Allahumma Firlahu, Doa untuk Orang yang Sudah Meninggal: Orang Tua, Laki-laki dan Perempuan

Allahumma Firlahu, Doa untuk Orang yang Sudah Meninggal: Orang Tua, Laki-laki dan Perempuan

Allahumma Firlahu, Doa untuk Orang yang Sudah Meninggal: Orang Tua, Laki-laki dan Perempuan

Kolase Foto Orang ber-doa untuk Orang yang Sudah Meninggal: Orang Tua, Laki-laki dan Perempuan


Simak nih bacaan Allahumma Firlahu, doa untuk orang yang sudang meninggal, bisa orang tua, laki-laki maupun perempuan. 

Ketika mendengar kabar meninggalnya seseorang, biasanya umat muslim mengucapkan Inna lillahi wa inna ilaihi raajiuun yang berarti sesungguhnya kita adalah milik Allah dan semuanya akan kembali pada Allah SWT. 

Selain itu, kita juga dianjurkan untuk membaca doa untuk orang yang sudah meninggal. Doa ini dilafalkan agar orang yang meninggal tersebut diringankan segala urusannya setelah wafat dan diampunkan dosanya oleh Allah SWT. 

Sabda Rasullah SAW dalam sebuah hadis Riwayat Ad Dailami yang berbunyi seperti berikut ini. 

"Seorang mayat dalam kuburnya seperti orang tenggelam yang sedang meminta pertolongan. Dia menanti-nanti doa ayah, ibu, anak, dan kawan yang terpercaya. Apabila doa itu sampai kepadanya, itu lebih ia sukai daripada dunia berikut segala isinya. 

"Dan sesungguhnya Allah menyampaikan doa penghuni dunia untuk ahli kubur sebesar gunung. Adapun hadiah orang-orang yang hidup kepada orang-orang mati malah memeohon istighfar kepada Allah untuk mereka dan bersedekahlah atas nama mereka."

Langsung saja simak doa untuk orang yang sudah meningga, baik orang tua, laki-laki maupun perempuan berikut ini. 

Doa untuk orang yang sudah meninggal

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ اْلأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَعَذَابِ النَّارِ

“Allahummaghfirlahu warhamhu wa ‘aafihi wa’fu ‘anhu wa akrim nuzulahu, wa wassi’ madkholahu, waghsilhu bil maa-i wats tsalji wal barod wa naqqihi minal khothoyaa kamaa naqqoitats tsaubal abyadho minad danaas, wa abdilhu daaron khoirom min daarihi, wa ahlan khoirom min ahlihi, wa zawjan khoirom min zawjihi, wa adkhilkul jannata, wa a’idzhu min ‘adzabil qobri wa ‘adzabin naar.”

Artinya: Ya Allah, ampunilah ia, kasihilah ia, berilah ia kekuatan, maafkanlah ia, dan tempatkanlah di tempat yang mulia, luaskan kuburannya, mandikan ia dengan air salju dan air es. Bersihkan ia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju putih dari kotoran, berilah ganti rumah yang lebih baik dari rumahnya, berilah ganti keluarga yang lebih baik daripada keluarganya, istri yang lebih baik daripada istrinya, dan masukkan ia ke surga, jagalah ia dari siksa kubur dan neraka.

Sementara itu, jika orang yang kamu doakan adalah perempuan, bacaan doa tersebut tetap sama, namun kamu hanya perlu mengganti lafal 'Hu' dengan 'Ha'.

Doa untuk orang tua yang sudah meninggal

Untuk mendoakan orang tua yang sudah meninggal, kamu bisa membaca doa berikut ini gaes. 

رَبَّنَا آتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً، وَفِى الْآخِرَةِ حَسَنَةً، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ، سًبْحَانَ رَبَّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ، وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ، وَصَلَّى اللهُ علَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنَ. اَلْفَاتِحَةْ …

Rabbanā ātina fid duniā hasanah, wa fil ākhirati hasanah, wa qinā ‘adzāban nār. Subhāna rabbika rabbil ‘izzati ‘an mā yashifūna, wa salāmun ‘alal mursalīna, wa shallallāhu ‘alā sayyidinā Muhammadin, wa ‘alā ālihī, wa shahbihī, wa sallama, wal hamdulillāhi rabbil ‘alamīn. Al-Fatihah.

Artinya: “Tuhan kami, berikanlah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat. Lindungi kami dari siksa api neraka. Maha suci Tuhanmu, Tuhan pemilik kemuliaan, dari segala yang mereka gambarkan. Semoga kesejahteraan melimpah untuk para rasul. Semoga Allah melimpahkan shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan sahabatnya. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam. (baca Surat Al-Fatihah).

Nah itulah beberapa doa yang dilafalkan untuk mendoakan orang yang sudah meninggal, baik laki-laki dan perempuan, hingga orang tua. 




bacaan Allahumma FirlahuDoa Allahumma FirlahuArti doa Allahumma FirlahuLafal doa Allahumma FirlahuDoa untuk orang meninggaldoa untuk orang tua

Share to: