Biodata Lia Eden, Lengkap Umur dan Agama, Tokoh Sekte Kerajaan Tuhan Meninggal Dunia Di Usia 73 Tahun

Biodata Lia Eden, Lengkap Umur dan Agama, Tokoh Sekte Kerajaan Tuhan Meninggal Dunia Di Usia 73 Tahun

Biodata Lia Eden, Lengkap Umur dan Agama, Tokoh Sekte Kerajaan Tuhan Meninggal Dunia Di Usia 73 Tahun

Kolase Foto dan Biodata Lia Eden, Tokoh Sekte Kerajaan Tuhan Meninggal Dunia Di Usia 73 Tahun (Foto: Berbagai sumber)


Berikut biodata Lia Eden, tokoh sekte kerajaan Tuhan yang meninggal duni di usianya yang ke 73 tahun pada Jumat, 9 April 2021. 

Kabar meninggalnya Lia Eden pertama kali diketahui dari Instagram Kabar Sejuk (Serikat Jurnalis Untuk Keberagaman) pada Minggu, 11 April 2021. 

"Selamat Jalan Lia Ede. Beristirahatlah dalam kemenangan yang maha damai. Estafet perjuanganmu berlanjut senantiasa, urusan setiap warga negara dengan Tuhannya tidak bisa dibatasi dan dikurangi oleh negara, apalagi dipenjara," tulis Kabar Sejuk melalui Instagram mereka. 

Lia Eden merupakan perempuan kelahiran 21 Agustus 1947. Perempuan berusia 73 tahun ini diketahui merupakan sosok yang mengaku mendapat wahyu dari malaikat Jibril untuk mendakwahkan aliran kepercayaan baru. 

Untuk mengenalnya lebih lanjut lagi, ini dia biodata Lia Eden, lengkap dengan umur dan kepercayaannya yang berhasil dirangkum KUYOU buat kamu. 

Profil dan biodata 

-Nama lengkap: Lia Aminuddin

-Nama panggilan: Lia Eden

-Tempat asal: Jakarta

-Tanggal Lahir: 21 Agustus 1947

-Umur: 73 tahun

-Kepercayaan/Agama: salamullah

Mengaku mendapat wahyu dari Jibril

Sejak tahun 1997, Lia mengaku mendapat wahyu dari malaikat Jibril. Ia pun mengubah namanya yang semula Lia Aminuddin menjadi Lia Eden. 

Berdasarkan wahyu malaikat Jibril yang ia yakini, Lia berkembang menjadi aliran paranealis atau lintas agama. Ia pun mulai mempelajari beberapa agama seperti Kristen, Islam hingga Hindu. Ia juga melakoni beberapa bagian dair ajaran Buddha. 

Mendeklarasaikan agama salamullah

Pada pertengahan tahun 2000, Lia mendeklarasikan agama atau aliran kepercayaan baru bernama Salamullah. Salamullah sendiri merupakan gabungan dari agama-agama yang ada dan sudah diyakini banyak orang. 

Karena kayakinan barunya tersebut, Lia dan pengikutnya sempat diusir warga Cisarua, Bogor. Ia akhirnya pinda ke Jalan Mahoni. Tepat pada Desember 2005 rumah itu lalu dideklarasikan menjadi Itana Tahta Kerajaan Tuhan sekaligus kilat spiritual dunia. 

Dinilai menodai agama dan dipenjarakan

Pada tahun 2005, sosok Lia Eden pun muncul dan mulai dikenal. Agama atau kepercayaan yang ia yakini pun mulai diikuti banyak orang. 

Namun, MUI menilai ajaran Lia sebagai ajaran sesat. Ia pun ditangkap atas tuduhan penodaan agama. Karena hal tersebut, ia pun pernah dihukum selama 2,5 tahun penjara dan bebas pada 15 April 2011. 

Menuai pro dan kontra

Meski banyak yang menilai bahwa kepercayaan Lia tersebut menodai agama, beberapa pihak justru mengatakan Lia secara hukum beluk dikatakan menodai agama seperti yang tercantuk dalam Pasal 156 KUHP. 

Seperti yang disampaikan oleh Abdurrahman Wahid sebagai seorang teolog, ajaran Lia terlahir karena adanya krisis kepercayaan terhadap agama-agama yang ada. Bisa dilihat dari segi hukum, pria yang disapa Gus Dur ini juga mengungkap tak ada yang sesat dalam proses pendirian sebuah ajaran kecuali ditetapkan oleh Mahkamah Agung.  Meski begitu, sebagai seorang muslim, Gus Dur menilai ajaran yang disebar Lia adalah keliru.

Nah itu dia gaes biodata Lia Eden, tokoh Sekte Kerajaan Tuhan yang meninggal dunia di usia 73 tahun. Ia dikenal sebagai pendiri agama salamullah dan sempat dipenjara karena dinilai menodai agama. 




Lia Eden MeninggalBiodata Lia EdenUmur Lia EdenAgama Lia EdenProfil Lia EdenBiografi Lia EdenPenemu Ajaran Salamullah

Share to: