Alasan Menteri BUMN Erick Thohir Mau Beli Peternakan Sapi Belgia, Wujudkan Pusat Lumbung Pangan Dunia

Alasan Menteri BUMN Erick Thohir Mau Beli Peternakan Sapi Belgia, Wujudkan Pusat Lumbung Pangan Dunia

Alasan Menteri BUMN Erick Thohir Mau Beli Peternakan Sapi Belgia, Wujudkan Pusat Lumbung Pangan Dunia

Alasan Erick Thohir mau beli peternakan sapi Belgia, Erick Thohir hadir di Webinar Milenial Fest 2021. Foto: Tangkapan Layar


Berikut alasan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang ingin membeli peternakan sapi di Belgia, tentunya rencana tersebut bertujuan untuk menciptakan Indonesia jadi pusat Lumbung pangan dunia lho.

Erick mengungkapkan adanya niat untuk membeli peternakan sapi di Belgia saat menghadiri webinar Milenial Hub: Milenial Fest x PPI Belgia, hal tersebut disampaikan langsung kepada Dubes Indonesia untuk Belgia, Andri Hadi.

"Kalau ada peternakan sapi di Belgia, Pak Dubes (Andri), mau dijual. Iya Belgian Blue, pak. Perternakannya Pak Dubes, kalau ada. Masa kita impor sapi terus 1,5 juta tiap tahun," tuturnya, Sabtu 14 April 2021.

Membangun Indonesia jadi pusat lumbung pangan dunia

Menteri BUMN Erick Thohir juga menegaskan dan meyakini Indonesia akan menjadi lumbung pangan dunia. Indonesia akan menguasai sektor perikanan perkebunan dan peternakan.

"Indonesia akan membuat one stop service quarantine industri perikanan di Indonesia timur yang akan bisa langsung mengekspor hasil laut ke negara internasional Di sana ada lab mutu, ada cold storage, bahkan penangkapan pun langsung bisa kirim ke negara tujuan," tambah Erick Thohir, Sabtu 17 April 2021.

Agar Indonesia mengurangi impor daging sapi memiliki peternakan sapi kualitas dunia 

Foto: https://www.idxchannel.com/

Lebih lanjut, Erick Thohir mengungkapkan tujuannya ingin beli peternakan sapi di Belgia adalah untuk mengurangi impor daging dan agar Indonesia memiliki kawasan peternakan penghasil daging sapi kelas dunia.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), impor daging jenis lembu pada Maret ini tercatat sebanyak 11,27 ribu ton dengan nilai US$ 36,83 juta. Impor ini naik 44,22% dibandingkan dengan Februari 2021 yang sebanyak 7,81 ribu ton.

Dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, impor daging juga naik double digit yakni 17,46% yang tercatat sebanyak 9,6 ribu ton di Maret 2020.

Secara kumulatif (Januari-Maret), impor daging juga naik hingga 31% menjadi 30,84 ribu ton dari sebelumnya sebanyak 23,54 ribu ton di kuartal I-2020.

Itulah tujuan dan alasan Menteri BUMN Erick Thohir ingin membeli peternakan sapi di Belgia. Usaha dan kerja keras diupayakan untuk menjadikan Indonesia jadi pusat lumbung pangan dunia, tentunya harus dimulai dari langkah strategis.




menteri bumn erick thohirerick thohirerick thohir lumbung panganerick thohir belgiaerick thohir peternakan

Share to: