caturnya yang mencapai 90 persen dan hanya satu kali blunder.

Meski sempat terjadi perselisihan antara Dewa Kipas dan GothamChess, karena pertengkaran fans mereka masing-masing, namun keduanya sudah sepakat berdamai.

Tanggapan Percasi

Diblokirnya akun Dewa Kipas dengan alasan kecurangan ini pun membuat Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) angkat suara.

Mereka berharap agar masyarakat bisa menyikapi isu ini dengan baik karena pihak Chess.com tak asal memblokir pemainnya jika tak ada sebab.

BACA JUGA: Biografi dan Profil Dadang Subur aka Dewa Kipas, Pria 60 Tahun Asal Bandung yang Kalahkan Gotham Chess Viral

“Tingkat akurasi algoritma Chess.com untuk menentukan seseorang di ban mencapai 95 persen. 95 persen yg di ban benar-benar karena terjadi pelanggaran,” papar Irene Kharisma, atlet catur Indonesia.




Dewa KipasDadang SuburGothamChessAlasan Dewa Kipas DiblokirDewa Kipas Diblokir Chess.comDewa Kipas Diyakini Curang

Share to: