Daftar Teror Bom Terbesar Pernah Gemparkan Indonesia, Ada yang Tewaskan 202 Orang Gaes

Daftar Teror Bom Terbesar Pernah Gemparkan Indonesia, Ada yang Tewaskan 202 Orang Gaes

Daftar Teror Bom Terbesar Pernah Gemparkan Indonesia, Ada yang Tewaskan 202 Orang Gaes

Daftar aksi teror bom terbesar yang pernah gemparkan Indonesia (Foto: Berbagai Sumber)


Berikut ini adalah daftar aksi teror bom terbesar yang pernah menggemparkan Indonesia nih gaes. Bahkan salah satu dari kejadiannya ada yang sampai menewaskan 202 orang lho. 

Seperti yang kita ketahui, sekarang ini publik sedang hebohkan dengan aksi teror bom bunuh diri yang terjadi di Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan pada Minggu 28 Maret 2021. Dalam kejadian ini diduga si pelaku berencana meledakkan diri di dalam Gereja Katedral gaes. 

Sontak saja kejadian ini pun langsung menyita perhatian publik dan masyarakat luas gaes. 

Tapi selain teror bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar, ternyata ada juga lho beberapa aksi teror bom terbesar lainnya yang pernah menggemparkan Indonesia gaes. 

BACA JUGA: Fakta-fakta Viral Diduga Wasiat Pelaku Bom Gereja Katedral Makassar, Tulis Pesan Buat Saudara Seiman Gaes

Lalu dimana saja kah aksi-aksi teror bom terbesar yang pernah terjadi di Indonesia? Daripada penasaran, ini dia daftarnya yang sudah berhasil dirangkum oleh Tim KUYOU.id dari berbagai sumber berikut ini. 

1. Tragedi Bom di Bali pada Tahun 2002 

Insiden bom terbesar yang pernah menggemparkan Indonesia yang pertama adalah Bom Bali yang terjadi pada tahun 2002 silam gaes. Peristiwa yang sering disebut Bom Bali I ini merupakan rangkaian tiga peristiwa pengeboman yang terjadi pada 12 Oktober 2002 malam hari. 

Diketahui, dua ledakan pertama terjadi di Paddy's Pub dan Sari Club (SC) di Jalan Legian, Kuta, Bali. Sedangkan ledakan yang ketiga terjadi di dekat Kantor Konsulat Amerika Serikat. 

Dalam peristiwa ini, terdapat 202 korban jiwa dan 209 korban luka-luka serta cedera gaes. Kebanyak dari korban ini adalah wisatawan asing yang sedang berkunjung ke lokasi. Insiden ini dianggap sebagai peristiwa terorisme terparah yang pernah terjadi dalam sejarah Indonesia lho gaes. 

Setelah dilakukan investigasi, tepat pada 5 November 2002, puhak kepolisian sudah menangkap  salah satu tersangka kunci yaitu Amrozi bin Nurhasyim. Dia ditangkap dirumahnya di Desa Tenggulun, Lamongan, Jawa Timur. 

Setelah semua investigasi dan pengungkapan tersangka lainnya selesai, Amrozi pun akhirnya dieksekusi mati di Nusakambangan pada bulan November 2008 gaes. 

2. Teror Bom di Hotel JW Marriott, 14 Tewas dan 156 Orang Luka-Luka 

Tepat pada 2003 silam, Indonesia kembali dihebohkan dengan aksi teror yang terjadi di Hotel JW Marriot, Jakarta gaes. Ledakan di hotel yang lokasi dikawasan Mega Kuningan itu terjadi pada pukul 12.45 WIB.

Dalam kejadian ini, terdapat 14 orang tewas dan membuat 156 orang mengalami luka-luka. Menurut informasi yang beredar ledakan ini bersumber dari sebuah telepon seluler yang berasal dari mobil Toyota Kijang bernomor polisi B 7462 ZN, yang dikendarai Asmar Latin Sani. 

BACA JUGA: Biodata Marthinus Hukom Lengkap Agama Umur dan Wiki, Kepala Densus 88 yang Tangani Bom Katedral Makassar

Polisi pun akhirnya menetapkan Asmar Latin Sani sebagai pelaku bom JW Marriott gaes. Tapi, Asmar ikut tewas dalam peristiwa itu. Pasalnya, ia ditemukan dalam kondisi tubuh yang sudah terpisah-pisah gaes. 

3. Teror Bom Thamrin  

Aksi teror bom yang banyak menyita perhatian publik dan masyarakat adalah serangan Bom Thamrin gaes. Ledakan yang menggemparkan persimpangan Sarinah, Jakarta Pusat itu terjadi pada 14 Januari 2016 pukul 10.40 WIB. Pihak kepolisian pun mengatakan pelaku teror yang tidak diketahui jumahnya itu membawa granat dan senjata api gaes. 

Serangan dimulai ketika sebuah ledakan terjadi di tempat parkir Menara Cakrawala, di depan gerai Starbuck persimpangan Sarinah pada pukul 10.40 WIB. 

Kemudian, toga ledakan berikutnya terjadi di sebuah pos polisi tepat di persimpangan Sarinah dan menewaskan sati warga sipil. Sedangkan dua ledakan lainnya terjadi di dalam gerai Starbucks dan menewaskan satu warga sipil lainnya gaes. 

4. Aksi Bom di Kampung Melayu, 5 Orang Tewas dalam Kejadian

Pada Rabu 24 Mei 2017, terjadi aksi bom bunuh diri di Kampung Melayu, Jakarta Timut. Di malam kejadian, dua bom meledak sekaligus. 

Ledakan pertama terjadi di depan toilet Halte Trasjakarta Kampung Melayu sekitar pukul 21.00 WIB. Kemudian selang lima menit, ledakan kedua pun menggelegar di Terminal Bus Kampung Melayu, radius 10 meter dari lokasi pertama. 

Insiden yang terjadi jelang bulan suci Ramadhan ini menggemparkan warga sekitar. Akibatnya, terdapat 5 orang tewas dalam kejadian dan 10 orang lainnya mengalami cidera. 

5. Aksi Teror Bom di Tiga Gereja di Surabaya, Jawa Timur

Terakhir adalah serangan aksi teror yang terjadi di tiga Gereja di Surabaya, Jawa Timur gaes. Tepat pada Minggu 13 Mei 2018 lalu, Indonesia kembali berduka karena adanya serangan teror yang menyerang tiga gereja di Surabaya dan pintu masuk Polrestabes Surabaya. 

Serangan pertama awalnya dimulai dengan menghantam Gereja Santa Maria Tak Bercela di Jalan Ngagel. Setelah beberapa lama, kemudian disusul dengan ledakan bom kedua yaitu di Gereja Kristen Indonesia (GKI) di Jalan Diponegoro dan di Gereja Pantekosta Jalan Arjuno. Dan serangan berikutnya terjadi di Polrestabes Surabaya gaes. 

Dalam insiden ini, menewaskan 13 orang dan 43 orang lainnya mengalami luka-luka. Diketahui, pelaku dari bom bunuh diri ini adalah satu keluarga, yang terdiri dari ayah, ibu, dan 4 orang anaknya. Diduga mereka merupakan jaringan ISIS gaes. 

BACA JUGA: Survei: 50 Cowok Gen Z Muak dengan Feminisme Gaes!

Nah, itu dia daftar teror bom terbesar yang pernah gemparkan Indonesia, dimana dari salah satu kejadiannya ada yang menewaskan 202 orang gaes. 




Teror Bom Terbesar di IndonesiaBom Terbesar Pernah Gemparkan IndonesiaDaftar Teror Bom Terbesar di IndonesiaTeror Bom TerbesarTeror Bom Bunuh Diri di IndonesiaBom Terbesar IndonesiaDaftar Bom Bunuh Diri

Share to: