Milenial Hub 2021 Feat PPI Belgia, Membangun Ekonomi dan Tukar Inspirasi Antar Milenial dan Pemerintah

Milenial Hub 2021 Feat PPI Belgia, Membangun Ekonomi dan Tukar Inspirasi Antar Milenial dan Pemerintah

Milenial Hub 2021 Feat PPI Belgia, Membangun Ekonomi dan Tukar Inspirasi Antar Milenial dan Pemerintah

Milenial Hub 2021 Feat PPI Belgia dalam Kolase (Foto: Isntagram @milenialfest)


Milenial Fest dan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Belgia menggelar webinar bertajuk MilenialHub 2021 pada Sabtu, 17 April 2021 siang.

Dalam webinar ini, sejumlah tokoh hadir untuk memberikan gagasan. Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi juga hadir untuk memberikan inspiring speech di hadapan ratusan pemirsa milenial dan mahasiswa.

Gak hanya dari Indonesia, MilenialHub 2021 ini juga disiarkan langsung dari Belgia dan menghadiri para figure muda dalam industri kreatif dan tokoh global Indonesia yang inspiratif.

Baca Juga: Hadiri Millenial Hub 2021, Erick Thohir: Kesehatan Pulih, Ekonomi Bangkit!

Erick Thohir selaku Menteri BUMN membahas seputar pemulihan ekonomi akibat pandemi virus corona. Smentara Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan mengulas tentang perdagangan di era digitalisasi gaes.

Erich Thohir: Generasi Muda Jadi Pondasi Entrepreneur Dimasa Depan

Berikan motivasi kepada para milenial yang hadir dalam webinar MilenialHub 2021, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan bahwa generasi muda adalah fondasi enterpreneur di masa depan.

Dengan adanya digitalisasi, ada sebanyak 5 dari 2000-an start up asal Indonesia yang mendunia lho gaes!

"Ini menjadi hal yang sangat positif. Lahirnya Ruang Guru Belva, lahirnya juga perusahaan-perusahaan baru start up ini menjadi sebuah kekuatan," ujar Erick Thohir seperti dilansir dari webinar MilenialHub melalui Zoom pada Sabtu, 17 April 2021.

Baca Juga: Biodata Erick Thohir, Lengkap Agama Umur dan Wiki, Menteri BUMN RI yang Pernah Harumkan Indonesia Dimata Dunia

Oleh karena itu, dia juga mengungkapkan bahwa BUMN sangat mendukung dan mengeri apa dukungan yang diperlukan untuk para generasi muda dan UMKM yakni adalah infrastruktur pendanaan akses pasar.

Gak mau menjadi menara gading, Menteri BUMN ini mengatakan ingin menjadi bagian bersama dengan generasi muda membangun Indonesia.

Dalam acara yang berlangsung pada Sabtu, 17 April 2021 ini, Erick Thohir menyinggung tentang pertumbuhan ekonomi Indonesia sebagai pemulihan dari resesi akibat pandemi virus corona sejak awal tahun 2020 yang lalu.

Dengan itu, pemerintah akan fokus dengan 3 program yakni Indonesia Sehat, Indonesia Bekerja dan Indonesia Tumbuh.

Ketiga program ini mencakup layanan kesehatan dan percepatan vaksinasi hingga bantuan untuk  dukungan daya beli untuk menekan laju peningkatan kemiskinan dan juga mendorong konsumsi masyarakat. 

Muhammad Lutfi: Milenial Bisa Menjadi Penggerak Perekonomian Nasional

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menyinggung perkataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tentang Indonesia yang akan menjadi negara dengan ekonomi  keempat terkuat di tahun 2045.

"Untuk mendapatkan hal ini, kita memerlukan pelaku ekonomi baru untuk bisa tumbuh. Kalau ditanya, bisa gak? Saya merasa bahwa kita bisa," ujar Muhammad Lutfi.

Baca Juga: Menteri BUMN Erick Thohir Soal Agama: Akhlak Diajarkan Keluarga dan Jadi Budaya Kerja yang Penuh Berkah

Oleh karena itu, dia juga mengatakan bahwa Indonesia harus terus bertumbuh sebelum bonus demografi kita habis gaes.

Berdasarkan hitungan, antara tahun 2038 sampai dengan tahun 2040 adalah masa dimana bonus demografi kita habis. Nah, menurut studi OECD,  bonus demografi yang habis menyebabkan kita terperangkap dalam middle-income trap karena gak bisa meningkatkan GDP (Gross domestic product).

"Jadi kita memerlukan pelaku ekonomi bari, ekonomi tangguh yang bisa membawa indonesia untuk keluar dari middle-income trap ini dan harus men-tripel GDP perkapita sebelum tahun 2038," ujar Muhammad Lutfi.




Menteri PerdaganganMenteri BUMNMilenial FestMilenial Fest 2021Milenial Hub 2021MilenialhubErick ThohirMuhammad Lutfi

Share to: