Biodata Lengkap Agama dan Umur RA Kartini Juga Sejarah Singkatnya

Biodata Lengkap Agama dan Umur RA Kartini Juga Sejarah Singkatnya

Foto
Biodata Lengkap RA Kartini (Foto Berbagai Sumber)

Siapa sih yang tak kenal dengan sosok pahlawan wanita bernama RA Kartini ini? Berikut biodata lengkap serta sejaran singkatnya.

RA Kartini alias Raden Ayu Kartini lahir di Jepara, Hindia Belanda pada tanggal 21 April 1879 silam dan meninggal di Rembang, Hindia Belanda, 17 September 1904 pada usia 25 tahun.

RA Kartini adalah seroang Pahlawan Nasional Indonesia wanita yang berasal dari Jawa dan dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan Pribumi Nusantara atau disebut Emansipasi Wanita.

BACA JUGA: Sejarah dan Kisah Dibalik Lagu Ibu Kita Kartini, Mengenang Jasa RA Kartini

Penasaran dengan sosoknya? Simak yuk biodata lengkap dari RA Kartini, yang sudah dihimpun Tim KUYOU.id dari berbagai sumber untuk kamu.

1. Biodata dan Profil

Nama Lengkap: Raden Ayu Kartini

Nama Panggilan: RA Kartini

Tempat tanggal lahir: Bandung, 21 April 1879

Umur: 25 Tahun (Meninggal)

Status: Menikah

Nama Orangtua: Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat (ayah), M.A. Ngasirah (ibu)

Nama Pasangan : K.R.M. Adipati Ario Singgih Djojoadhiningrat

Nama Anak: Soesalit Djojoadhiningrat

Dikenal Atas: Emansipasi Wanita

Pendidikan: Europeesche Lagere School (ELS)

2. Surat-surat

Kartini dikenal sangat suka menulis surat dan mengirimkannya kepada teman-temannya di Eropa gaes.

Setelah Kartini wafat, surat-surat tersebut dikumpulkan dan dijadikan sebuah buku oleh salah satu temannya di Belanda Mr. J.H. Abendanon yang ketika itu menjabat sebagai Menteri Kebudayaan, Agama dan Kerajinan Hindia Belanda. Buku tersebut dinamakan Door Duisternis tot Licht yang jika diartikan secara harfiah berarti "Dari Kegelapan Menuju Cahaya" yang diterbitkan pada 1911.

3. Pemikiran

Dalam surat, surat yang dituli Kartini tersebut ada beberapa pemikirannya yang mengenai kondisi sosial pada masa itu, salah satunya kondisi perempuan.

Kebanyakan suratnya berisi tentang keluhan terhadap budaya Jawa yang dinilai menghambat kemajuan perempuan yang ingin menuntut ilmu dan belajar.

Selain itu dalam suratnya ia juga banyak mengungkapkan kendala yang harus dihadapinya ketika bercita-cita menjadi perempuan Jawa yang lebih maju.

4. Buku

Selama hidupnya Kartini merupakan sosok yang sangat aktif menuangkan ide-ide dan pikirannya melalui sebuah buku. Karya-karya dari Kartini diantaranya adalah Habis Gelap Terbitlah Terang, Surat-surat Kartini, Renungan Tentang dan Untuk Bangsanya, Letters from Kartini, An Indonesian Feminist 1900–1904, Panggil Aku Kartini Saja, Kartini Surat-surat kepada Ny RM Abendanon-Mandri dan suaminya dan Aku Mau ... Feminisme dan Nasionalisme. Surat-surat Kartini kepada Stella Zeehandelaar 1899-1903.

5. Sejarah Hari Kartni

Pemikiran Kartini banyak mengubah cara berpikir masyarakat Indonesia terutawa wanita pada masa itu.

Tulisan-tulisan yang dibuatnya juga berhasil menginspirasi beberapa tokoh di Indonesia.

Sementara itu penatapan Hari Kartini sendiri ditetapkan oleh Presiden Soekarno lewat Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 108 Tahun 1964, pada tanggal 2 Mei 1964, yang berisi penetapan Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional.

Selain itu Soekarno, juga menetapkan lahir Kartini pada 21 April sebagai Hari Kartini sampai saat ini.

BACA JUGA: Biodata Lengkap Agama dan Umur Phopira, PNS yang Jago Scream Juga Nyentrik Abis Gaes

Nah, itulah biodata lengkap serta sejarah singkat dari Kartini, Pahlawan Nasional Indonesia wanita yang menginspirasi. Pastinya kalian semakin kenal dengan sosoknya kan gaes?




RA KartiniBiodata RA Kartiniprofil RA Kartiniagama RA Kartinibiografi RA KartiniKehidupan RA KartiniSejarah Singkat hari KartiniSejarah Hari Kartini

Share to: