Review dan Sinopsis Film Nomadland, Berhasil Borong Piala Oscars Gaes

Review dan Sinopsis Film Nomadland, Berhasil Borong Piala Oscars Gaes

Foto

Kolase Foto dan Review Sinopsis Film Nomadland (Foto: berbagai sumber)


Film Nomadland adalah salah satu film yang memborong piala Oscars 2021. Simak yuk sinopsis dan review film Nomadland berikut ini. 

Dari sekian banyak film yang masuk dalam nominasi Oscars 2021, film Nomadland menjadi salah satu film yang membawa pulang banyak piala. Beberapa diantaranya adalah best picture, best director hingga Actress in Leading Role (Frances McDormand).

BACA JUGA: Biodata Chloe Zhao, Lengkap Umur dan Agama, Sutradara Wanita Asia Pertama yang Raih Raih Piala Oscars 2021

Film yang disutradarai oleh Chloe Zhao ini merupakan potret kehidupan para nomaden di Amerika Serikat. Mereka adalah orang yang 'tersingkirkan' dan tak memiliki hunian tetap. Dari situlah mereka hidup berpindah-pindah dari satu lokasi ke lokasi lain ala gipsi. 

Film ini diadaptasi dari buku nonfiksi karya Jessica Bruder yang berjudul Nomadland: Surviving America in the Twenty-First Century. Film ini tayang perdana pada 11 September 2020 lalu di festival film Venesia.

Sinopsis film Nomadland

Film ini mengisahkan tentang Fern (Frances McDormand) yang mengalami masa sulit setelah sang suami meninggal dunia. Situasinya semakin parah setelah ia tak lagi bekerja karena pabrik gipsum di kotanya tutup.

Fern pun sulit menemukan pekerjaan baru karena usianya yang tak lagi muda. Untuk itulah, ia memutuskan untuk menjual sebagian besar barang miliknya dan membeli mobil RV untuk berpindah-pindah dan bermimpi memiliki kehidupan yang lebih indah.

Suatu hari saat ia berkeliling ke sejumlah negara bagian, Fern mendapat undangan untuk datang ke pertemuan musim dingin gurun pasir di Arizona. Pertemuan yang diadakan oleh Bob Wells tersebut juga dihadiri oleh para pengembara yang tergabung dalam suatu komunitas. 

Dari pertemuan itulah, Fern mendapat pelajaran dan beragam cerita dari teman sesama pengembara.  Salah satunya dari Swankie yang ternyata seorang pengidap kanker. 

BACA JUGA: Daftar Lengkap Pemenang Oscars 2021, Dari Anthony Hopkins Hingga Chloe Zao

Review Film Nomadland

Film Nomadland ini benar-benar nyaris tanpa plot. Pasalnya, penonton disajikan dengan cerita perjalanan tokoh utamanya, Fern dari tempat satu ke tempat lainnya. 

Kisah yang dibangun juga bukan dari konflik pribadinya, melainkan sesuatu yang ia temukan di sepanjang perjalanannya. Tak heran, bagi sebagian orang, film ini lebih mengarah seperti film documentary. 

Namun, yang mengagumkan adalah bahas visual yang dibangun oleh sutradara Chloe Zhao benar-benar sampai ke penonton. Ia berhasil membangun mood dari cerita-cerita yang disajikan. 

Chloe menyusun frame yang lebih menekankan pada keunikan komunitas Nomad hingga pedalaman Amerika yang masih perawan. Mulai dari padang pasir, hutan hijau, matahari terbenam, dan masih banyak lagi, tersaji secara natural. Film ini menyajikan banyak visual yang keren.

Selain itu, akting Frances McDormand sebagai Fern benar-benar keren. Tak banyak menghadirkan akting yang melodrama, sosok Fern lebih mengarah kepada saksi dari kisah-kisah komunitas Nomad. 

BACA JUGA: 5 Fakta Film Parasite yang Memboyong 4 Penghargaan Sekaligus di Oscar

Nah itu dia gaes sinopsis dan review Film Nomadland yang belum lama ini memborong piala Oscars 2021.




NomadlandSinopsis NomadlandReview Film NomadlandNomadland Borong piala OscarsCerita NomadlandPemeran NomadlandSutradara Nomadland

Share to: