Perusahaan Raksasa di AS Ini Gak Bayar Pajak Federal Gaes, Gimana Caranya?

Perusahaan Raksasa di AS Ini Gak Bayar Pajak Federal Gaes, Gimana Caranya?

Perusahaan Raksasa di AS Ini Gak Bayar Pajak Federal Gaes, Gimana Caranya?

Kolase Foto Animasi Pajak (Foto: dok. Istimewa)


Ternyata perusahaan raksasa yang ada di AS tidak bayar pajak, padahal sudah beroperasi sejak lama lho. Bagaimana bisa ya? Berikut rangkuman dari Tim KUYOU.id khusus untuk kamu gaes. 

Isu pajak untuk perusahaan besar yang ada di seluruh dunia memang selalu menjadi topik hangat yang diperbincangkan gaes. Hal ini selalu jadi masalah karena negara menjadi rugi dengan apa yang dilakukan. 

BACA JUGA: Mantul, Netflix Sudah Setor Rp 297 Miliar Pajak ke Negara Gaes

Bahkan perusahaan kecil saja justru taat banget untuk membayar pajak. Salah satu contoh yang waktu itu sangat viral ketika Google di Indonesia bermasalah dengan pajak di negara kita gaes. 

Perusahaan besar yang ada di AS seperti Nike dan lain sebagainya justru dikabarkan tidak membayar pajak federal lho. Hal tersebut langsung menjadi bulanan netizen untuk memberikan komentar negatif. 

Beberapa korporat menghindari pajak

Sebenarnya menghindari pajak secara legal di AS itu bisa terjadi gaes. Hal ini dilakukan pada tahun 2017 saat Donald Trump menurunkan tarif pajak perusahaan dari 35 persen jadi 21 persen lho.

BACA JUGA: Putra Siregar Klarifikasi iPhone Ilegal, Sebut Jiwa Nasionalis sampai Bukti Pajak

Untuk mengurangi tagihan pajak juga bisa dilakukan dengan berbagai pemotongan dan pengecualian hukum yang tertulis di kode pajak gaes. Celah ini yang memungkinkan perusahaan besar dapat menghindari pembayaran pajak federal. 

Menurut AS sendiri perusahaan besar seperti Nike mempunyai profit yang sangat besar yaitu $4,1 miliar gaes. Hal ini menjadi masalah dan tersebar luas sampai ke telinga netizen lho. Wah seram banget ya. 

Senator Vermont AS, Bernie Sanders sempat membuka suara mengenai masalah pajak perusahaan-perusahaan besar lho. Dirinya menggerakan tagar #TaxTheRich dimana orang-orang yang mempunyai kekayaan berlimpah harus bayar pajak.  

Bernie Sanders juga menjelaskan jika Nike Air Force 1 yang dibeli seharga jutaan artinya orang yang membeli justru membayar lebih banyak ke perusahaan tersebut dibandingkan membayar pajak federal lho. 

"Kalau kamu bayar US$120 buat sepasang Nike Air Force 1, kamu bayar lebih banyak ke mereka, dibanding mereka bayar pajak federal selama tiga tahun." kata Bernie. 

BACA JUGA: Tuh Kan, Bintang Emon Ditelfon Kantor Pajak karena Viral: Jujur Gue Belum Urus Pajak

Itu dia gaes penjelasan kenapa banyak banget perusahaan besar yang ada di AS gak bayar pajak federal lho. Jika kamu ingin melihat berita lainnya tentang artis kesayanganmu, langsung saja cek di KUYOU.id. 




pajakpajak federalperusahaan besar tidak bayar pajakperusahaan besar as tidak bayar pajak federalperusahaan besarperusahaan tidak bayar pajak

Share to: