Ketentuan Mahar dalam Islam untuk Pernikahan, Milenial yang Mau Nikah Cek Nih

Ketentuan Mahar dalam Islam untuk Pernikahan, Milenial yang Mau Nikah Cek Nih

Ketentuan Mahar dalam Islam untuk Pernikahan, Milenial yang Mau Nikah Cek Nih

Kolase Foto Maskawin atau Mahar Pernikahan (Foto: dok. Istimewa)


Untuk melakukan pernikahan dalam Islam, mahar justru menjadi hal yang penting dan tidak bisa diremehkan karena ada ketentuannya lho. Apakah itu? Berikut rangkuman dari Tim KUYOU.id khusus untuk milenial yang ingin nikah. 

Kaum milenial sendiri di tahun 2021 ini justru banyak banget yang melakukan sebuah pernikahan gaes. Mereka memberikan sebuah mahar yang beragam macam dimana hal tersebut harus sesuai dengan syarat yang telah diajukan. 

BACA JUGA: Ini Asal Kekayaan Maharani Kemala, Crazy Rich asal Bali Owner Urban Company dan MS Glow Gaes

Mahar sendiri memang menjadi hal yang selalu ada dalam semua pernikahan, tidak hanya di Islam, namun seluruh agama pun juga menjadikan hal tersebut sebagai sebuah syarat untuk menyempurnakan ibadah dan sahnya suatu perkawinan. 

Ternyata gaes, dalam agama Islam ini justru mahar ini ada takaran dan ketentuannya ketika dilakukan dalma pernikahan. Bagi kamu kaum milenial yang akan menikah, langsung cek dibawah ini gaes. 

Ketentuan mahar dalam Islam untuk pernikahan

Mahar sebuah hal wajib yang diberikan oleh pihak laki-laki untuk mempelai wanita gaes. Dalam Al-Quran surat An-Nisa ayat 4 juga telah dijelaskan bahwa maskawin memang menjadi ketentuan untuk menikah. 

BACA JUGA: Biodata Lengkap Agama Kadek Maharani Kemala, Umur dan Fakta Unik, Crazy Rich asal Bali Gaes

Nah, gaes buat kamu yang akan menikah dan bingung kira-kira mahar apa yang harusnya diberikan? Ternyata dalam Islam sendiri mengatakan maskawin tersebut justru sederhana dan sesuai dengan kesanggupan saja. Hal ini diutarakan oleh Rasulullah dalam suatu hadits. 

"Wanita yang paling besar berkahnya ialah wanita yang paling mudah (murah) maharnya." (H.R. Ahmad, Al-Hakim dan Al-Baihaqi).

Walaupun begitu laki-laki tidak boleh meremehkan dan seenaknya memberikan mahar ya. Karena mahar ini berfungsi menjadi pembeda antara pernikahan dengan mukhadanah gaes. 

Bahkan mahar juga diartikan sebagai sebuah tanda keseriusan kepada wanita dari laki-laki agar bisa bertanggung jawab dan juga memberikan sebuah perlindungan terhadap perempuan gaes. 

BACA JUGA:  Jadikan Ular Mahar Nikah, Ini 8 Fakta Tiara Puspita dan Sigit Agus, Pengantin Asal Bogor yang Viral Gaes

Jadi buat kamu yang ingin melakukan sebuah pernikahan, ada baiknya mahar yang diberikan tidak harus mahal dan mewah. Namun sederhana dan sesuai kemampuan masing-masing, yang penting serius dan siap untuk menikah. 




mahar pernikahanpernikahanmahar pernikahan dalam Islamislammilenialmahar pernikahan milenial

Share to: