Biodata Lengkap Amelia Hapsari, Wanita Indonesia Pertama yang Jadi Juri Piala Oscar

Biodata Lengkap Amelia Hapsari, Wanita Indonesia Pertama yang Jadi Juri Piala Oscar

Biodata Lengkap Amelia Hapsari, Wanita Indonesia Pertama yang Jadi Juri Piala Oscar

Kolase Foto dan Biodata Lengkap Amelia Hapsari, Wanita Indonesia Pertama yang Jadi Juri Piala Oscar (Foto: Berbagai Sumber)


Simak yuk biodata Amelia Hapsari, wanita Indonesia pertama yang jadi juri di piala Oscar

Amelia Hapsari merupakan seorang sineas atau ahli perfilman Indonesia yang lahir pada 25 Juni 1979. Perempuan berusia 41 tahun ini dikenal juga sebagai Program Director di In Docs sejak 2012 lalu. 

In Docs sendiri merupakan organisasi nirlaba yang bertujuan memperkenalkan film-film dokumenter dari Asia Tenggara. 

BACA JUGA: Review dan Sinopsis Film Nomadland, Berhasil Borong Piala Oscars Gaes

Pada Juli 2020 lalu, nama Amelia Hapsari keluar sebagai salah satu juri yang diundang oleh Acaemy of Motion Picture Arts and Science (AMPAS) sebagai penyelenggara piala Oscar. Ia mencatatkan sejarah sebagai wanita Indonesia pertama yang jadi juri di piala Oscar gaes.

Makin penasaran dengan sosoknya? Ini dia biodata lengkap Amelia Hapsari yang sudah dirangkum KUYOU untuk kamu.

Biodata dan profil

Nama lengkap: Amelia Hapsari

Tempat asal: Semarang, Jawa Tengah, Indonesia

Tanggal lahir: 25 Juni 1979 

Umur: 41 tahun

Agama: Kristen

Tahun aktif: 2005

Pendidikan: Ohio University

Status: Menikah

Karya-karya Amelia Hapsari

Amelia Hapsari telah membuat beberapa karya berupa film yang kebanyakan bergenre film dokumenter. Diantaranya adalah The Heroes and The Land (2001), Sharing paradise (2005), Weaving Stories (2010), The Youth Parliament (2011), Jadi Jagoan Ala Ahok (2012), Akar (2013), dan Ricing From Silence (2016). 

Pernah bekerja sebagai jurnalis

Setelah menempuh pendidikan di Ohio University, Amelia Hapsari lalu bekerja sebagai seorang jurnalis radio di China selama 4 tahun.

Dari China, ia lalu pindah ke Timor Leste untuk bekerja di sebuah rumah produksi nirlaba yang membuat program TV, video advokasi, animasi, hingga drama. 

BACA JUGA: Daftar Lengkap Pemenang Oscars 2021, Dari Anthony Hopkins Hingga Chloe Zao

Terpilih menjadi juri Piala Oscar

Amelia Hapsari terpilih menjadi salah satu anggota di Acaemy of Motion Picture Arts and Science (AMPAS) dan menjadi juri piala Oscar. 

Awalnya, ia mengaku tak tahu kalau dirinya terpilih menjadi salah satu juri piala Oscar karena tak pernah mengajukan diri sebagai calon juri Piala Oscar. Ia baru tahu kalau menjadi juri setelah seorang temannya menghubunginya. 

Ternyata ada temannya yang meminta profile dan CVnya untuk direkomendasikan ke pihak Acaemy of Motion Picture Arts and Science (AMPAS) dan menjadi juri piala Oscar. 

Pernah menjabat sebagai program director In Docs

Perempuan berusia 41 tahun ini pernah menjabat sebagai program director In Docs sejak 2012 hingga November 2020 lalu. 

In Docs sendiri emrupakan lembaga nirlaba untuk menggairahkan dunia film dokumenter. Ia berfokus pada ekosistem agar film-film dokumenter ini semakin terhubung dengan pihak-pihak terkait seperti lebaga donor, jaringan televisi, distributor, dan banyak platform dunia yang dibutuhkan oleh film dokumenter. 

Dengan begitu, film-film dokumenter di Asia Tenggara bisa lebih berkembang lagi.   Sehingga film dokumenter bukan dinilai hanya sebagai hobi saja, melainkan punya tempat yang sama bergengsinya dengan film dari genre

BACA JUGA: Biodata Chloe Zhao, Lengkap Umur dan Agama, Sutradara Wanita Asia Pertama yang Raih Raih Piala Oscars 2021

Nah itu dia gaes biodata lengkap dengan umur dan agama Amelia Hapsari yang berhasil dirangkum KUYOU. Ia adalah salah satu wanita Indonesia pertama yang menjadi juri di piala Oscar.




Amelia HapsariBiodata Amelia HapsariProfil Amelia HapsariSosok Amelia HapsariMengenal Amelia HapsariUmur Amelia HapsariAgama Amelia HapsariWanita Indonesia Pertama di OscarPiala Oscar

Share to: