8 Tips Menjadikan Diri Lebih Dewasa, Gak Cuma karena Usia Gaes~

8 Tips Menjadikan Diri Lebih Dewasa, Gak Cuma karena Usia Gaes~

8 Tips Menjadikan Diri Lebih Dewasa, Gak Cuma karena Usia Gaes~

Tips menjadi diri lebih dewasa dalam bersikap (Sumber Foto: Pixabay)


Buat kamu yang punya kemauan untuk bersikap lebih dewasa dalam menyikapi hal apapun di kehidupan, ada tipsnya nih yang bisa kamu lakukan gaes. 

Seperti pada umumnya, semua orang pasti ingin menjadi pribadi yang lebih dewasa dan menjadi contoh yang baik, khususnya buat kamu yang sudah dewasa. 

 

Kedewasaan nggak bisa diukur dengan usia, melainkan dari kematangan diri pribadi. Meski sudah berusia cukup matang, nyatanya banyak juga kok cewek maupun cowok yang masih bersikap kekanak-kanakan. Iya nggak sih gas? 

Membentuk diri menjadi pribadi yang dewasa sebenarnya tidak terlalu sulit gaes. Asalkan ada kemauan dan niat yang sungguh-sungguh dalam diri untuk merubahnya.

BACA JUGA: Begini Cara Benar Merawat Laptop Agar Awet dan Tahan Lama Gaes

Nah, berikut ini rangkuman dari Tim KUYOU.id mengenai 8 tips menjadikan diri lebih dewasa gaes. Apa itu? Yuk simak ulasannya berikut ini. 

1. Terima Kritikan

Mulailah menerima kritik dengan hati terbuka. Pasalnya, tak banyak orang mampu menerima kritik karena hanya orang-orang berjiwa besar lah yang sanggup menerima kritikan dengan hati terbuka gaes.

Kritikan mungkin cukup menyebalkan bagi setiap orang yang belum dewasa. Bahkan kritik dianggap sebagai energi negatif yang membuat patah semangat serta hilangnya kepercayaan diri. Maka dari itu, buat kamu yang mau menjadi lebih dewasa harus mencoba menerima kritikkan dengan terbuka ya gaes!

2. Tidak Melarikan Diri dari Masalah 

Semua orang pasti punya masalah. Kecil ataupun besar tergantung bagaimana sudut pandang kamu terhadap masalah itu sendiri gaes. Namun tak semua orang berani menghadapinya.

Ada sebagian orang yang cenderung lari dari masalah dan berpura-pura tidak ada apa-apa. Sebagian lagi ada menganggap sepele masalah yang ada.

Sikap seperti itu jelas tidak benar gaes. Masalah adalah ujian yang harus dihadapi. Lari dari masalah atau menganggapnya sepele justru bisa memperburuk keadaan kamu lho.

3. Jangan Salahkan Orang Lain

Orang yang dewasa tidak akan mudah memandang masalah dari kulitnya saja gaes. Dia tidak akan mudah menuduh orang lain, tapi akan berusaha memahami alasannya.

Dibanding menyalah-nyalahkan, dia justru lebih memilih untuk memberikan nasihat dan menunjukkan teladan yang baik. Inilah yang disebut kedewasaan sesungguhnya gaes!

4. Berani Ambil Keputusan 

Salah satu ciri kedewasaan seseorang adalah mampu mengambil keputusan. Bedakan dengan anak kecil yang apa-apa selalu ditanyakan karena takut dan tidak tahu harus berbuat apa. Orang dewasa paham bagaimana menjawab sebuah persoalan dan bagaimana mengatasinya.

 

BACA JUGA: Apa Sih OnlyFans? Simak Penjelasan dan Cara Daftarnya Disini Gaes

Selain itu, mampu mengambil keputusan juga memperlihatkan kepercayaan diri yang kuat gaes. Mereka yang berani mengambil keputusan adalah orang yang berani menerima risikonya.

5. Menepati Janji

Gak bisa dipungkiri, masih banyak orang tidak bisa menepati janji. Hal ini biasanya dikarenakan oleh keadaan tertentu yang menyulitkan atau rendahnya komitmen yang ada pada diri orang tersebut gaes.

Meski begitu, ingkar janji tidak bisa dianggap sepele lho. Sekali, dua kali, tiga kali mungkin orang lain masih bisa menerima alasan lupa ataupun sebagainya. Namun, apa jadinya jika ingkar janji terjadi berulang kali dan menjadi hobi justru akan menyulitkan kehidupan kamu lho gaes. 

6. Mau Memaafkan 

Kemampuan untuk memaafkan orang lain ternyata bisa bermanfaat bagi kesehatan fisik lho. Sebaliknya, kebiasaan mendendam dan mengingat kesalahan masa lalu bisa meningkatkan tekanan darah dan mempercepat irama detak jantung gaes.

Selain itu, kemampuan memaafkan juga bisa meredakan stress. Tuhan itu Maha Pemaaf, Tuhan selalu memaafkan kesalahan kita, lalu masih pantaskah kita untuk tidak memaafkan manusia. Jadi, buat kamu yang mau menjadi lebih dewasa tanamkan rasa iba dan selalu mau memaafkan kesalahan orang lain dengan ikhlas ya gaes! 

7. Memiliki Tujuan 

Untuk menjadikan diri lebih dewasa, Tentukanlah semua keinginan, jangan merasa takut jika  nantinya tujuan kamu tidak bisa terwujud gaes. 

Terkadang kita boleh saja bermimpi setinggi mungkin, setidaknya kita sudah memahami konsep untuk menuju ke sana. Seperti halnya istilah "Hafal jalan untuk menaiki bukit dan tak lupa bagaimana cara turunnya".

8. Cintai Diri Sendiri 

Cinta kepada diri sendiri bukan berarti kita harus bersikap egois dan mementingkan diri sendiri, melainkan cinta yang membuat kita mampu menerima diri sendiri apa adanya. 

Rasa cinta tumbuh seiring dengan rasa menerima yang semakin membesar. Jika kamu tak bisa mencintai diri sendiri, lalu bagaimana bisa orang lain akan mencintai diri kamu gaes. Karena terkadang nggak ada orang yang bisa lebih memahami kita selain diri sendiri gaes.

BACA JUGA: 8 Cara alami Merawat Kesehatan Gigi Agar Selalu Putih, Simak Gaes

Nah, itu dia 8 tips menjadikan diri kamu lebih dewasa gaes. Ingat ya gaes, kedewasaan itu tidak diukur dari batas usia. (Olivia Victoria Simanjuntak)




Tips Menjadikan Diri Lebih DewasaTips Menjadi DewasaCara Bersikap DewasaCara Menjadi DewasaMenjadi Dewasa dan TipsnyaTips Bersikap Dewasa

Share to: