Hari Menanam Pohon Indonesia, PTPN VIII Gelar Program Penanaman Pohon BUMN

Hari Menanam Pohon Indonesia, PTPN VIII Gelar Program Penanaman Pohon BUMN

Hari Menanam Pohon Indonesia, PTPN VIII Gelar Program Penanaman Pohon BUMN

Kolase Foto Hari Menanam Pohon Indonesia, PTPN VIII Gelar Program Penanaman Pohon BUMN (Foto: Dok PTPN VIII)


Bertepatan dengan Hari Menanam Pohon Indonesia yang jatuh pada 28 November 2021, PTPN VIII menggelar program penanaman pohon BUMN. 

Program Penanaman Pohon BUMN yang digelar PTPN VIII ini digelar di Waduk Karian, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten pada Minggu, 28 November 2021 pagi. 

Program Penanaman Pohon ini juga dihadiri oleh berbagai pihak. Diantaranya seperti Direktur PTPN, Mohammad Yudayat, Komisaris PTPN VIII, Adrian Zakhary, dan sederet tamu undangan lainnya.

Dilaksanakan di 7 titik

Tak cuma di Banten saja, Program Penanaman Pohon BUMN ini diselenggarakan di 7 titik yang tersebar di seluruh Indonesia gaes. 

Beberapa lokasi lain diantaranya seperti Jakarta (Gedung Kementrian BUMN), Sumatera Utara (Danau Toba), Lampung (Wai Sekampung), Riau (Pekanbaru), Banten (Rangkasbitung), Jawa Timur (Malang), dan Sulawesi Selatan (Makassar).

Program Penanaman Pohon ini juga melibatkan beberapa BUMN gaes, beberapa BUMN yang sudah terlibat dalam program tersebut diantaranya seperti PT Perkebunan Nusantara VIII, PT Inalum/MIND ID, PT Pelindo, PT Perkebunan Nusantara V, PT Pupuk Indonesia, PT Pertamina, Perum Perhutani, dan PT Biro Klrasifikasi Indonesia, PT Pegadaian, PT Asuransi Kredit Indonesia, PT Taspen, dan Perum LPPNPI.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri BUMN Erick Thohir mengungkap bahwa kegiatan ini diharapkan akan menjadikan lingkungan lebih bersih dan mengurangi dampak pemanasan global. 

“Dampak dari penanaman pohon ini akan menjadikan udara lebih bersih, mengurangi dampak pemanasan global, menyerap polusi udara, membantu mencapai target emisi nol pada tahun 2060 dan juga menjawab isu dekarbonisasi,” ujar Erick ketika memberikan sambutan pada acara tersebut.

Sejalan dengan hal tersebut, Direktur PTPN VIII Mohammad Yudayat berpendapat bahwa program rehabilitasi lahan kritis menjadi harapan baru bagi keberlangsungan lingkungan. 

“Kami harap program Rehabilitasi Lahan Kritis yang dimulai dari areal PTPN VIII dapat menjadi harapan baru bagi keberlangsungan lingkungan yang lebih baik,” kata Direktur PTPN VIII Mohammad Yudayat.

BACA JUGA: Hari Menanam Pohon, Komisaris Milenial PTPN VIII Adrian Zakhary: Anak Muda Harus Jadi Garda Terdepan

Generasi muda jadi harapan baru

Sementara itu, Komisaris Milenial PTPN VIII, Adrian Zakhary menyampaikan pesannya kepada para generasi muda yang dinilai menjadi garda terdepan untuk mengkampanyekan gerakan menanam pohon.

“Anak Muda harus bisa menjadi garda terdepan dalam mengkampanyekan gerakan menanam pohon, sehingga gerakan seperti ini tidak hanya jadi seremoni semata melainkan benar-benar gerakan yang dikawal mulai dari penanaman hingga nanti pohon-pohon ini tumbuh berkembang dan menjadi bagian dari paru-paru dunia,” Kata Adrian Zakhary.

Tak hanya itu, Adrian Zakhary berharap Hari Menanam Pohon bisa membangkitkan kesadaran orang banyak dalam menjaga lingkungan. 

“Mari kita jadikan momentum Hari Menanam Pohon Indonesia untuk membangkitkan kesadaran kita dalam menjaga lingkungan, jika dulu kita campaign one man one tree, sekarang harus kita mulai gerakan satu kelompok satu hutan,” kata Adrian.




Hari Menanam Pohon IndonesiaKomisaris Milenial PTPN VIIIAdrian ZakhariHari Menanam PohonHari Menanam Pohon 2021Program Hari Menanam PohonPeringatan Hari Menanam PohonMenanam Pohon BUMNProgram Menanam Pohon PTPN VIII

Share to: